216[id-ruby] old comer but stupid

    Jul 6, 2005
      novriko wrote:
      > gue tertarik banget buat belajar Ruby.
      > tapi berhubung gue orang awam, gue gak tau harus mulai dari mana.
      Mulai Baca Buku Gratis Programming Ruby (sering disebut Pickaxe) by Dave
      Thomas dan banyak tutorial2/milis ruby-talk (generally).
      > pengetahuan scripting gue pas-pasan, karena profesi gue bukan programmer.
      > tapi gue pernah belajar dikit-dikit html, php, MEL, Java.
      > temen gue nyaranin gue buat terjun ke Delphi, karena dia tidak tertarik
      > dengan program baru.
      > naaaahh, di bagian sini yang gue masih selisih pendapat dengan temen gue,
      > tapi gue sendiri masih gak yakin:
      kalo masi ragu utk mnetapkan pilihan hati pada programing lang tertentu,
      saran saya pelajari aja semua program2 yg bikin anda penasaran/senang.
      Nanti dari sight-seeing banyak nyoba-nyobain program tsb biasanya akan
      ada 1 bahasa yang paling disuka, nah, perdalami aja yg 1 bahasa itu.
      catatan ttg ruby: kalau ada bahasa yg super produktif seperti ruby,
      kenapa masih men-cari2 program lain??
      > apakah Ruby bisa buat database?
      bisa
      > apakah Ruby bisa stabil untuk data jutaan input?
      > seberapa cepat Ruby memproses database?
      ini faktor databasenya dan desain db yg anda bikin. jadi bukan ruby-nya.
      > Apakah harus bikin program2 tersendiri di tiap client computer?
      > ataukah hanya di server saja, tapi bisa lewat IE/Mozilla?
      kalau maksudnya web programming, berarti taroh programnya di server aja,
      nanti otomatis client2 bisa ngakses. yg lagi populer skrg
      http://www.rubyonrails.com
      > Apakah Ruby punya program2 pembuat, seperti Borland-nya Delphi.
      http://ruby-lang.org/en/
      Contoh-contoh program besar yg dibuat dg ruby bisa dilihat
      http://raa.ruby-lang.org
      > thx, buat this dummy question, men...
      *malu bertanya sesat di jalan*
      tolong jangan hijack thread, caranya compose new mail, bukan reply email
      lalu ganti subjek.

      --
      Salam hangat,
      <%= Arie %> | http://blog.riyari.com | Y!: riyari3