Mempercepat download javascript ?

  • Fadjar Nurswanto
    Message 1 of 18 , Jun 10, 2009
      Hai semuanya,

      Cara mana yang lebih cepat terhadap waktu atau kecepatan download javascript di antara dua model
      dibawah ini.

      1. Ngumpul Jadi satu
      Jadi script yang bermacam ragam dijadikan satu dalam satu element.
      Misal:
      <header>
      <script language='javascript' src='loadjs.php?f=liball'>
      </header>

      2. Terpisah
      Masing-masing script memiliki element sendiri-sendiri.
      Misal:
      <header>
      <script language='javascript' src='loadjs.php?f=lib_1'>
      <script language='javascript' src='loadjs.php?f=lib_2'>
      /* .... dan seterusnya ... */
      </header>

      Pertanyaan diatas karena ketika saya menggunakan PageSpeed, salah satunya menyebutkan sebagai berikut:

      There are 8 JavaScript files served from test.fajar.***.co.id. They should be combined into as few
      files as possible.

      * index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript
      * index.php?f=FWC002003&idn=aYItQBdlNUPnE3SJto4v...
      * index.php?f=FWC002003&idn=aRL8xBHyst7xDFU4ELKZ...
      * index.php?f=FWC002003&idn=aoMWOzp3cbvUSa77nQP9...
      * index.php?f=FWC002003&idn=aJoypTkxMtlv08VdAGPk...
      * index.php?f=FWC002003&idn=aziGq3yMt67xyItW8zlq...
      * index.php?f=FWC002003&idn=akpRZf5fgtTqAl5QZMBT...

      Apa karena terlalu kecil ukuran filenya ?

      Mohon saran dan pembelajarannya.

      Terima kasih,
      Fadjar Nurswanto
      http://blog.rindudendam.net
    • herdian ferdianto
      Message 2 of 18 , Jun 10, 2009
        Fadjar,

        Saya sih mikir sebaiknya javascript digabung jadi 1 untuk library yang selalu diload -- misalnya kaya jquery.js
        Saya biasa pakai yuicompressor untuk compress JS dan gabung jadi 1.
        Tetapi untuk js2 yang spesifik di halaman itu biasa saya pisah.
        Ini untuk memanfaatkan cache browser secara maksimal.
        Jika perlu, set expire cache header untuk file2 javascript selama 1 bulan,
        untuk menghindari load javascript berkali2

        --
        ferdhie
        http://m.ferdianto.com
        Message 3 of 18 , Jun 10, 2009
          Terima kasih mas.

          Saya ngeload javascriptnya menggunakan id yang berubah-ubah (random).

          Misal index.php?f=FWC002003&idn=akpRZf5fgtTqAl5QZMBT...

          f = aksi yang akan dilakukan oleh php.
          idn = dynamic/random digenerate di php yang selalu berubah-ubah.

          Cache apakah juga berlaku pada script javascript yang on-demand dengan
          src=index.php?f=FWC002003&idn=dynamic_id, yang bukan langsung ke nama sebuah file js seperti
          src=jquery.js ?

          Terima kasih,
          Fadjar Nurswanto
          http://blog.rindudendam.net

          Message 4 of 18 , Jun 11, 2009
            Pak Fadjar,

            Iya pak, sesuai dengan REQUEST_URI nya,

            Message 5 of 18 , Jun 11, 2009
              Sip. Terima kasih, Mas Ferdi.

              Fadjar Nurswanto
              http://blog.rindudendam.net

              herdian ferdianto wrote:
              > Pak Fadjar,
              >
              > Iya pak, sesuai dengan REQUEST_URI nya,

            • Yudhi Hamzah
              Message 6 of 18 , Jun 11, 2009
                oh ya? setau gw malah kalo pake ngasih parameter di urlnya, si browser gak bakalan ngecache. eh, tapi itu kasusnya kalo images sih, ga tau deh kalo javascript gimana.

                biar lebih yakin, install httpdebugger aja. keliatan deh tuh ngecachenya bener apa kaga

                Sip. Terima kasih, Mas Ferdi.

