haji & umroh backpacking

  • Moi Ruzuar
    Message 1 of 2 , Jan 1, 2010
      alhamdulillah saya berkesempatan pergi haji tahun ini dan bertanya2 apakah mungkin kita bisa mengurus sendiri segala keperluan kita untuk umroh bahkan haji tanpa ikut travel agent, KBIH atau sebangsanya?
      saya banyak menyaksikan banyak orang dari banyak negara pergi dengan membawa anak2 mereka yang hanya memungkinkan lewat biro haji plus kalau di indonesia. rasanya cukup membuat iri. biaya haji plus cukup tinggi sementara kalau pergi pakai haji reguler, selain daftar tunggu yang lumayan lama juga tidak ada kepastian sampai detik terakhir (paling tidak informasi ke tangan jamaah) dimana kita tinggal sementara kita ingin tinggal dekat masjidil haram dan masjid nabawi. rasanya ingin rasanya mengurus segalanya sendiri. repot ato gak rasanya jadi tidak terlalu masalah karena kita bisa bebas memilih dimana kita tinggal sesuai dengan budget kita. hal ini juga berlaku untuk umroh. mohon sumbang saran teman2.
    • Esti Murdiastuti
      Message 2 of 2 , Jan 1, 2010
        Ya bener..aku juga ada niat untuk umroh tahun ini. Cuma, pikir2 kalo pake travel agent pastinya akan mahal dan gak sesuai dengan keinginan. Mohon sumbang saran temen2 yang mungkin punya pengalaman atau bisa sharing solusi. Apalagi, Air Asia kan ada rute yang ke Abu Dhabi ( UEA) sedangkan Mekah dan Madinah berada di Saudi Arabia. Apa kira2 bisa kesana?
        Terima Kasih

        Esti