Selingan

  • Sahat Hutaruk
    Message 1 of 17 , Aug 7, 2012
      Teman2 , w mau tanya ..!!
      Manakah yang duluan ada Compiler Atau OS  ..??

    • Youppie Arliansyah
      Message 2 of 17 , Aug 7, 2012
        Compiler.

        Kalau pertanyaannya dibalik, jawabannya jadi OS.

        </OOT>
        Powered by Li-ion Battery

        Manakah yang duluan ada Compiler Atau OS� ..??

      • Titus Wiguno
        Message 3 of 17 , Aug 7, 2012
          Ayam :P
          **eh, telur

          On Aug 8, 2012, at 9:47 AM, Sahat Hutaruk <hutauruk.2101@...> wrote:

          > Teman2 , w mau tanya ..!!
          > Manakah yang duluan ada Compiler Atau OS ..??
        • ronald
          Message 4 of 17 , Aug 7, 2012
            Duluan dalam hal apa?

            Signature appears at the end of email messages that you send

            Message 5 of 17 , Aug 7, 2012
              Negeri apa kampung ayamnya tus? :P

              Signature appears at the end of email messages that you send

              > Manakah yang duluan ada Compiler Atau OS ..??

            • Steven Haryanto
              Message 6 of 17 , Aug 7, 2012
                On 08/08/2012 09:47 AM, Sahat Hutaruk wrote:
                > Teman2 , w mau tanya ..!!
                > Manakah yang duluan ada Compiler Atau OS ..??

                dari tadi kayaknya gak ada jawaban yang dipikirkan dan diketik lebih
                dari 10 detik :)

                OS.

                (tapi tergantung definisi persis OS dan compiler, jika ingin
                diperdebatkan/berpedantik ria.)

                --
                id-php's website - http://id-php.org/
              • Youppie Arliansyah
                Message 7 of 17 , Aug 7, 2012
                  Termasuk jawabannya oom Steven, beliau ga perlu nunggu 10 detik buat ngasih jawaban demikian.

                  #jawaban saya ini diketik lebih dari 10 detik
                  Powered by Li-ion Battery

> [...]

                  dari 10 detik :)

                  OS.

                  (tapi tergantung definisi persis OS dan compiler, jika ingin

                • Aris Setyawan
                  Message 8 of 17 , Aug 7, 2012
                    Jadi begini,

                    Pembuatan compiler itu mirip dengan teori evolusi:

                    Compiler pertama dibuat menggunakan machine-code/biner langsung, itupun compiler yang sangat sederhana. Katakanlah hanya untuk compile kode assembly.
                    Lalu compiler assembly tersebut digunakan untuk membuat compiler FORTRAN language.
                    Lalu compiler FORTRAN tersebut digunakan untuk membuat compiler A language
                    Lalu compiler A tersebut digunakan untuk membuat compiler B language
                    Lalu compiler B tersebut digunakan untuk membuat compiler C language
                    Lalu compiler C tersebut digunakan untuk membuat compiler/interpretter PHP language
                    Lalu compiler/interpretter PHP tersebut digunakan untuk membuat compiler/interpretter PHP template language.

                    Tahu g, kok bisa, compiler C (gcc) diprogram dengan C juga?

                    ________________________________
                    Dari: Youppie Arliansyah <youppie@...>
                    Kepada: id-php@yahoogroups.com
                    Dikirim: Rabu, 8 Agustus 2012 10:20
                    Judul: Re: [id-php] Selingan

                    Message 9 of 17 , Aug 7, 2012
                      On 08/08/2012 10:43 AM, Aris Setyawan wrote:
                      > Compiler pertama dibuat menggunakan machine-code/biner langsung, itupun compiler yang sangat sederhana. Katakanlah hanya untuk compile kode assembly.

                      tapi ini tidak menjawab pertanyaan 'manakah yang duluan ada, compiler
                      atau OS'?