                Fadjar Nurswanto
                http://blog.rindudendam.net

              • Yudhi Hamzah
                Message 7 of 18 , Jun 11, 2009
                  oh iya, secara umum sih ngeload lebih sedikit file itu lebih bagus. kenapa? soalnya mengurangi jumlah requestnya. tapi harus dipertimbangkan juga kalo file2 js tsb sering diupdate. kalo dijadiin satu file, lo update satu baris aja, user harus narik ulang seluruh isi javascriptnya. jadi ya bestpracticenya sih file2 yang jarang berubah (3rd party library etc) sebaiknya digabung jadi 1 file aja.

                  herdian ferdianto wrote:
                  > Pak Fadjar,
                  >
                  > Iya pak, sesuai dengan REQUEST_URI nya,

                • herdian ferdianto
                  Message 8 of 18 , Jun 11, 2009
                    Firebug ada feature untuk mengecek apakah Javascript anda tercache
                    dengan benar atau ngga,
                    Cukup dengan aktifkan Network debugging
                    Bagus juga untuk benchmark website ;)

                    --
                    ferdhie
                    http://m.ferdianto.com
                    Message 9 of 18 , Jun 11, 2009
                      Benar kata mas Yudhi, untuk link yang menggunakan parameter tidak ter-cache.
                      Dapetnya 200 bukan 304.
                      Sekarang lagi baca-baca di http://groups.google.com/group/minify semoga menemukan solusi.

                      terima kasih,
                      Fadjar Nurswanto
                      http://blog.rindudendan.net

                    • Bagas Prawira
                      Message 10 of 18 , Jun 11, 2009
                        Menurutku yang disampaikan Ferdhie ya seperti itu, yang dicache adalah REQUEST_URI. Dan parameter seperti script.php?f=123&n=akp adalah termasuk dalam REQUEST_URI, yang jika isinya berubah maka jadi tidak tercache.

                        *hanya meluruskan maksud REQUEST_URI* :p

                        Aryo Sanjaya
                        http://facebook.aryosanjaya.net

                        herdian ferdianto wrote:
                        > Firebug ada feature untuk mengecek apakah Javascript anda tercache
                        > dengan benar atau ngga,
                        > Cukup dengan aktifkan Network debugging
                        > Bagus juga untuk benchmark website ;)

                      • Fadjar Nurswanto
                        Message 11 of 18 , Jun 12, 2009
                          Terima kasih mas Bagas.

                          Seperti saran mas Ferdhie, library js saya jadikan satu di:

                          http://test.fajar.***.co.id/index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript

                          dan saya hilangkan parameter dynamicnya yang sebelumnya menggunakan param idn yang berisi dynamic.
                          Jadi seharusnya ter-cache ya mas. Tetapi pada kasus saya tidak ter-cache.

                          Tetapi ketika saya coba dengan http://test.fajar.***.co.id/libjs.php (tanpa param) ter-cache.

                          Mungkin ada hal-hal lain yang belum saya ketahui yah ?

                          terima kasih,
                          Fadjar Nurswanto
                          http://blog.rindudendam.net

                        • Aryo Sanjaya
                          Message 12 of 18 , Jun 12, 2009
[...]

                            Justru harusnya memang tidak ter-cache :)

                            f=FWC002002&mime=text/javascript itu termasuk dalam REQUEST_URI, jadi kalo berubah, ya dianggap request yang berbeda, sehingga menjadi tidak tercache.

                            Untuk lebih jelasnya, dalam script tersebut coba tambahkan perintah: print_r($_SERVER);
                            lalu lihat isi dari element REQUEST_URI. Di situ akan ditampilkan nama script sekaligus query stringnya.

                            Jadi bila nilainya berubah, dianggap request yang berbeda, yang jadinya tidak masuk cache.

                            Tetapi ketika saya coba dengan http://test.fajar.***.co.id/libjs.php (tanpa param) ter-cache.

