Re: [id-php] Re: Aplikasi PHP

  • Yeni Setiawan
    Message 1 of 8 , Oct 1, 2006
      On 10/1/06, aplikasiphp <aplikasiphp@...> wrote:

      > Maksudnya, bila peminat ingin mengembangkan satu proyek Aplikasi
      > PHP. Apa saja yang dibutuhkan:
      > 1. dari sisi coding memakai PHP & MySQL atau yang lain.
      > 2. dari sisi tools: misal wajib memakai Macromedia/adobe
      > photoshop/coraldraw/ACDC/dlss. bila ditinjau dari segi image yang
      > akan dibangun dg standar ukuran/kecil/kecepatan download/browsing
      > 3. template/class yang standarisasi umum spt ADOdb/Smarty/dll
      > 4. atau memanfaatkan kekhususan apalikasi spt: elearning
      > (moodle/ATutor/claroline/sisfokampus/sisfokol/dokeas/dll).
      > 5. yg lain

      langkahnya cukup mudah.

      pertama, yg wajib adalah komputer desktop, trus di instal XAMPP lalu mulai
      coding deh.
      afaik , semua desktop dah ada basic teks editor (vi, joe, notepad) dan web
      browser (lynx, konqueror, IE)

      --
      regards,

      Yeni Setiawan
      http://the.sandalian.com
      Y!M: yeni.setiawan

    • remoharsono
      Message 2 of 8 , Oct 1, 2006
        > Bila ingin mengembangkan satu proyek Aplikasi PHP. Apa saja yang
        > dibutuhkan:
        bahasannya bisa sangat luas :(

        > 1. dari sisi coding memakai PHP & MySQL atau yang lain.
        Tergantung jenis dan skala aplikasi yang akan dikembangkan

        > 2. dari sisi tools: misal wajib memakai Macromedia/adobe
        > photoshop/coraldraw/ACDC/dlss. bila ditinjau dari segi image yang
        > akan dibangun dg standar ukuran/kecil/kecepatan download/browsing
        Tergantung anda akan concern dengan desain atau tidak, untuk aplikasi
        PHP yang dikembangkan dilingkungan Intranet mungkin tidak terlalu
        membutuhkan tetek-bengek font,tipografi,warna,dsb. (hanya saja, rata2
        client Indonesia memang masih euforia dengan hal2 yang berbau animasi
        atau grafis yang "menakjubkan")

        > 3. template/class yang standarisasi umum spt ADOdb/Smarty/dll
        Hasil proyek tersebut akan dijual atau tidak? (karena berhubungan
        dengan licensing)

        > 4. atau memanfaatkan kekhususan apalikasi spt: elearning
        > (moodle/ATutor/claroline/sisfokampus/sisfokol/dokeas/dll).

        > 5. yg lain
        Cari di paman google :)

        regards,
        Remo Harsono
        http://remo.wahana.info
      • Tom Cruise
        Message 3 of 8 , Oct 2, 2006
          sederhananya sih kita butuh :

          Web Server : Apache. Xitami, IIS, dll
          PHP
          Database Server : MySQL, SQL Server (Optional)
          Kalo database server sih optional.. tergantung mo bikin aplikasinya memerlukan database apa nggak....
          Text Editor : Notepad, Notepad++, dll

          sepertinya cukup...
          Daripada susah-susah.. saya sarankan pake XAMPP.. lebih ringkes.. semuanya ada dari Webserver, Database Server, FTP Server, Mail Server, PHP... pokoke enak...(kok jadi ngiklan yah...)

          CMIIW

        • aplikasiphp
          Message 4 of 8 , Oct 2, 2006
            Terima kasih atas masukkannya, semua masukkan yang diberikan baru
            pada taraf pengenalan/basic untuk memulai suatu Aplikasi PHP dan
            MySQL. Saya butuh masukkan yang lebih Advanced lagi.

            Saya sudah mulai mendokumentasikan usulan teman-teman, dan saya
            sudah memakai acuan dari Tobias spt di bawah ini:

            http://www.geocities.com/aplikasiphp/doc/index.html

            --- In id-php@yahoogroups.com, Tom Cruise <ewa_y_o_o@...> wrote:

> [...]
            semuanya ada dari Webserver, Database Server, FTP Server, Mail
            Server, PHP... pokoke enak...(kok jadi ngiklan yah...)

          • Kenichi Ichiro
            Message 5 of 8 , Oct 2, 2006
              On 10/3/06, aplikasiphp <aplikasiphp@...> wrote:

> [...]
              >
              > Saya sudah mulai mendokumentasikan usulan teman-teman, dan saya
              > sudah memakai acuan dari Tobias spt di bawah ini:

              Di dokumentasi itu udah lumayan lengkap gitu. Yang kurang kayaknya
              mengenai optimasi dan sekuriti.

              Untuk optimasi secara coding, seperti:
              http://ilia.ws/archives/12-PHP-Optimization-Tricks.html

              Sedangkan untuk optimasi dan sekuriti menggunakan aplikasi:
              http://www.zend.com/products/zend_optimizer
              http://www.zend.com/products/zend_guard
              http://www.sourceguardian.com/
              http://turck-mmcache.sourceforge.net/index_old.html