Re: [id-php] php itung mundur

  • OTOMOBILCLUB
    Message 1 of 12 , Nov 1, 2005
      Lebih bagus kalo untuk case kaya buat soal psikologi
      pasti soalnya banyak banget kan ? mendingan pake
      Session saja, di asumsikan session itu defaultnya akan
      di simpan kedalam sebuah file di server, jadikan saja
      array, nanti pas terakhir bisa di explode, baru
      masukin ke database.

      Kalo menurut saya menggunakan database bisa
      memberatkan kerja si database, soalnya dimisalkan yang
      mengkuti ujian dengan applikasi tersebut 200 siswa,
      takutnya terjadi flooding.

      Itu hanya menurut saya loh, ada pendapat lain ?

      --- Iyank4 <iyan@...> wrote:

> [...]
      > langsung disimpen ke
      > tabel temporary tadi. sekalian catet waktu pas dia
      > isi, jadi ntar
      > tinggal diliat waktu dia ngisi apakah udah lewat
      > dari 30 menit. kalo
      > udah lewat ya jangan diitung.
      >
      > sebenernya bisa juga pake session&cookies, tapi saya
      > nggak pengalaman
      > pake itu. kendalanya juga mungkin di browser client,
      > cookies kan bisa di
      > disable.

      > selamat menjelang

      > Semoga membantu, kalo merasa terbantu saya pesen

      ================================
      Regards,

      Marthin P.

      ================================
      http://www.otomobilclub.com
      http://www.pancadewa.com
      http://www.sby-oke.com
      http://www.sdpi.co.id
      http://www.dharmaps.com

      Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
      http://farechase.yahoo.com
    • Iang
      Message 2 of 12 , Nov 1, 2005
        On 11/1/05, J. Nainggolan Parhusip <bapakputricantik@...> wrote:
> [...]
        > mengisi jawaban, stop. Kenyataannya (maksudnya aku belum mampu),
        > membuat submit otomatis. Jadi walaupun waktu sudah habis, tapi yang

        pastinya mesti pake client side script, sperti javascript

        > sudah sempat dijawab oleh peserta tes, tidak hilang. Ya.... disimpan
        > lah seadanya gitu. Kasihan kan peserta tesnya, kalo yang terlanjur
        > diisi (dijawab) hilang karena kebentur program timer !!!!

        seperti feature autosave-nya gmail..

        (asumsi) karena pastinya "autosave" ini akan terjadi di belakang
        layar, coba baca2 tentang XmlHttpRequest ato sekalian sepaket ama yg
        lain yg suka disebut2 dg istilah AJAX

> [...]
        > yang sebelumnya ada dihalaman 1 menjadi hilang (tidak ikut terbawa ke
        > halaman 2). Padahal penilaian, baru akan dilakukan di halaman

        pakai sebuah tempat penyimpanan sementara dong.
        tempatnya bisa ditaro di session, atau db, atau dimanalah itu :P

        --
        Iang-
        http://fajran.net y!m: fajran
        Message 3 of 12 , Nov 2, 2005
          ya, terimakasih. aku cari info dulu xmltorequest dan ajax tsb, soalnya aku belum pernah dengar.

          kalo boleh, kasih tau aku satu atau dua paragrap tentang ke 2 hal tsb (xmltorequest + ajax) untuk membantu pemahaman awal.

          soalnya kalo nyari informasi di internet ini (google misalnya kan), yang kita cari hanya sedikit, tapi informasi yang datang melimpah ruah, sehingga membuat kita menjadi semakin bingung. karena kita bisa menjadi kehilangan fokus.

          makasih banget dan sambil menunggu detik-detik met lebaran yah....

          Message 4 of 12 , Nov 2, 2005
            Iyank4 <iyan@...> menulis:

> [...]

            Maen database kan? catat aja waktu mulainya. (mis: pas dia teken tombol
            "MULAI" trus execute satu script yang masukkin waktu mulainya ke tabel

            ---------------------

            OK, diterima

            ===========

> [...]
            tabel temporary tadi. sekalian catet waktu pas dia isi, jadi ntar
            tinggal diliat waktu dia ngisi apakah udah lewat dari 30 menit. kalo

            ------------

            lah, kalo yang gini, kendalanya ada 2 :

            1. penyelesaian soal, harus berurutan, tidak boleh lihat dulu atas bawah baru kerjakan mana yang duluan dkerjakan, biasanya yang agak gampang lah...

