Wisata Bangka Belitung

  • Srie
    Message 1 of 6 , Nov 30, 2012
      Dear temen2 ibackpacker,
      Tgl 29 Des s.d. 1 Jan 2013, sy bersama teman2 berencana untuk ke bangka.
      Tiba di Bangka pukul 11 pagi dan kembali tgl 1 Jan pukul 17.05. Kita pengen jg bisa jalan2 ke Belitung.
      Karena kebetulan kita semua belum pernah ada yg ke Bangka Belitung, jd kita ragu2 kesana mau backpackeran atau dengan travel. Sebenarnya sih kami lebih senang backpackeran tp bingung dengan transportasinya.

      Jika ada temen2 yang pernah backpackeran ke bangbel dan punya itinerary, mohon info dan advisenya.
      Jikalau temen2 punya referensi travel yg bagus dan murah, mohon info jg.

      Mohon pencerahan dan sarannya yah dari temen2 semua.
      Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

      Salam,
      Srie W

      Sent from my iPad
    • Christianus
      Message 2 of 6 , Dec 1, 2012
        Kalau sudah ke pelosok2 , saran saya sewa mobil aja. Jd bs banyak tmpt, krn transportasi umum yg jarang. :)
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

        From: Srie <srie_warda@...>
        Sender: ibackpackerclub@yahoogroups.com
        Date: Sat, 1 Dec 2012 14:52:40 +0700
        To: ibackpackerclub@yahoogroups.com<ibackpackerclub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: ibackpackerclub@yahoogroups.com
        Subject: [ibackpackerclub] Wisata Bangka Belitung

[...]

      • hyaputra
        Message 3 of 6 , Dec 1, 2012
          Dear Mba Srie,

          Baru saja bulan yang lalu kami eksplore habis Belitung dan Bangka.
          Sewa mobil dan driving sendiri.
          Untuk kedua daerah ini sepertinya agak sulit bila mengandalkan angkutan umum.
          Waktu terlalu singkat, sepertinya tidak memungkinkan untuk mengunjungi kedua daerah sekaligus.
          Kalau mau ke Bangka, silahkan saja eksplore dulu daerah-daerah yang menarik disini.
          Setelah Bangka, barulah eksplore Belitung.
          Jangan terbalik ke Belitung dahulu, karena anda akan patah hati nantinya.
          Kenapa ? karena setelah anda melihat pantai-pantai di Belitung, maka akan merubah perpektif kita tentang pantai. Sehingga melihat pantai-pantai di Bangka, nantinya akan tidak menarik lagi. Oleh karena itulah silahkan eksplore dulu Bangka. Untuk kuliner, memang Bangka jauh lebih unggul dibanding Belitung.

          Tiba di Bangka jam 11, sepertinya anda dan teman-teman tidak bisa pergi jauh-jauh.
          Mungkin daerah Sungai Liat dan beberapa pantainya dapat dieksplore pada hari I ini.
          Hari ke 2 anda bisa ke Muntok/ Mentok ( sekitar 135 km ) dari Pangkal Pinang.
          Disini juga ada beberapa objek wisata ( termasuk tempatnya P. Soekarno ).
          Hari ke 3 bisa ke Belinyu dengan beberapa objek wisata dan kulinernya yang menarik.
          Hari terakhir, ada baiknya eksplorasi daerah yang dekat-dekat dengan kota saja ( agar tidak ketinggalan pesawat ).

          Oh ya, sebaiknya kontak dahulu tempat penyewaan mobil, karena masing-masing perusahaan mempunyai regulasi sendiri. Kalau memakai driver dari mereka atau kita dari perusahaan, maka lebih mudah untuk proses penyewaannya, daripada pribadi. Karena sudah banyaknya kasus kehilangan kendaraan, maka mereka sudah lebih selektif bila kita mau driving sendiri.

          Demikian sedikit informasi, mudah-mudahan membantu.

          Salam,

          hendra.

          --- In ibackpackerclub@yahoogroups.com, Srie <srie_warda@...> wrote:

> [...]
          > Jikalau temen2 punya referensi travel yg bagus dan murah, mohon info jg.
          >
          > Mohon pencerahan dan sarannya yah dari temen2 semua.

        • Stefanus A Wartono
          Message 4 of 6 , Dec 2, 2012
            Bangka dan Belitung TIDAK UMUM digabung karena jaraknya tidak dekat
            walaupun pulaunya bersebelahan.
            Juga transportasi antar pulau kan tidak banyak, namun ada.
            Coba saja searching di Google ferry Babel, kalau tidak salah ada yang
            pernah bilang 4-6 jam.

            Naik ferry di bulan Desember juga harus perhatikan keadaan angin, entah
            angin apa istilahnya, biasanya ombak di bulan Okt-Apr itu itu tinggi.

            Jadi, lebih baik salah satu saja, Bangka atau Belitung. Saran saya
            Belitung lebih banyak obyeknya dan untuk cari taksi, coba cari pakai
            Google nanti ketemu beberapa alamat dan tinggal telepon saja.

