Re: [id-php] Tanya: complex if statement

  • Ridhani
    Message 1 of 16 , Jan 17, 2013
      Maaf baru balas,..
      Emailnya baru masuk hari ini.
      Misal flow request barang
      Contoh if 7 lapis :
      1. Apa dia admin
      2. Jika bukan admin apakah dia bagian gudang?
      3. Apakah stok barang yang diminta masih ada?
      4 apakah ada stok yang lama di tempat counter/cabang
      5 apakah jumlah stok cabang sdh mencapai stok minimal
      6 apakah stok yang diminta tidak melebihi jatah cabang
      7 apakah ada stok cabang yang masih dalam perbaikan?

      Setelah if itu semua baru permintaan barang dipenuhi.

      Seandainya if itu bisa digambarkan dalam bentuk uml, (coba2 argouml tambah bingung), maintenance lebih mudah.

      Tapi ini ada coba program code to flowchart , kayanya lumayan bisa jadi visual, cuma penambahan ifnya tidak bisa di visualnya , masih harus coding manual. Tapi lumayan lah..

      Thanks.
      location : Indonesia

      Message 2 of 16 , Jan 17, 2013
        Kepikiran gitu juga mas. Saya coba visualkan pakai code to flowchart.
        location : Indonesia

        ya dibagi ke function function mungkin lebih membantu untuk maintenance

        Message 3 of 16 , Jan 17, 2013
          Betul mas , php ruler yang itu.Istilahnya tepat workflow engine ya? Soalnya nya hasil brosing2 banyak banget istilah yang dipakai. ada yang nyebut case diagram, state diagram, sampai saya ngikutin ke uml.
          Iya jadinya loncat2. Saya sendiri coba mempelajari, siapa tau ada cara yang lebih mudah mengelola code di php.

          Akhirnya kembali ke koding manual.

          location : Indonesia

          > mungkin pertanyaannya diperjelas? alternatif yg disebutkan itu nyampur2x
          > antara framework/librari (?), modelling tool, dan konstruk/sintaks bahasa.

          Iya nih pertanyaannya membingungkan dan lompat2,
          apa hubungannya solve nested "if condition" dengan generate lewat argoUML.

          Kalo PHP ruler yang dimaksud adalah
          https://github.com/bobthecow/Ruler, mungkin yang dicari adalah
          workflow engine.
          kalo bener workflow engine, bisa coba contoh di
          http://www.zend.com//code/codex.php?ozid=1501&single=1

          --
          Habibillah
          habibillah.wordpress.com

        • Ridhani
          Message 4 of 16 , Jan 17, 2013
            Ada clue code refactoring spt apa mas ?
            location : Indonesia

            Message 5 of 16 , Jan 17, 2013
              Dear

              Thanks mas ferdie.
              Kayanya bisa juga. cuma seandainya hasil if pertama diperlukan pada if kedua apa bisa? Misal
              Kuantity=stok diminta cabang.
              Stok=stok yang ada dicabang
              Stokmin=batasan cabang bisa minta lagi
              Stokmax=batasan stok yang bisa diminta cabang

              If (stok<stokmin){
              If (stok<stokmax){
              If (stok+kuantity<=stokmax){tambah_stok_cabang()}else{echo "permintaan stok kebanyakan"}
              }
              }
              Else
              {Echo "stok masih banyak"}

              Itu contoh aja. Kalo bisa if nya tambah banyak otomatis maintenance tambah sulit terutama saat ada penambahan if baru.kalo dulu di delphi ada tstatemachine. Free tapi canggih . Dan mudah memaintenance if karena bisa visual penempatan ifnya.makanya googling saya mengarah kearah uml.

              Thanks
              Ridhani

              location : Indonesia

              From: Aris Setyawan <d2ulqurnain@...>
              Sender: id-php@yahoogroups.com
              Date: Thu, 17 Jan 2013 10:28:25
              To: id-php@yahoogroups.com<id-php@yahoogroups.com>
              Subject: Bls: [id-php] Tanya: complex if statement

              > Dear rekan semua

              > Lagi buat2 program php.
              > Lagi cari2 referensi buat handle complex if itu gimana ya?misalnya if nya ada sampai 7 lapis.kan sulit maintenancenya.

              Maksudnya 7 lapis itu 7 nested itu ya?