            2. kalo soal yang agak gampang ternyata letak nya di bawah (dibelakang) jadi ga sempat deh, negerjainnya, karena keburu waktu abis.

            3. "jangan diitung ?" boleh juga ya, gak diitung, tapi persoalannya, gimana nyuruh/maksa si peserta tes agar berhenti mengerjakan, dan harus pindah layar/pindah soal, atau selesai (waktu habis). bubaran gitu loh

            ===============

            -----------------

> [...]
            >
            >yang bantu akan kutraktir sahur besok .........

            Semoga membantu, kalo merasa terbantu saya pesen ayam bakar buat sahur

            --------

            he....he.... sahurnya .....ha...ha....

            udah keburu lebaran bok....

            selera kita koq sama ya, yg bakar-bakar dan jeruk angat.

            aku suka yang bakar2 karena ngindarin kolesterol

          • Iang
            Message 5 of 12 , Nov 4, 2005
              On 11/2/05, J. Nainggolan Parhusip <bapakputricantik@...> wrote:
              > ya, terimakasih. aku cari info dulu xmltorequest dan ajax tsb, soalnya aku belum pernah dengar.

              ralat dikit: bukan xmltorequest, tapi xmlhttprequest
              oot dikit: antara xmltohttprequest dan ajax itu bukan pake hubungan
              DAN ya :P tapi OR juga ngga tepat :-? intinya kalo nyebut2 ajax,
              xmlhttprequest biasanya kesebut juga :D

              sebelum kejauhan, sebenarnya ajax ini tu bukan satu2nya cara loh..
              kalo misalnya bener2 mo ada "autosave" yg otomatis jalan setiap berapa
              detik gtu, ya mungkin perlu nyentuh2 javascript. dan kalau mau proses
              penyimpanan (alias ngebuat request ke server tuk ngesave) bisa jalan
              di belakang layar, mungkin perlu nyentuh2 XmlHttpRequest juga..

              kalo mo yg gampang sih sediain aja tombol "Save" tuk nyimpen jawaban
              sekarang.. trus abis itu lgs balik ke halaman semula..

              --
              Iang-
              http://fajran.net y!m: fajran
              Message 6 of 12 , Nov 4, 2005
                On 11/2/05, J. Nainggolan Parhusip <bapakputricantik@...> wrote:
                > lah, kalo yang gini, kendalanya ada 2 :

                ada 2 kok yg disebut 3?? hehe..

                btw yg disebut di bawah ini tu maksudnya gmana? cara2 ngerjain soal atau gmana?

> [...]
                >
                > 2. kalo soal yang agak gampang ternyata letak nya di bawah (dibelakang) jadi ga sempat deh, negerjainnya, karena keburu waktu abis.

                yg 2 ini, maap saya blom ngerti maksudnya kalo disambung2in sama kendalanya

                > 3. "jangan diitung ?" boleh juga ya, gak diitung, tapi persoalannya, gimana nyuruh/maksa si peserta tes agar berhenti mengerjakan, dan harus pindah layar/pindah soal, atau selesai (waktu habis). bubaran gitu loh

                dikasih warning aja.
                "Kalo dalam waktu 1 menit setelah waktu habis jawaban ngga disubmit
                juga, maka dianggap gak pernah ikut ujian"

                ehehehhe.. tapi perhatiin juga load server dan network :P

                > sebenernya bisa juga pake session&cookies, tapi saya nggak pengalaman
                > pake itu. kendalanya juga mungkin di browser client, cookies kan bisa di
                > disable.

                yang ini kan juga bisa dipaksa :P
                "milih mana, nyalain cookie atau gak ikut ujian"

                oh iya, coba ke brainbench.com, trus cari2 yg free, trus ikutan deh
                kalo di brainbench, peserta bakal dikasih sekitar 40 pertanyaan.
                masing2 harus dijawab dalam waktu (kalo gak salah) 2 menit. Soal
                dikirim satu per satu. jadi harus ngerjain berurutan dan pasti semua
                soal dikasih lihat. Trus.. ada waktu istirahat juga selama 15 menit..

                gak enaknya kalo pake cara brainbench (dari sisi peserta), tiap soal
                dipukul rata waktu pengerjaan max nya.. jadi gak bisa ada "load
                balancing" antara soal gampang dan susah.. hehehe..

