2209Re: vmware

  • Hendy Irawan
    Sep 1, 2007
      suheimi wrote:
      > Hendy,
      > Sewaktu di Detos, aku pernah nanya soal setup VMWare Server. Bgmn
      > caranya spy Linux (saya pake Linux Mint - sama dg Ubuntu), bisa akses
      > MyDocument nya windows.
      > Ok, ini yg kukerjakan:
      > 1. lepaskan dulu koneksi internet spy gak bingung
      > 2. Start vmware - windows XP - setup jaringan - saya set IP =
      > 192.168.0.249, sedangkan Linux 192.168.0.201
      > 3. Buat MyDocuments nya windows sharing dg klik kanan
      > 4. Lalu saya ke linux, buka folder, connect to server, ketik
      > 192.168.0.249 (pake gnome), gak muncul tuh.
      kalo saya sih sebaliknya, buka samba di linux, konek dari
      Windows(VMware) dengan cara \\192.168.x.x (IP linux host)

      Tapi untuk itu, caranya betul maybe except point #4. Kalo di KDE saya
      biasanya ketik: smb://192.168.x.x (IP windows guest). biasanya bakal
      langsung muncul user/pass authentication. now you're in.

      Untuk point #2 IP harus sesuai dengan yang dikasih oleh VMWare...
      biasanya settingan default itu pake NAT ato host-only. Jadi di Windows
      pake DHCP/automatic aja.

      Cara ngetesnya yaitu :
      ping 192.168.x.x (IP windows)
      dan sebaliknya dari Windows:
      ping 192.168.x.x (IP linux)

      ping sendiri harus bisa jalan, kalo belum bisa, benerin dulu konfigurasi
      TCP/IP nya
      kalo udah bisa, baru melangkah ke Samba

      > Pertanyaan:
      > 1. apakah harus pake samba? ntfs-3g? Note: vmware saya install di
      > partisi yg sama dg linux
      > 2. command nya apa? pake midnite commander bisa gak? ssh? ftp?
      >
      > Thanks lho Hendy,
      > suheimi@...

      Samba biasanya memang harus ada... Tapi kalo gak salah sudah ada
      built-in ini kalo emang access-nya via GUI.

      Kalo via non-GUI, coba Anda install dulu samba clients (smbclient) dkk.
      Kalo di Ubuntu : sudo aptitude install smbclient

      trus cobanya:

      smbclient -L //192.168.x.x/ (IP windows)

      Sebelum Anda ngetes dengan VMware, pastikan Anda tes dulu dengan WIndows
      lain yang sudah running tanpa VMware... kalo bisa berarti VMware-nya
      yang bermasalah. Kalo nggak bisa berarti konfig samba client di linux
      yang agak aneh...

      Pastikan firewall di-disable di Windowsnya :)

      Saya forward ke milis siapa tau ada yang tertarik

      (mungkin nanti dimasukin ke Wiki juga, amiiin)

      --
      Hendy Irawan
      www.hendyirawan.com