                      > Tahu g, kok bisa, compiler C (gcc) diprogram dengan C juga?

                      dan menambah pertanyaan pula :)

                      http://en.wikipedia.org/wiki/Self-hosting

                      versi gcc yg dibuat dengan C, di-compile oleh compiler C lain (bisa juga
                      compiler ini adalah gcc versi sebelumnya, yg tidak dicompile dg C).

                      tapi nampaknya bung aris sedang beretorika :)

                      --
                      id-php's website - http://id-php.org/
                    • Fajar A. Nugraha
                      Message 10 of 17 , Aug 7, 2012
                        2012/8/8 Steven Haryanto <steven@...>:

                        > tapi ini tidak menjawab pertanyaan 'manakah yang duluan ada, compiler
                        > atau OS'?

                        Mestinya tulisannya "OS pertama dibuat menggunakan machine-code/biner langsung".

                        Seperti ini kali yak: http://mikeos.berlios.de/write-your-own-os.html
                        Bisa pake mnemonic + assembler, ato kalo mau rajin tulis langsung
                        opcodenya manual.

                        --
                        FAN
                      • Teddy A. Kresnamurtie
                        Message 11 of 17 , Aug 7, 2012
                          OS yang pertama gak di coding, tp disusun menggunakan swith on/off..

                          Compiler menerjemahkan dari human readable ke machine code..

                          Jd menurut saya, yang pertama adalah OS.

                          Message 12 of 17 , Aug 7, 2012
                            > OS yang pertama gak di coding, tp disusun menggunakan swith on/off..

                            Bisa dianggap OS juga.
                            Katanya sih orang2 dulu pertama programmingnya pakai punchcard gitu. Jadi memang masih semi analog gitu.

                            ________________________________
                            Dari: Teddy A. Kresnamurtie <teddy.ak.com@...>
                            Kepada: id-php@yahoogroups.com
                            Dikirim: Rabu, 8 Agustus 2012 11:32
                            Judul: Re: Bls: [id-php] Selingan

> [...]

                            compiler ini adalah gcc versi sebelumnya, yg tidak dicompile dg C).

                            tapi nampaknya bung aris sedang beretorika :)

                          • Gum
                            Message 13 of 17 , Aug 7, 2012
                              mungkin bisa ditanyakan ke tokoh dalam tulisan ini
                              http://joelrunyon.com/two3/an-unexpected-ass-kicking

                              (ini selingan di dalam selingan)

                              Gum

                            • Youppie Arliansyah
                              Message 14 of 17 , Aug 7, 2012
                                Bukannya pake kayu, yang dipake buat ngitung2?

                                Powered by Li-ion Battery

                                Message 15 of 17 , Aug 7, 2012
                                  On 08/08/2012 11:47 AM, Gum wrote:
                                  > mungkin bisa ditanyakan ke tokoh dalam tulisan ini
                                  > http://joelrunyon.com/two3/an-unexpected-ass-kicking
                                  >
                                  > (ini selingan di dalam selingan)

                                  keren...

                                  secara gw kadang2 ketemu kakek2 yang cerewet entah di travel atau di
                                  tempat umum, dan biasanya menghindari terjadinya pembicaraan. *kalo gw
                                  tinggal di amrik*, barangkali gw akan lebih membuka diri. (btw, frase
                                  yang di-emphasize, menunjukkan bahwa pikiran gw masih tertutup, hehe).

                                  --
                                  id-php's website - http://id-php.org/
                                • Hendra Kharisma
                                  Message 16 of 17 , Aug 8, 2012
                                    kita sudah bertahun2 bersama di milis ini .. pada mau bukber gak? nih??
                                    pada nongkrong di milis mulu nih..

                                    --
                                    Best Wishes,
                                    Hendra Kharisma

                                    http://www.hendra-k.net || hendra@...
                                    Y!. hendra_kharisma
                                    AIM: Hendra Kharisma

                                  • Arthur Purnama
                                    Message 17 of 17 , Aug 8, 2012
                                      Iya gue buka disini, kalian buka disana.. kita buka bersama deh... :D

                                      SOL

                                      Mit freundlichen Gr��en
                                      Arthur Purnama

                                      http://arthur.purnama.de