Re: [id-php] OOT: selamat tahun baru

  • nubie masta
    Message 1 of 18 , Dec 31, 2011
      sudah baru to tahunnya, selamat y buat id-php...

      PoweredBy:e.rumahterjemah.com

    • Aris Pandu
      Message 2 of 18 , Jan 1, 2012
        saya pake wavecom yang port USB, kalo untuk sms via gammu sudah bisa...masalahnya kalo pake daemonnya untuk koneksi dengan mysql..kalo hasil info dari google itu penyebabnya karena waktu configure awal mysql nya not found....saya sudah coba pake Ubuntu dan mysqlnya bawaan dari paket ubuntunya...dan berhasil...nah sekarang saya mau coba pake mysql dari xampp linux...dan pake suse server...sudah bisa berhasil sms via gammu sendsms...tapi masih belum berhasil pake mysql...kalo menurut saya bukan kendala di settingan smsdrcnya..(soalnya kalo saya instal di ubuntu dengan mysql bawaan paketnya bisa dan lancar)...tapi permasalahan disini, gammu tidak bisa menemukan service mysql yang berjalan dengan xampp linux...

        ________________________________
        Message 3 of 18 , Jan 1, 2012
          Errornya apa mas? errornya bisa dicek di file smslog (Defaultnya nama
          filenya itu, bisa dicek di file smsdrc, baris logfile = smsdlog)

          Databasenya sudah dibuat belum? Apa namanya sesuai dengan yang ada di file
          smsdrc?

          Baiknya sih isi file gammu/bin/gammurc dan gammu/bin/smsdrc ditampilkn di
          sini, jadinya orang lain bisa membantu tanpa harus menebak-nebak.

          Message 4 of 18 , Jan 1, 2012
            untuk gammurc nya ini
            [gammu]

            port = /dev/ttyUSB0
            model = at
            connection = at115200
            synchronizetime = yes
            logfile =
            logformat = nothing
            use_locking =
            gammuloc =

            kalo untuk smsdrc nya ini
            [smsd]
            service = mysql
            PIN = 1234
            logfile = smsdlog
            debuglevel = 0
            commtimeout = 30
            sendtimeout = 30
            user = root
            password = passwdatabase
            pc = localhost:/opt/lampp/var/mysql/mysql.sock
            database = sms
            driver = native_mysql

            permasalahannya ketika saya coba install gammu pada suse/ linux...kan harus ./configure dulu..
            nah pesan yang muncul seperti ini...
            -- Could NOT find Doxygen (missing:  DOXYGEN_EXECUTABLE)
            -- Could NOT find PythonLibs (missing:  PYTHON_LIBRARIES PYTHON_INCLUDE_DIRS)
            -- Using mysql-config: /opt/lampp/bin/mysql_config
            -- MySQL not found.
            -- Could not find PostgreSQL
            ...kalo menurut saya permasalahannya karena ketika build configure ada pesan MySQL not found..seharusnya kan MySQL found

            ________________________________

            Message 5 of 18 , Jan 1, 2012
              2012/1/2 Aris Pandu <arispandu@...>:
              > permasalahannya ketika saya coba install gammu pada suse/ linux...kan harus ./configure dulu..
              > nah pesan yang muncul seperti ini...

              > -- Using mysql-config: /opt/lampp/bin/mysql_config

              Udah coba jalanin command itu? Contoh, kalo pake mariadb di ubuntu, outputnya

              $ mysql_config
              Usage: /usr/bin/mysql_config [OPTIONS]
              --cflags [-I/usr/include/mysql
              -fno-omit-frame-pointer -g -pipe -Wno-uninitialized -DUNIV_LINUX]
              --include [-I/usr/include/mysql]
              --libs [-Wl,-Bsymbolic-functions -rdynamic
              -L/usr/lib/mysql -lmysqlclient -L/usr/lib/ -lssl -lcrypto]
              --libs_r [-Wl,-Bsymbolic-functions -rdynamic
              -L/usr/lib/mysql -lmysqlclient_r -L/usr/lib/ -lssl -lcrypto]
              --plugindir [/usr/lib/mysql/plugin]
              --socket [/var/run/mysqld/mysqld.sock]
              --port [0]
              --version [5.3.3-MariaDB-rc]
              --libmysqld-libs [-Wl,-Bsymbolic-functions -rdynamic
              -L/usr/lib/mysql -lmysqld -ldl -lwrap -lrt -L/usr/lib/ -lssl -lcrypto]

              Untuk compile program, liat bagian "-I" (include/headers) sama "-L"
              (libraries). Di contoh saya, -I/usr/include/mysql sama
              -L/usr/lib/mysql. Abis itu liat file2 yang diperlukan ada ato nggak.
              Contoh:
              - header mysql.h -> /usr/include/mysql/mysql.h
              - library libmysqlclient.so -> /usr/lib/libmysqlclient.so

              Nah kalo mysqlnya bukan bawaan OS (misal: dari xampp), ya mesti
              pastiin juga mysql_confignya jalan, plus headers dan librarynya ada di
              path yang bener sesuai output mysql_config. Kalo pathnya beda, ya
              mesti dibenerin. Kali2 ada opsi --with-mysql-include sama
              --with-mysql-libs untuk maksa nunjukin lokasi header & libs yang
              bener.

