Re: [id-js] Mempercepat download javascript ?

  • Bagas Prawira
    Message 1 of 18 , Jun 11 11:43 PM
      Menurutku yang disampaikan Ferdhie ya seperti itu, yang dicache adalah REQUEST_URI. Dan parameter seperti script.php?f=123&n=akp adalah termasuk dalam REQUEST_URI, yang jika isinya berubah maka jadi tidak tercache.

      *hanya meluruskan maksud REQUEST_URI* :p

      Aryo Sanjaya
      http://facebook.aryosanjaya.net

      Benar kata mas Yudhi, untuk link yang menggunakan parameter tidak ter-cache.
      Dapetnya 200 bukan 304.
      Sekarang lagi baca-baca di http://groups.google.com/group/minify semoga menemukan solusi.

      terima kasih,
      Fadjar Nurswanto
      http://blog.rindudendan.net

    • Fadjar Nurswanto
      Message 2 of 18 , Jun 12 12:41 AM
        Terima kasih mas Bagas.

        Seperti saran mas Ferdhie, library js saya jadikan satu di:

        http://test.fajar.***.co.id/index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript

        dan saya hilangkan parameter dynamicnya yang sebelumnya menggunakan param idn yang berisi dynamic.
        Jadi seharusnya ter-cache ya mas. Tetapi pada kasus saya tidak ter-cache.

        Tetapi ketika saya coba dengan http://test.fajar.***.co.id/libjs.php (tanpa param) ter-cache.

        Mungkin ada hal-hal lain yang belum saya ketahui yah ?

        terima kasih,
        Fadjar Nurswanto
        http://blog.rindudendam.net

      • Aryo Sanjaya
        Message 3 of 18 , Jun 12 12:51 AM
[...]

          Justru harusnya memang tidak ter-cache :)

          f=FWC002002&mime=text/javascript itu termasuk dalam REQUEST_URI, jadi kalo berubah, ya dianggap request yang berbeda, sehingga menjadi tidak tercache.

          Untuk lebih jelasnya, dalam script tersebut coba tambahkan perintah: print_r($_SERVER);
          lalu lihat isi dari element REQUEST_URI. Di situ akan ditampilkan nama script sekaligus query stringnya.

          Jadi bila nilainya berubah, dianggap request yang berbeda, yang jadinya tidak masuk cache.

          Tetapi ketika saya coba dengan http://test.fajar.***.co.id/libjs.php (tanpa param) ter-cache.

          Mungkin ada hal-hal lain yang belum saya ketahui yah ?

          Dalam hal ini kayaknya sih sudah tau, hanya kayaknya kebalik aja :D

          --
          Bagas Prawira
          http://www.mahesajenar.com/

        • Alif Sulistiyanto
          Message 4 of 18 , Jun 12 1:04 AM
            sebelume sori mas, nubi numpang liwat.
            kenapa mesti pake proxy file php, ndak langsung nembak file js-nya.
            apakah ada hal hal tertentu untuk menentukan sebaiknya pake proxy atau
            tembak langsung?

            Salam
            Alif

            Fadjar Nurswanto wrote:

> [...]
            >
            > Find groups that will
            >
            > help you stay fit.
            >
            > Yahoo! Groups
            >
            > Mom Power
            > <http://us.ard.yahoo.com/SIG=14htd8c28/M=493064.12662709.13497510.8674578/D=groups/S=1705006942:NC/Y=YAHOO/EXP=1244799764/L=/B=ejL.AEPDhFg-/J=1244792564511772/K=oxpCu1i24vH5iMu.ZkZzng/A=5689707/R=0/SIG=11eaa5dke/*http://groups.yahoo.com/group/mompowergroup/>

          • Fadjar Nurswanto
            Message 5 of 18 , Jun 12 1:07 AM
              [REQUEST_URI] => /index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript

              Dan tidak berubah loh mas.

              Saat memanggil http://test.fajar.***.co.id request ke server adalah:
              1. request index.php ke server.
              2. request index.php?f=FWC002002&mime=text/javascript.
              3 request selanjutnya ...

              Maksudnya mas Ferdhie perubahan nilainya itu seperti diatas ya mas ?
              Yang awalnya nggak ada parameter terus ada parameter ketika eksekusi URL tersebut.
              Jadinya ngga di-cache.

              terima kasih,
              Fadjar Nurswanto
              http://blog.rindudendam.net

              Message 6 of 18 , Jun 12 1:11 AM
                Maaf ... saya salah.
                http://test.fajar.***.co.id/libjs.php pun tak ter-cache ...
                tapi kalau http://test.fajar.***.co.id/libjs.js (dimasukkan semuanya secara manual) ter-cache

                Saya menggunakan firefox 3.0.10, Apache/2.2.6 (Mandriva Linux/PREFORK-8.2mdv2008.0) dan PHP/5.2.4

                terima kasih,
                Fadjar Nurswanto
                http://blog.rindudendam.net

              • Fadjar Nurswanto
                Message 7 of 18 , Jun 12 1:16 AM
                  Hehehe ... klasik sih
                  Biar nggak ketahuan posisi script js nya.
                  Kenapa ? Bermacam-macam pertimbangan.
                  Salah satunya security. :)

                  *paranoid mode on*

                  Fadjar Nurswanto
                  http://blog.rindudendam.net

                • herdian ferdianto
                  Message 8 of 18 , Jun 12 2:30 AM
                  • 1 Attachment
                  • 163 KB
                  Owh, maksudnya HTTP 304 Not Modified to ..
                  Kalau not modified emang ambil dari path -- kalau ada query string,
                  browser ngga akan mengirimkan header If-None-Match dan
                  If-Modified-Since

                  Ta pikir kalau cache yg kaya di screenshot, yg pake
                  max-age=
                  dsb ..

                  Tetapi mas, kalau pake Etags dan Modified header, itu browser tetep
                  request ke httpd anda, biarpun ntar respon cuman 304 not modified.
                  Kalau anda pake cache header, browser ngga akan request itu lagi,
                  kecuali di CTRL-F5

                  Lebih ngirit benwit dan resource serper ;)

                  --
                  ferdhie
                  http://m.ferdianto.com
                  Message 9 of 18 , Jun 12 2:59 AM