              Bentuk if bisa dibreakdown menjadi bentuk if lain yg lebih mudah di maintain.

              A. Misalnya seperti ini yg biasa dipakai untuk filter form input:

              if(
              kondisi_valid_1 AND
              kondisi_valid_2 AND
              kondisi_valid_3 AND
              kondisi_valid_4 AND
              kondisi_valid_5 AND
              )
              {
              /* valid condition */
              }
              else
              {
              /* invalid condition, untuk generate pesan error */
              }

              B. Untuk break nested if yang sangat dalem dan melibatkan error condition yg bermacam2, bisa seperti ini:

              if(not_valid_condition_1)
              throw Exception("", 1);
              if(not_valid_condition_2)
              throw Exception("", 2);

              /* logic aplikasi 1 */

              if(not_valid_condition_3)
              throw Exception("", 3);
              if(not_valid_condition_4)
              throw Exception("", 4);

              /* logic aplikasi 2 */

              ATAU ada bentuk lain seperti ini:

              $is_continue = valid_condition_1;
              if($is_continue)
              {
              /* logic aplikasi yg berpengaruh terhadap flow if (nilai is_continue) */
              is_continue = valid_condition_2;

              }

              if($is_continue)
              {
              /* logic aplikasi yg berpengaruh terhadap flow if (nilai is_continue) */
              is_continue = valid_condition_3;

              }

              if($is_continue)
              {
              /* logic aplikasi yg berpengaruh terhadap flow if (nilai is_continue) */
              is_continue = valid_condition_4;

              }

              ________________________________
              Dari: Ridhani <ridhani@...>
              Kepada: Idphp <id-php@yahoogroups.com>
              Dikirim: Rabu, 16 Januari 2013 11:36
              Judul: [id-php] Tanya: complex if statement

            • Aris Setyawan
              Message 6 of 16 , Jan 17, 2013
                Bisa, tinggal dipindah ke variable, dan bisa diakses di flow di bawahnya

                ________________________________
                Dari: Ridhani <ridhani@...>
                Kepada: Idphp <id-php@yahoogroups.com>
                Dikirim: Kamis, 17 Januari 2013 20:10
                Judul: Re: Bls: [id-php] Tanya: complex if statement

                herdian@...>

                Message 7 of 16 , Jan 17, 2013
                  ini tidak harus diimplementasikan dengan nested if. cukup sederetan if
                  serial dengan early exit aja. contoh:

                  function request_barang_dapat_dipenuhi(...) {
                  if (!$admin && !$bagian == 'gudang') return false;
                  if (!$stok_masih_ada) return false;
                  if ($stok_lama_masih_ada) return false;

                  return true;
                  }

                  tanpa di dalam if juga bisa, misalnya dengan konstruk seperti:

                  $dipenuhi = false;
                  while(true) {
                  if (!$admin && !$bagian == 'gudang') break;
                  if (!$stok_masih_ada) break;
                  if ($stok_lama_masih_ada) break;

                  $dipenuhi = true;
                  break;
                  }

                  untuk membantu debugging, jika ada persyaratan yang tidak dipenuhi,
                  silakan set dan/atau tampilkan juga detil pesan kesalahan.

                  --
                  sh

                  Message 8 of 16 , Jan 17, 2013
                    On 01/17/2013 08:10 PM, Ridhani wrote:

                    > Dear
                    >
                    > Thanks mas ferdie.
                    > Kayanya bisa juga. cuma seandainya hasil if pertama diperlukan pada if
                    > kedua apa bisa?

                    bisa banget. kan urutan eksekusi dari if pertama, lalu kedua, dst.
                    sebelum if pertama, kalkulasi dulu apa2 yang diperlukan utk if pertama
                    (dan kedua dst).

                    Message 9 of 16 , Jan 18, 2013
                      Setelah coba2 akhirnya saya balik lagi pakai if else cuma ditambahkan comment aja di true dan falsenya. Jadi saat maintenance ga pusing lihat dan cari sequencenya. Spt ini

                      If (a=b){//1
                      If (c=d){//2

                      }Else
                      {//2
                      }
                      }
                      Else
                      {//1
                      }

                      Jadi comment yang angkanya sama menandakan 1 chain.
                      #sambil masih belajar cara mudah maintain code.kebiasaan pakai visual.

                      Thanks all
                      location : Indonesia