Maaf kalau aneh ... pertanyaan tentang tab window

  • Fadjar Nurswanto
    Message 1 of 8 , Mar 11, 2009
      Mungkin kah javascript di firefox atau opera atau ie yg ada tab-nya melakukan pengintipan di tab
      lainnya bila lebih dari satu ? Kalau bisa bagaimana yah ?

      terima kasih,
      Fadjar Nurswanto
      http://blog.rindudendam.net
    • Youppie Arliansyah
      Message 2 of 8 , Mar 11, 2009
> [...]
        > lainnya bila lebih dari satu ? Kalau bisa bagaimana yah ?

        Sepertinya bisa, kalau window/tab yang lainnya dibuka dengan method
        open dari object window. Coba script ini:

        1. data.html

        ------------START SCRIPT -----------------------------------------
        ----------------END SCRIPT-----------------------------

        2. intip.html

        ---------START SCRIPT------------------------
        <head><script type="text/javascript">

        var w;

        function bukaWindowBaru(){
        w=window.open("data.html","windowbaru");
        }

        function intip(){
        alert(w.document.getElementById("text1").value);
        }
        </script>

        <input value = "Buka window baru" type="button" onClick="bukaWindowBaru();"><br>
        <input value="intip data" type="button" onClick="intip();">

        ------- END SCRIPT ---------------------------------

        --
        Youppie
      • Fadjar Nurswanto
        Message 3 of 8 , Mar 11, 2009
          Youppie Arliansyah wrote:

> [...]
          > <input value = "Buka window baru" type="button" onClick="bukaWindowBaru();"><br>
          > <input value="intip data" type="button" onClick="intip();">

          Terima kasih mas You.
          Anda benar karena dengan begitu object w diketahui/dikenal. Sehingga bisa mengolah/mengakses isi
          dari object w tersebut. Tetapi yang saya maksud pengintipan pada tab window yang sudah ada.

          Terima kasih upayanya,
          Fadjar Nurswanto
          http://blog.rindudendam.net
        • Youppie Arliansyah
          Message 4 of 8 , Mar 11, 2009

> [...]
            > dari object w tersebut. Tetapi yang saya maksud pengintipan pada tab window yang sudah ada.

            Kalau window yang sudah ada tersebut juga dikenal tentunya juga bisa.
            Misal window yang akan mengintip ini dibuka dengan memanfaatkan
            properti opener atau parent. Tapi ya itu tadi, kedua window (yang
            mengintip dan yang diintip) harus saling berhubungan sepertinya.
            Dengan kata lain, kita hanya diizinkan mengintip window lain yang kita
            ketahui.

            Jika kita ingin mengintip window lain yang sudah ada tapi bukan yang
            kita ketahui, berarti kita harus akses langsung ke engine browser
            (yang menurut saya tidak bisa dilakukan oleh javascript). Cuman jika
            ini bisa dilakukan akan menjadi masalah security yang cukup serius.
            Bayangkan jika salah satu window sedang membuka email di yahoo, lalu
            diintip oleh window lain yang tidak ada hubungannya dengan window si
            yahoo. Apa yang akan terjadi?

            Nah itu pendapat saya.

            --
            Youppie
          • Ferdhie
            Message 5 of 8 , Mar 11, 2009
              Dear All,

              Anda bisa gunakan teknik ajax dan kombinasi session
              misalnya:

              tab A
              - mengirim command melalui ajax, script PHP menyimpan command di session

              tab B
              - menerima command via ajax (polling), execute command

              Karena 1 browser, beda tab .. biasanya session sama.

              Thanks,

              Youppie Arliansyah wrote:

> [...]
              dari object w tersebut. Tetapi yang saya maksud pengintipan pada tab window yang sudah ada.

              <*> Your email settings:
                 Individual Email | Traditional

              <*> To change settings online go to:
                 (Yahoo! ID required)

              <*> To change settings via email:
                 mailto:id-js-digest@yahoogroups.com
                 mailto:id-js-fullfeatured@yahoogroups.com

                 http://docs.yahoo.com/info/terms/

              --
              "seeeppp™"
              Herdian Ferdianto

            • Fadjar Nurswanto
              Message 6 of 8 , Mar 11, 2009
                Ferdhie wrote:
> [...]
                >
                > tab B
                > - menerima command via ajax (polling), execute command
                >
                > Karena 1 browser, beda tab .. biasanya session sama.

                Menarik.
                Berarti harus menanam mata-mata di tab sebelah yah ?
                Dan melibatkan pihak ketiga yaitu server/php.
                Sepertinya ini satu-satunya jalan.

                Seperti yang disampaikan mas You, karena security policy maka hal tersebut tidak dimungkinkan.

                Terima kasih mas You dan mas Fer.

                Fadjar Nurswanto
                http://blog.rindudendam.net
              • Marthin Pancadewa
                Message 7 of 8 , Mar 12, 2009
                  intinya TAB itu harus berhubungan dengan web yang sedang kita buka (parent and child), karena berhubungan dengan COOKIE dan SESSION, jadi klo (betul kata mas yopi) kita seenaknya bisa baca web di tab sebelah, waahhh... asik banget tuh... hehehe.... klo tante yahoo lagi mandi bisa diintip sama om google, hehehe...

                  *** Koreksi kalo saya salah karena sedikit asal2an dan native jawabnya

                  =========================
                  Regards,

                  Marthin Pancadewa
                  www.pancadewa.com

                  ymailto="mailto:mailinglist@..." href="mailto:mailinglist@...">mailinglist@...>

                  ini:

                  alert(w.document.getElementById("text1").value);

                  Nurswanto

> [...]
                  Sepertinya ini satu-satunya jalan.

                  Seperti yang disampaikan mas You, karena security policy maka hal tersebut tidak dimungkinkan.

                • Bagas Prawira