              --
              Fajar
            • Aris Pandu
              Message 6 of 18 , Jan 2, 2012
                oke permasalahan sudah terselesaikan..saya sudah download development package dari xampp....setelah di configure dengan gammu ...gammu berhasil menemukan path mysql...MYSQL Found...
                hanya ada permasalahan baru
                ketika saya kasih perintah untuk instal gammu dengan make, muncul error di akhir..pada saat 82% ada pesan error

                Linking C shared library libgsmsd.so
                /opt/lampp/lib/libmysqlclient.so: could not read symbols: File in wrong format
                collect2: ld returned 1 exit status
                make[3]: *** [smsd/libgsmsd.so.7.1.31.0] Error 1
                make[3]: Leaving directory `/home/gammu-1.31.0/build-configure'
                make[2]: *** [smsd/CMakeFiles/gsmsd.dir/all] Error 2
                make[2]: Leaving directory `/home/gammu-1.31.0/build-configure'
                make[1]: *** [all] Error 2
                make[1]: Leaving directory `/home/gammu-1.31.0/build-configure'
                make: *** [all] Error 2

                kira2 kenapa ya...??

                ________________________________

                Message 7 of 18 , Jan 2, 2012
                  2012/1/3 Aris Pandu <arispandu@...>:
> [...]
                  >
                  > Linking C shared library libgsmsd.so
                  > /opt/lampp/lib/libmysqlclient.so: could not read symbols: File in wrong format

                  32 vs 64bit kali? OS64 bit, sementara xampp-nya 32bit?

                  --
                  FAN
                • Aris Pandu
                  Message 8 of 18 , Jan 2, 2012
                    bukannya xampp in linux itu bentuknya source...yang cuma diekstrak trus langsung jalan...
                    jadi kalo seperti itu solusinya apa...?? kalo di lihat di web nya xampp nggak ada download yg 32bit atau 64bit

                    ________________________________

                    Message 9 of 18 , Jan 2, 2012
                      On Tue, Jan 3, 2012 at 8:20 AM, Aris Pandu <arispandu@...> wrote:
                      > bukannya xampp in linux itu bentuknya source...yang cuma diekstrak trus langsung jalan...

                      Ya nggak lah :)
                      Kalo gak dicompile, artinya itu binary. Gak ada apache yang "source
                      cuma diextract langsung jalan". Beda dengan nanoweb yang memang gak
                      perlu binary.

                      > jadi kalo seperti itu solusinya apa...?? kalo di lihat di web nya xampp nggak ada download yg 32bit atau 64bit

                      Ini bener OSnya 64 bit? Kalo iya, versi pendeknya sih mending gak usah
                      maksa deh. Pake mysqlnya OS aja. Mestinya sih buat compile cuma perlu
                      mysql client dan devel doang, gak perlu server.

                      Versi panjangnya rumit, ada kaitan dengan setarch dan chroot segala.
                      Kalo beda source ama binary aja gak tau, mending pake cara pendek aja
                      deh :)

                      --
                      FAN
                    • Aris Pandu
                      Message 10 of 18 , Jan 2, 2012
                        saya sudah coba pake mysql bawaan OS..tapi bingung kok gak ada mysql_config nya ya...atau saya yang gak tahu pathnya..??

                        ________________________________

                        Message 11 of 18 , Jan 2, 2012
                          Biasanya di package terpisah. mysql-devel ato apa gitu.

                        • Steven Haryanto
                          Message 12 of 18 , Jan 3, 2012
                            i'm done with new year's resolutions since a few years ago. gak pernah
                            ditepati sampe akhir taun. mungkin karena cenderung terlalu ambisius.

                            lebih baik membuat target2x kecil aja hari demi hari, minggu demi
                            minggu, projek demi projek...

                            --
                            Akhirnya kita punya situs ofisial! http://id-php.org/

                          • youppie@gmail.com
                            Message 13 of 18 , Jan 3, 2012
                              Nah, itu juga satu resolusi, "done with new year's resolution"

                              Thanks for sharing
                              LOL