            On 01-Dec-2012 14:52, Srie wrote:
            > Dear temen2 ibackpacker,
            > Tgl 29 Des s.d. 1 Jan 2013, sy bersama teman2 berencana untuk ke bangka.
            > Tiba di Bangka pukul 11 pagi dan kembali tgl 1 Jan pukul 17.05. Kita pengen jg bisa jalan2 ke Belitung.
          • Betti
            Message 5 of 6 , Dec 2, 2012
              Hai Srie,
              saya ke Belitung bulan Feb 2011, dan ceritanya saya tulis di blog saya : http://hermastuti.blogspot.com/search/label/Belitung
              moga2 masih update :)

              salam backpacker!

            • adolf-izaak@dnet.net.id
              Message 6 of 6 , Dec 2, 2012
                Awal desember 2005, wuaaa sudah lama sekali ya, beruntung sempat mengicipi "kelezatan" wisata di Bangka n Belitung. Kalau sekarang ini sejak Laskar Pelangi tour Belitung jadi ruameee ketimbang Bangka, waktu itu aku malah lebih banyak di Bangka ketimbang Belitung. Masih ingat Kamis-Minggu di Bangka, Minggu-selasa di Belitung.

                Tuk di Bangka, berhubung ikut teman yg punya ortu disana dan tinggalnya agak jauh dari Pangkalpinang (Belinyu), kesempatan tuk liat beberapa tempat yg waktu itu masih jarang di datangi. Bangka identik dengan Parai. Betul. Kami juga kesana. Memang bagus, sudah tertata rapi n komersial. Tuk masuk, moto-moto, tidak nginap waktu bayar 15.000 per orang.

                Selain Parai ada pantai Penyusuk, Rumodong, yg sekarang mulai populer. Letaknya di pelosok, tidak ada kendaraan umum, sepi. Ada warung hanya beberapa. Waktu itu lho.

                Ada juga pantai Pasir Padi tidak jauh dari Parai. Ciri khas berpasir putih. Kalau lagi surut sering di pake tuk balap motor atau kegiatan lainnya.

                Selain itu sempat ke pantai Tapak Hantu. Tidak kelihatan kog hantunya. Agak ke pelosok tidak jauh dari Pangkalpinang. Wisata ke Klenteng tertua di pangkalpinang, bisa menjadi pilihan. Ada juga klenteng yg waktu itu di persiapkan sebagai klenteng terbesar di asia tenggara. Lupa tempatnya namun bisa terjangkau.

                Wisata kuliner...kalau ngefans sama kerupuk bangka kita tidak hanya bisa beli tetapi juga melihat pembuatannya seperti apa. Letaknya di Belinyu. Salah satu empunya toko waktu welcome tuk mengajak ke dapur. Kita bisa melihat, sambil foto2 tentunya, bahan kerupuk bangka. Saat di olah, dipanggang, siap saji. Boleh juga icipi. Terakhir, jangan lupa beli di toko itu. Itu aja "kompensasi"nya. Cuma...yg agak tertutup adalah proses pembuatan atau meracik sambelnya.

                Wisata berbau miris juga bisa kita dapatkan. Sebaiknya di pesawat duduklah di seat sebelah kiri. Jelang landing liat ke bawah, maka akan menyaksikan pemandangan yg cukup miris. Wajah bopeng tanah bangka, yaitu bekas galian timah yg di tinggal begitu saja. Setelah di darat kita juga bisa melihat langsung di lokasi. Menyaksikan masih ada penduduk yg berusaha mengais rejeki dari timah di sisa2 penambangan. Mereka melakukan dengan apa adanya. Memang ada benarnya kalau di bilang "negeri kaya tapi penduduknya tidak kaya".

                Betul...di bangka n belitung, transportasi umum masih minim. Sewa mobil pilihan tepat.

                Tul nyebrang dari bangka belitung sekitar 4 jam dengan kapal cepat. Waktu itu tiketnya 100 ribu tuk kelas bisnis. Masih ingat, beberapa hari sebelum nyebrang terjadi badai di selat nasik. Berimbas ke ombak besar di jalur pelayaran. Supaya tidak hue hue alias mabok, sebelum kapal brkt sengaja minum antimo 2 tablet sekaligus. Yg terjadi...ternyata sepanjang jalan ombak tenang. Perkiraan 4 sampai 5 jam ternyata hanya 3 jam saja. Yg jemput kami ngga nyangka tiba secepat itu. Krna ombak tenang, maunya main di del atas. Singkat kata akhirnya tidak tidur. Efek ngantuk dari itu obat bariu terasa setelah di belitung. Di ajak jalan2 malam malah ngantuk berat... Duch....

                Yg juga tidak terlupakan selama beberapa hari di bangka, hanya icipi listrik PLN 3 jam saja. Selebihnya genset. Maklum lah masih di luar kotanya. Kalau malam setelah off kan genset ya ngandalin senter.

                Rasanya banyak pengalaman berkesan yg tidak mudah terlupakan. Sekali lagi Bangka memang kalah populer di banding Belitung. Tetapi tetap banyak yg bisa di lihat disana. Karenanya jangan ragu memilih Bangka sebagai destinasi.

                Info yg lebih lengkap, jika sempat coba ke gramedia. Ada buku tentang Bangka Belitung, penulis GAGAS ULUNG. Harganya 75 ribu. Lengkap info hotel, transport, dan tempat2 menarik disana.

                Selamat berlibur

                R Adolf Izaak

                List owner:
                ibackpackerclub-owner@yahoogroups.com