Re: [id-php] user login bersamaan

  • Ciko Parera
    Message 1 of 4 , Apr 1, 2005
      dengan memakai status/flag seperti itu memang bisa, tapi permasalahan
      yg kemudian mungkin timbul, misalnya ketika seseorang gak logout, tapi
      hanya menutup browser.. maka dia mungkin tetep dianggap masih login..

      permasalahan ini pernah dibahas di forum diskusi, salah satu solusi
      nya adalah dengan mencatat jejak/akses time setiap user berpindah
      halaman, hal ini untuk mengetahui bahwa user benar2 masih aktif.
      lalu tinggal di set aja expired time nya. misalnya 10 menit.
      jadi ketika selisih akses time terakhir dan waktu login lebih dari 10
      menit, user tersebut dianggap tidak aktif [mau status nya login atau
      logout, tetep dianggap status logout]

      lalu permasalahan yg kemudian timbul, ketika member lupa logout [hanya
      menutup browser], dia baru bisa login lagi setelah 10 menit..
      solusi nya kemudian adalah dengan mencatat IP, kalau selisih waktu
      masih dibawah 10 menit, dan IP nya sama, maka dianggap/diasumsikan
      yang akan login adalah orang yg sama.

      selengkap nya bisa baca disini:
      http://diskusiweb.com/viewthread.php?tid=3916

      semoga membantu
      =)

      ---------
      http://ciko.webaddicted.net
      http://jakarta.indymedia.org
    • Youppie Arliansyah
      Message 2 of 4 , Apr 1, 2005
        mana yang lebih cepat aksesnya/kinerjanya jika status tersebut
        disimpan dalam table database dibandingkan dengan flat file?