215Re: [id-ruby] old comer but stupid

  • Budiman Angir
    Jul 6, 2005
      novriko wrote:
      > temen gue nyaranin gue buat terjun ke Delphi, karena dia tidak tertarik
      > dengan program baru.
      > naaaahh, di bagian sini yang gue masih selisih pendapat dengan temen gue,
      > tapi gue sendiri masih gak yakin:
      >
      > apakah Ruby bisa buat database?
      > apakah Ruby bisa stabil untuk data jutaan input?
      > seberapa cepat Ruby memproses database?
      > Apakah harus bikin program2 tersendiri di tiap client computer?
      > ataukah hanya di server saja, tapi bisa lewat IE/Mozilla?
      > Apakah Ruby punya program2 pembuat, seperti Borland-nya Delphi.

      ruby bisa pakai untuk database -> bisa dong :) pertanyaan selanjutnya
      dbservernya apa ?

      ruby stabil untuk jutaan input ? -> lho kan ntar inputnya ditaruh di
      database ... jadi biar sebuah input atau sejuta input ngak pengaruh buat
      ruby, melainkan dbservernya mampu ngak ?

      seberapa cepat ? -> ruby adalah interpreter .... teorinya interpreter
      lebih lambat darpada yg dicompile. tetapi sekali lagi kalau anda pakai
      Pentium4 dan prosesnya hanya perhitungan 1+1 .... boleh dikatakan tidak
      ada perbedaan yg signifikan. tetapi kalau anda melakukan perhitangan
      dengan floating number .... apalagi dilakukan secara rekursif ...
      pemenangnya sudah jelas :).

      harus dibikin tersendiri tiap client ? -> ngak seberapa ngerti
      pertanyaanya. pekiraan saya, mungkin anda mau compare ruby dengan php.
      php kan sekali buat, taruh di server .... clientnya cuman tinggal akses
      dengan browser. .... dalam hal ini saya kurang tahu ... apakah ruby bisa
      ? perkiraan saya "ngak bisa".

      IDE buat ruby ? .... ngak tahu ya :) ... saya pakai text editor yg masih
      primitif :). kalau di window pakai ultraedit.

      IMHO .... Kalo dilihat dari kondisi diatas ... kayaknya saya harus
      mendukung teman anda :) .... semua yg anda tuntut diatas bisa diatasi
      dengan sangat mudah :). Kalau mau tahu tentang delphi silahkan japri
      atau lewat milis delphi saja.

      bye
    • Show all 7 messages in this topic