                            Mungkin ada hal-hal lain yang belum saya ketahui yah ?

                            Dalam hal ini kayaknya sih sudah tau, hanya kayaknya kebalik aja :D

                            --
                            Bagas Prawira
                            http://www.mahesajenar.com/

                          • Alif Sulistiyanto
                            Message 13 of 18 , Jun 12, 2009
                              sebelume sori mas, nubi numpang liwat.
                              kenapa mesti pake proxy file php, ndak langsung nembak file js-nya.
                              apakah ada hal hal tertentu untuk menentukan sebaiknya pake proxy atau
                              tembak langsung?

                              Salam
                              Alif

                              Fadjar Nurswanto wrote:

> [...]
                              >
                              > Find groups that will
                              >
                              > help you stay fit.
                              >
                              > Yahoo! Groups
                              >
                              > Mom Power
                              > <http://us.ard.yahoo.com/SIG=14htd8c28/M=493064.12662709.13497510.8674578/D=groups/S=1705006942:NC/Y=YAHOO/EXP=1244799764/L=/B=ejL.AEPDhFg-/J=1244792564511772/K=oxpCu1i24vH5iMu.ZkZzng/A=5689707/R=0/SIG=11eaa5dke/*http://groups.yahoo.com/group/mompowergroup/>

                            • Fadjar Nurswanto
                              Message 14 of 18 , Jun 12, 2009
                                [REQUEST_URI] => /index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript

                                Dan tidak berubah loh mas.

                                Saat memanggil http://test.fajar.***.co.id request ke server adalah:
                                1. request index.php ke server.
                                2. request index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript.
                                3 request selanjutnya ...

                                Maksudnya mas Ferdhie perubahan nilainya itu seperti diatas ya mas ?
                                Yang awalnya nggak ada parameter terus ada parameter ketika eksekusi URL tersebut.
                                Jadinya ngga di-cache.

                                terima kasih,
                                Fadjar Nurswanto
                                http://blog.rindudendam.net

                                Message 15 of 18 , Jun 12, 2009
                                  Maaf ... saya salah.
                                  http://test.fajar.***.co.id/libjs.php pun tak ter-cache ...
                                  tapi kalau http://test.fajar.***.co.id/libjs.js (dimasukkan semuanya secara manual) ter-cache

                                  Saya menggunakan firefox 3.0.10, Apache/2.2.6 (Mandriva Linux/PREFORK-8.2mdv2008.0) dan PHP/5.2.4

                                  terima kasih,
                                  Fadjar Nurswanto
                                  http://blog.rindudendam.net

                                • Fadjar Nurswanto
                                  Message 16 of 18 , Jun 12, 2009
                                    Hehehe ... klasik sih
                                    Biar nggak ketahuan posisi script js nya.
                                    Kenapa ? Bermacam-macam pertimbangan.
                                    Salah satunya security. :)

                                    *paranoid mode on*

                                    Fadjar Nurswanto
                                    http://blog.rindudendam.net

                                    Message 17 of 18 , Jun 12, 2009
                                    • 1 Attachment
                                    • 163 KB
                                    Owh, maksudnya HTTP 304 Not Modified to ..
                                    Kalau not modified emang ambil dari path -- kalau ada query string,
                                    browser ngga akan mengirimkan header If-None-Match dan
                                    If-Modified-Since

                                    Ta pikir kalau cache yg kaya di screenshot, yg pake
                                    max-age=
                                    dsb ..

                                    Tetapi mas, kalau pake Etags dan Modified header, itu browser tetep
                                    request ke httpd anda, biarpun ntar respon cuman 304 not modified.
                                    Kalau anda pake cache header, browser ngga akan request itu lagi,
                                    kecuali di CTRL-F5

                                    Lebih ngirit benwit dan resource serper ;)

                                    --
                                    ferdhie
                                    http://m.ferdianto.com
                                    Message 18 of 18 , Jun 12, 2009