Tanya tentang Connection Mysql ke 2 server

  • Hendrik Saragih
    Message 1 of 6 , Jan 2 12:11 AM
      Para master2 php help me please, saya punya kasus dalam ngeretrieve
      database pada 2 server, alurnya seperti ini..

      ada 2 server :
      - Server a
      - Server b

      Pada saat retrieve data laporan di server a saya membuat alur:
      -- Close connection mysql dari server a
      -- Open Connection mysql ke server b
      -- Setelah selesai retrieve, Close Connection mysql server b, kemudian
      Open Connection server a.

      pada fungsi Open connection saya kasih pengecekan seperti ini :

      if (! mysql_connect(....)) {
      die("Connection to the Server is lost.");
      }

      Saya punya 2 server dummy, dimana server dummy ini server untuk trial
      kita sebelum di uppload ke server yang sebenarnya (server dimana user
      bertransaksi)..
      Pada server dummy, melakukan retrieve data 2 server mo banyak atau
      sedikit itu tidak jadi masalah..

      Tapi masalah muncul pas kita upload ke server sebenernya, pas dia
      ngeretrive data banyak sering muncul "Connection to the Server is
      lost." (pesan erorr yang saya buat kalo dia gagal koneksi ke server
      ). Saya curiga kalo conncetion to the server is lost itu muncul karena
      ada lebih dari satu user yang melakukan transaksi antar 2 server seperti
      itu..

      jadi kan user a melakukan transaksi 2 server, pertama server a di close
      mysql nya, trus buka koneksi ke mysql server b. tapi disaat yang
      bersamaan si user b juga melakukan transaksi antar 2 server, berarti dia
      juga nge close mysql server a dan open connection ke server b..

      nah mungkin ga, si pesan error itu muncul karena adanya lebih dari satu
      user yang melakukan antar 2 server itu.. soalnya kasus itu hanya muncul
      pada server sebenarnya, yang dimana semua user melakukan transaksi
      server tersebut, sedangkan di server dummy itu hanya satu user yang
      melakukan transaksi, jadi pas admin ngeretrieve data di server dummy
      tidak masalah mau data banyak atau sedikit dia tetap bisa ngeretrieve
      dengan sukses. Sedangkan di server itu tidak selalu sukses.

      Ato ada hal lain yang kira2 mempengaruhi error itu ? mohon
      pencerahannya..

      * maaf bahasanya kalo kurang formal ;)

    • Riki Risnandar
      Message 2 of 6 , Jan 2 12:35 PM
        Ketika anda melakukan test diserver dummy pastinya tidak ada proses
        lain sehingga prosesnya cepat, sedangkan jika anda sudah masuk ke
        development (real server) biasanya ada transaksi lain yang sedang
        berjalan sehingga prosesnya biasanya lebih lambat.

        beberapa faktor2 yg mempengaruhi hilang koneksi mysql dipengaruhi oleh :
        1. keterbatasan OS dalam jumlah koneksi yang dapat diproses secara
        bersamaan
        2. koneksi database mysql melewati waktu timeout yang biasanya di
        development server waktu timeout mysql lebih kecil

        kasus no 1 bisa terjadi jika traffic web server benar2 tinggi,
        misalnya puluhan sampai ribuan koneksi database secara bersamaan
        sedangkan kasus no 2 bisa dicoba dengan menambah nilai variabel
        mysql.connect_timeout pada file php.ini

        ada juga cara lainnya. ada membuat 2 script yang terpisah, misalnya
        script a (utama) ada di server a, lalu dia akan memanggil script b di
        server b, lalu setelah selesai diserver b script a akan melanjutkan
        prosesnya lagi.

        CMIIW

        Best Regards,
        Riki Risnandar

        Message 3 of 6 , Jan 2 9:04 PM
          terima kasih untuk inputannya,

          untuk cara yang ke dua saya sudah tambahkan menjadi sejam timeout nya,
          soalnya sebelumnya hanya satu menit saja. tapi hasilnya tetap sama
          saja, baru aja sekitar satu menit lebih, tiba tiba dia connection to
          server is lost lagi.

> [...]
          >script a (utama) ada di server a, lalu dia akan memanggil script b di
          >server b, lalu setelah selesai diserver b script a akan melanjutkan

          kalo yang diatas ini bisa dijelaskan lebih detail ? ;)
        • jimmy carter
          Message 4 of 6 , Jan 2 9:08 PM
            kenapa koneksinya ngak dibuka terus saja selama prog jalan?

            Message 5 of 6 , Jan 2 10:29 PM
              m[y|s]sql_pconnect?

              2008/1/3, jimmy carter <jim_muna@...>:

              > kenapa koneksinya ngak dibuka terus saja selama prog jalan?

            • Jawaad
              Message 6 of 6 , Jan 3 5:40 AM
                Maap, ikut nimbung juga..
                Bagaimana kalau close nya gak usah di eksekusi, karena mengingat PHP kalau sudah execute sampai script/halaman selesai connection ke mysql otomatis putus.

                Note:

                The link to the server will be closed as soon as the execution of
                the script ends, unless it's closed earlier by explicitly calling
                mysql_close().

                diambil dr http://id.php.net/manual/en/function.mysql-connect.php

                atau kalau memang tetep ingin close di eksekusi, silahkan baca ini:
                http://bugs.php.net/bug.php?id=30525

                semoga membantu.
                CMIW

                Best Regards,

[...]