Sterilisasi Massal

  • luckyman_247
    Message 1 of 1 , Feb 5, 2008
      facobasten1984@... says;

      Hallo Mba..
      saya baru sampe jogja nih kmarin...standar lah pake
      deg2an dan penuh ketidakpastian hehe

      seneng deh kmaren ke pps n swacomm, sy jatuh cintrong
      ama ajg item yg gede itu ngikutin kmana2. sayan kurag
      lama. si jason tuh buru2 pergi jam 2 siang dah harus
      sampe tujuan jam 3. -_-
      jarang2 sy ke jkt dan pengen ngbrol2 ktemu ama mbak
      dll.

      gimana mbak kmaren ke pps nya pertama kali :)
      kucingnya cakep2 ajg nya juga tp rata2 ajg sih ada yg
      judes ada yg gak klo kucing mau semua ama manusia
      hehe..

      mbak tentang rencana steril-lepas ituh, sy ada
      beberapa masukan semoga bisa nambah info.

      sistem steril -lepas itu efektif kalo dilakukan dalam
      1 area, sebab kalo ajg yg diambil dr berbagai area ,
      efeknya kurang terasa.

      sebenarnya, setaun lalu ada masalah yg diangkat secara
      internal ( hasil ngobrol2 tp blum diangkat ke publik)
      bahwa di IKJ ada kondisi dimana anjing2 disana itu
      buanyak bgt dan diberi makan oleh mahasiswa disana.
      ada "kepemilikan" juga dalam artian ada orang yg
      ngaku2 ini ajg saya lalu dikasih makan dan "diurus" (
      gatau ngurus nya sejauh mana) tp ya tempatnya di IKJ
      itu.

      karna ajg disana kawin2 sendiri, dulu sempet ada ajg
      berkaki 5 segala karna kelainan genetis.ma

      Wulan mungkin bisa kasih tambahan detil nya soalnya yg
      aku inget cuma ini. lan, disana ada kasus apasajakah?
      ada ajg yg mati or anythin happen? btw ini info
      darimana ya waktu itu?

      saya rasa klo diadakan steril massal akan baik disana.
      karna:

      1) edukasi
      "owner" bisa diminta utk membantu selama proses
      berlangsung yang mana secara otomatis bisa menjadi
      ajang edukasi massal satu kampus. pasti jadi hot topic
      ada oprasi besar2an spt itu.

      2) efeknya nyata terlihat.
      kita memecahkan permasalahan yg selama ini terjadi
      disana.

      kendala:

      1) ajg2 tsb punya "owner" yang mau ga mau kita juga
      harus suwun dulu sama ownernya, atau ada cara 1 lagi
      adalah deketin rektor IKJ ( ato siapapun yg posisinay
      diatas in charge) yg bisa kita terangkan mengenai hal
      itu. diterangkan gimana kasian klo ajg nya branak
      terus ga karu2an ky gitu dan tentang opulasi ajg dan
      dia bisa kasih surat perintah klo hari ini akan
      diadakan steril massal. tapi klo ownernya gatau apa2
      tau2 anjing"nya" akan dioprasi bisa kaget dan mungkin
      melakukan hal ekstri, misal : ajg nya diculik dan
      dibuang dijalan saking takut ajg nya mau dioprasi.

      ato cara ke 2) buat selebaran tentang pengontrolan
      populasi ajg ( hal yg sama yg dibicarakan ke rektor)
      dan owner yg mau ajg nya disteril bisa mendaftar ( dan
      diwajibkan membantu, membantu sejauh apa diatur2aja)

      bisa dilakukan pendekatan 2 arah yaitu melalui rektor
      dan "pemilik".
      apabila rektor menyambut baik usulan ini,bisa minta
      rektor utk "menandai" ajg yg ada pemiliknya dg kaish
      kalung ato apa. jadi kita bebas utk steril ajg yg tdak
      berkalung.

      resikonya adalah ada orang yg anti steril dan kasih
      kalung ke semua ajg. salahsatu cara mengurangi resiko
      ini adalah dengan ajg harusi kdibeli kalung layak
      bergesper. kemungkinan orang akan bli kalung ajg ato
      worst case potong sabuk lalu dijadikan kalung ajg.
      minimal pake usahalah, klo gak diginikan nanti semua
      ajg dikasih tali rafia saking mahasiswa gak modal.....

      mungkin gitu dulu sedikit masukan dari saya. kalau
      nanti ada apa2 dan saya bisa bantu, sya mau membantu.

      makasih banyak mbak
      Anita

      FISHIE MOON SAYS;
> [...]
      > kagok bilang namanya ^^ inget ibunya budi) dkk apa
      > kita ikutan? gw sih palingan bisa kenalin ke adeknya
      > bayka dan teman2nya. kalo bisa steril massal kira2
      > 10-20 ekor udah berasa loh perubahannya. karena kalo
      > denger crita amna kira2 disana bisa2 ada 40 an
      > anjing dipiara di dalem studio gambar apa di skitar2
      > kantin.
      >
      > apakah owner2 disana boleh bawa anjing mereka buat
      > disteril gratis? kalo misalnya di rumah ada anjing
      > juga gitu? suru bayar berapa lah abis itu boleh
      > disteril bareng2?
      >
      > slain IKJ gw belom kepikir sih mau steril masal
      :i> dimana, mungkin sih swaccom yah ... steril aja
      > mereka semua biar gampang. btw di swaccom abis ambil
      > winnie yang adop ngasi tuker pake puppy lain tuh.