                --
                Iang-
                http://fajran.net y!m: fajran
                Message 7 of 12 , Nov 5, 2005
                  terimakasih pak fajran.

                  masing-masing paragrap saya jawab/balas di bawah, biar langsung nyambung aja, gitu, setuju kan pak !!!

                  Iang <fajran@...> menulis:

                  On 11/2/05, J. Nainggolan Parhusip wrote:
> [...]

                  oot dikit: antara xmltohttprequest dan ajax itu bukan pake hubungan
                  DAN ya :P tapi OR juga ngga tepat :-? intinya kalo nyebut2 ajax,

                  ----------------------------

                  yang ini aku memang baru dengar, jadi sama sekali ga ngerti. apakah xmlhttprequest itu software lain yang berdiri sendiri atau merupakan add-on dari xml, atau add-on dari java, atau add-on dari php, atau apakah ?

                  trus ajax itu, apa lagi, apakah peningkatan dari javascript kah ?

[...]

                  --------------

                  aku maunya javascript saja lah, sebenarnya akupun baru dengar Javascript, tapi kata teman-teman, javascript itu, ada listingnya yang sifatnya cut-n-paste, siap pake gitulah, tapi dimana ya..... aku lagi nyari juga sih, tapi dapatnya, tutorial javascript, dll

                  ============================

                  kalo mo yg gampang sih sediain aja tombol "Save" tuk nyimpen jawaban
                  sekarang.. trus abis itu lgs balik ke halaman semula..

                  -----------------------------

                  yah yang gampangnya ajalah pak. Jadi maksud Bapak, tombol "save" disediain di tiap halaman, soalnyanya pun satu per halaman gitu ya.., Jadi tiap selesai menjawab satu soal, save, menjawab satu soal, save, gitu terus ya.. kan sampe abis.

                  masalahnya kalo dia menjawab kelamaan, terus waktunya udah habis, siapa yang maksa dia keluar dari halaman soal.

                  jadi jelasnya begini, soal itu seluruhnya ada 12 bagian. Tiap bagian ada petunjuknya, setelah baca petunjuk baru kerjakan soal. selalu begitu. Nah waktu untuk memahami petunjuk tidak diatur. setelah baca petunjuk, baru kerjakan soalnya. Nah di waktu mengerjakan soal ini, baru ada batasan waktunya. Tiap bagian soal, waktunya tidak sama, karena memang, tingkat kesulitannya berbeda-beda.

                • J. Nainggolan Parhusip
                  Message 8 of 12 , Nov 5, 2005
                    pak, balasannya dalam masing2 paragrap ya....
                    terimakasih deh sebelumnya atas perhatiannya.

                    Iang <fajran@...> menulis:

> [...]

                    > 1. penyelesaian soal, harus berurutan, tidak boleh lihat dulu atas bawah baru kerjakan mana yang duluan dkerjakan, biasanya yang agak gampang lah...

                    ------------------

                    yang saya maksud pada butir 1 ini, adalah bila tiap soal dijawab lalu langsung ganti layar, kan berarti peserta tes ga diijinkan mundur. Maksudnya gini. Biasanya kan kalo nomor soal banyak, kita bisa lihat-lihat dulu soal yang kita anggap lebih mudah untuk diselesaikan, baru kemudian kita kerjakan yang lain. Itu yang saya maksud dengan lihat atas bawah. SEMOGA bisa diterima... ha..ha..

