147Re: [id-ruby] Gmn kenyataannya sekarang stlh 3 thn itu dilewati menuju ke yg ke 4 ?

  • Steven Haryanto
    Oct 8, 2004
      ari wrote:
      > Hello, anybody here ?
      > It's 2004 now, artinya setaon lagi tuh. Nah gmn buktinya ?

      yang harus dibuktikan apa ya? bahwa ruby harus lebih beken, lebih banyak
      dipake daripada perl, python, bahkan php/java/VB/delphi? ya jelas gak
      bisa (atau tipis kemungkinannya). ruby memang dibuat tidak "untuk
      masal", berbeda dengan php yang memang dirancang untuk "mudah dipakai"
      atau java yang dirancang untuk "average programmer". :-)

      yang jelas, ruby hidup subur kok. di indonesia mungkin tidak/belon. tapi
      di amrik, jepang, dan eropa berkembang kok. di us ada rubyconf, di eropa
      ada juga konferensi ruby tahunan.

      > itu di masterweb.com udah disediakan ruby, tapi siapa yg sdh pake fasilitas
      > itu ya?

      saya sendiri pake :p

      > Saya search di Amazon.Com buku programming Ruby dikit banget ya :( gak kaya
      > Perl. Saya beruntung masih dapet /satu buku/ versi chm by /David Thomas &
      > Andrew Hunt/ dari buku Regex Mas Steve. Mending kaya Mas Steve bikin buku
      > Ruby deh, trus dijual di Amazon.Com juga. Gmn ?

      buku pemrograman ruby bahasa inggris memang kayaknya gak nyampe 10, tapi
      yang bahasa jepang ada sampe 20 biji.

      btw, yang berhak memasukkan katalog produk ke amazon itu bukan penulis
      atau toko buku, melainkan penerbit atau distributor besar.

      utk nulis buku ruby, saya kayaknya menyatakan diri gak sanggup dulu deh.
      lagi burnt out nulis buku. mudah2an ada yang mempelopori... mas ari
      mungkin? :)

      --
      Steven Haryanto | PT. Master Web Network (MWN)
      http://people.masterwebnet.com/steven | Ged Cyber Lt10, Kuningan Barat 8

      http://egroups.com/group/id-regex http://egroups.com/group/id-perl
      http://egroups.com/group/id-mysql http://egroups.com/group/id-python
      http://egroups.com/group/id-ruby http://egroups.com/group/id-postgresql