      Hallo mba... ada masukan lagi:

      1) kalo pake kalung2an, bisa dibagikan kalung dari
      kita( suruh beli jg gpp barang 5000 rupiah, jaitin di
      tukang jait diberi keterangan kelebihan biaya
      disalurkan utntuk keperluan operasi)

      2) ada bbrp pertanyaan yg bisa dierptimbangkan:
      apakah owner2 disana boleh bawa anjing rumah mereka
      buat disteril ? suruh bayar biaya obat gitu....

      3)ada option ke 2, yaitu steril di swacomm. mbak ingat
      swacomm yg sy sebut2 kmaren itu. swacomm itu spt
      shelter kecil m ilik pribadi, kapasitasnya sekitar 15
      ekor saja. orang bisa adop dari shelter itu, lokasinya
      di ciganjur.
      klo gak sih adain di IKJ orang swacomm dikasih tau
      bisa bawa ajg nya ke IKJ hehe ;D

      ttg IKJ kalau berminat akan dikenalkan ke anak IKJ yg
      mungkin bisa cerita lebih banyak :)

      LUCKYMAN_247

      saya minta izin ngomong yah..

      btw saya ga kenal sama mbak budhi loh sebelum nya
      tapi aneh nya
      mbak budhi tau saya
      apakah jason segitu terkenalnya? haha..

      back to topic
      masalh steril massall
      saya ga tau IKJ dimana
      tapi kata nya di atma jaya semanggi yah?
      kalo ga salah

      nah sekarang sesuai rencana yang mbak budhi ngomong kemarin ini
      yaitu steril n release massal di IKJ situ..

      nah ada baiknya kita pakai sistem or cara
      CNVRC (CATCH NEUTER VACCINE RELEASE CHAIN)

      jadi yah yang pertama harus dilakukan
      1. Catch/Nangkep
      jadi kita harus nangkep anjing" yang rencananya mau disteril.
      2. Neuter/Sterilisasi
      yah langkah kedua adalah kita harus puasain doggie" nya sebelum di
      steril tujuan utama ke 2.
      3. Vaccine/Vaksin
      saya ga tau di bali pake di vaksin apa kaga
      tapi alangkah baiknya kita vaksin jg
      4. Chain/Collaring
      jadi kita pake in collar buat penanda itu anjing" jalanan yg udah di
      steirl
      mungkin itu jangka pendek.. yah tapi at least bisa ngenalin mereka
      dhe..
      5. Release
      di daerah yang sama
      jadi mereka udah familiar sama daerah mereka sebelumnya..

      nah itu buat short-medium term aja dhe..

      Terus buat long term nya
      kita edukasi manusia" sekitar
      buat nggak MENGGANGGU MEREKa
      dan mungkin mahasiswa" yang lebih mampu buat beliin makanan
      kita suruh beliin makanan yah kerja sama sama uni nya KALAU
      MEMUNGKINKAN yah..
      kan mereka ada banyak
      yah di grup lah
      anjing ini siapa yang bertanggung jawab..

      PS: kalau semua nya sayang doggie yah
      and semoga aja IYA..
      dan semoga aja ga ada yang suka makan dogs meat..

      OK barang yang kira" kita butuhkan
      yah yang pasti
      1. TENAGA VETS
      2. ASISTEN VETS
      3. *TEMPAT TAMPUNG DOGGIE SELAMA PERAWATAN DI STERIL
      4. OBAT"AN PASTINYA
      5. HAL" FORMAL LAINNYA

      tapi yang paling penting tempat perawatan
      soalnya
      beda sama kucing
      doggie itu harus lebih intensif perawatannya

      OO YAH
      SATU LAGI
      mending kalo mo steril satu kelamin dulu aja
      jangan campur"..

      saya kehabisan ide neh

      kalau buat nangkep doggie" nya
      saya bisa bantu mungkin..

      @ anit di fwd ke wulan yah
      saya ga tau imel nya dia..

      MBAK BUDHI SAYS;

> [...]
      > diskusi & cari jalan
      > keluar bersama, karena toh tujuan kita semua sama,
      > untuk kesejahteraan &
      > keberdayaan satwa2 yg kita cintai.
      >
      > PS : Sekedar cerita, program steril kucing kemarin
      > tdk seribet ini krn
      > rata2 kucing ada pemiliknya & pengangkutan kucing
      > jauh lebih mudah dr
      > anjing. Penangkapan kucing liar jg lebih mudah,
      > walau jg ada yg sulit.
      > Fyi, saya & bbrp rekan tetap berencana mensteril
      > kucing2 d lingkungan
      > kami regular per bulan (biaya pribadi). Bila ada

      FACOBASTEN1984 SAYS;

      Hallo
      perencanaanya tahap advanced ya :D

      anyway, agak biung mulai nya dari mana. aku kmaren dah
      kontek anak IKJ ( gak kenal sih cuma dulu ngeadd di
      fs) minta tolong ceritain sikon di kampus dia tp blom
      ada reply.

      mungkin skg ini ... hmm aga biung mulai dari mana ya.
      mungkin bikin penjadwaan timetable dulu dan step2 yg
      akan ditempuh?
      misalnya mau tentuin lokasi mana, lalu ada posisi
      apasaja lalu nyari2 orang utk ditawari mau ngisi
      posisi mana....

      eh gitu kali ya mbak,masukan dikit ^^
      saya sih sgt setuju bgt program ini. mgkn aga ribet
      utk perijinan dan lain2.

      um....utk skg ini sy baru baca imel mbak tp di otak
      blom kebayng peta permasalahannya tp ngerti sih sikon
      lapangannya spt y tertulis.tp utk realisasi di
      lapangannya msih blm kbayang hehe:D

      keep me updated ya mbak ^^