                    ================================

                    > 2. kalo soal yang agak gampang ternyata letak nya di bawah (dibelakang) jadi ga sempat deh, negerjainnya, karena keburu waktu abis.

                    yg 2 ini, maap saya blom ngerti maksudnya kalo disambung2in sama kendalanya

                    -------------------

                    oh yang ini, .....maksudnya berkaitan dengan nomor 1 diatas. Jadi karena soal itu tingkat kesulitannya ber-beda2, maka kalo setiap soal dijatah waktunya sama rata, dan penyelesaiannya harus berurutan, 1, 2, 3, 4, gitu dst, maka peserta tidak dapat memilih menyelesaiakan dulu soal yang dia anggap lebih mudah, (siapa tahu soal yang lebih mudah itu, adanya pada nomor-nomor terakhir, gitu log). Tapi biarin deh ya, kalo memang dasar bodoh, yang bodoh aja.

                    Aku yang penting, penelitian ini bisa selesai. Tolong dong Pak....

                    Dikasih saran yang jitu, dan lengkap, siap dijalankan, walaupun misalnya harus memilih satu alternatif tertentu. Aku pusing daripada kebanyakan pertimbangan.....

> [...]

                    juga, maka dianggap gak pernah ikut ujian"

                    ehehehhe.. tapi perhatiin juga load server dan network :P

                    Nah, ini dalam rangka memperhatikan load server dan network ini, ada trik nya ga ya.... Mungkin bapak pernah menemukan contoh masalah, dan cara pemecahannya

                    ==================

> [...]
                    > disable.

                    yang ini kan juga bisa dipaksa :P
                    "milih mana, nyalain cookie atau gak ikut ujian"
                    -----------

                    OK yang ini, sarannya diterima

                    ====================

[...]

                    ----------------

                    Ya makasih pak, sama seperti diatas, biar aja "load balancing gampang susah" itu kita abaikan saja, salah sendiri kenapa mesta ada yang susah dan gampang ya....

                    AKu penting bagaimana cara teknis penyelesaian aja lah. Soal materi ujian gampang susah, biarin deh peserta tes (mereka) yang pusing mikirin,,,, giliran ..... soalnya aku sudang pusing mikirin programnya.....

                  • tantos.net
                    Message 9 of 12 , Nov 10, 2005
                      mmmm, knalin dl, tantos... :D
                      I pernah bikin seperti itu.
                      Benar kt pak fajran, pake ajax itu bagus, tp sayangnya I jg br blajar
                      ajax pake backbase (backbase.com), Insya Allah klo dah lancar, bsok
                      pake ajax.

                      Klo yg dulu I bikin jg perpage 1 soal, dan waktunya pun tergantung
                      tingkat kesulitan soal tersebut.
                      Klo yg I bikin seperti ini :
                      1. di tiap soal/ halaman I kasih tombol submit untuk ngirim data.
                      2. Waktu yg membatasi I taruh di tag meta (<meta http-....
                      conten="refresh .."... ila akhirihi....)
                      3. Bentuk soal dlm bentuk Image, dan jawaban dlm bentuk combobox
                      4. setiap user apabila udah memlilih jawaban tp belum submit tp waktu
                      udah abis, maka akan menuju ke soal/ hal selanjutnya dan jawaban ngga
                      kekirim karena belum submit(itu kelemahannya).
                      5. Apabila user udah submit, secara lsg akan menuju ke soal
                      selanjutnya, dengan mengirimkan id urutan soal ke url.
                      6. pada saat masuk ke halaman soal, database mengambil 10 soal random
                      dan disimpen di tabel temp.
                      7. apabila ganti soal/halaman, 1 row dihapus dari tabel temp dan
                      dipindahkan ke tabel hasil, sehingga apabila user mengubah parameter
                      url(ex:id=6) ke soal sebelumnya maka akan gagal.

                      itu saja yg sementara ini I inget.... :P
                    • Iang
                      Message 10 of 12 , Nov 10, 2005
                        On 11/10/05, tantos.net <xundertanktop@...> wrote:
> [...]
                        > Benar kt pak fajran, pake ajax itu bagus, tp sayangnya I jg br blajar
                        > ajax pake backbase (backbase.com), Insya Allah klo dah lancar, bsok

                        ah backbase.. menarik tuh .. simple, keren, dan gak susah :D

                        --
                        Iang-
                        http://fajran.net y!m: fajran