Re: [id-php] OOT - tanya VPS+managed yang downtime nya dikit

  • Fajar A. Nugraha
    Message 1 of 24 , Aug 1, 2012
      2012/8/2 Aris Setyawan <d2ulqurnain@...>:

      > Nah itu masalahnya (VPN client). Kalau Di VPS diinstall VPN, maka akibatnya IP VPS asli berubah.
      > Kalau sudah berubah, kan VPS yang semula berfungsi sebagai web server, jadi DOWN.

      Mending mundur dulu.

      Ini tujuannya buat apa? Kok bisa jadi web server sekaligus jadi vpn client.

      --
      FAN
    • Aris Setyawan
      Message 2 of 24 , Aug 1, 2012
        Buat ngakses web service, grab page, download, multi akses ke suatu web dll. Plus mencegah jika ada sesuatu masalah dengan IP yang buat akses keluar, maka IP utama tidak ikut ke dalam masalah tersebut, misalnya di blacklist.

        Nah kalau pakai IP proxy list digunakan, maka kita harus manage sendiri avalability dari IP-IP tersebut. Jika menggunakan VPN kan kita bisa setting, misalnya outgoing IP akan berubah otomatis secara random setiap 5 menit.

        Nah kalau VPN g ditaruh di VPS, misalnya di komputer kantor, maka bandwith/download speed nya akan kurang untuk semua keperluan diatas.

        ________________________________
        Dari: Fajar A. Nugraha <list@...>
        Kepada: id-php@yahoogroups.com
        Dikirim: Kamis, 2 Agustus 2012 12:07
        Judul: Re: [id-php] OOT - tanya VPS+managed yang downtime nya dikit

        Message 3 of 24 , Aug 1, 2012
          Idem dengan postingan sy sebelum ini.

          ________________________________
          Dari: Yeni Setiawan <yenisetiawan@...>
          Kepada: id-php@yahoogroups.com
          Dikirim: Kamis, 2 Agustus 2012 11:51
> [...]

          > proxy deh.
          > Tahu proxy yang premium (bukan public proxy) yang murah meriah g?

          Terus terang saya masih penasaran kenapa instal VPN client di VPS. Agak
          aneh, atau mungkin saya saja yang belum pernah nemu beginian hehe.

          Mungkin bisa diceritakan sedikit latar belakang penggunaannya Mas?

          --
          *dikirim sambil merem*

          Yeni Setiawan
          http://onewaymail.com

        • Fajar A. Nugraha
          Message 4 of 24 , Aug 1, 2012
> [...]
            > Buat ngakses web service, grab page, download, multi akses ke suatu web dll. Plus mencegah jika ada sesuatu masalah dengan IP yang buat akses keluar, maka IP utama tidak ikut ke dalam masalah tersebut, misalnya di blacklist.

            Hahaha. Jadi curiga jangan2 ilegal :P

            Tapi eniwey, cara yang paling simpel sih sewa VPS khusus untuk
            melakukan grabbing, bedain dengan yang buat web server. Toh mestinya
            gak butuh resource gede, pake vpn $30/taun juga lebih dari cukup. Trus
            dari VPS yang buat grab buat route spesifik (route add -host ...) ke
            VPS web server, sehingga si VPS vpn client itu selalu dapet diakses
            dari VPS web.

            --
            FAN
          • Aris Setyawan
            Message 5 of 24 , Aug 1, 2012
              > Hahaha. Jadi curiga jangan2 ilegal :P

              Wah, ya gak dong.
              Grabbing ini tujuannya untuk automatisasi proses, misalnya untuk ngecek apakah client kita sudah transfer uang untuk beli barang di toko online kita.
              Kalau yang grabbing ilegal misalnya apa ya? Apakah ada yang sudah berpengalaman ttg hal ini.

              Ini untuk jaga2 saja misalnya suatu the worst case terjadi.

              > Trus dari VPS yang buat grab buat route spesifik (route add -host ...) ke
              > VPS web server, sehingga si VPS vpn client itu selalu dapet diakses
              > dari VPS web.

              Apa fungsi dari route spesifik ini? Misalnya g dikasih ini bagaimana?

              ________________________________
              Dari: Fajar A. Nugraha <list@...>
              Kepada: id-php@yahoogroups.com
              Dikirim: Kamis, 2 Agustus 2012 12:21

              Message 6 of 24 , Aug 1, 2012

                > Apa fungsi dari route spesifik ini? Misalnya g dikasih ini bagaimana?

                Intinya sih pingin vpn clientnya itu tetep bisa diakses kan?

                Kalo pingin tetep bisa diakses dari MANAPUN, ya gak bisa. Karna
                default route akan diset ke vpnnya. Tapi kalo cuma pingin bisa diakses
                dari network/host TERTENTU, ya buat aja route spesifik. Kalo ada route
                spesifik dan general, route spesifik akan dipake lebih dulu.

                Nah kalo pake dua vps, dan buat routing spesifik dari vpn client ke
                web server, maka vpn client akan selalu bisa diakses oleh web server
                (misal: buat transfer data hasil grabbing, ato cuma perlu masuk doang
                via ssh), gak peduli vpnnya lagi aktif apa nggak. Sementara web
                server, karna gak pake vpn, akan selalu bisa diakses client manapun.

                --
                FAN