Re: [HRI] Penyusunan Nomor Induk Karyawan

  • Husni Kamil
    Message 1 of 13 , May 27, 2004
      nomor karyawan dan kode bagian sebaiknya dipisah, no karyawan hanya
      mencantumkan nomor urut masuk dan juga tahun (bisa tahun masuk atau tahun
      lahir), sedangkan bagian dicantumkan di keterangan karyawan saja, atau jika
      mau membuat id card bisa dicantumkan bagiannya, so dengan begitu bila ada
      promosi, mutasi, atau PHK nomor tersebut tidak berubah. Dan nomor tersebut
      tetap berlanjut sampai perusahaan tutup.

      salam,

      husni

    • Amir Fauzi
      Message 2 of 13 , May 27, 2004
        Untuk tempat saya, NIK disusun berdasarkan tahun kelahiran + urutan masuk ke
        perusahaan, semisal : 730507, yang berarti kelahiran tahun 73, dan urutan
        masuk perusahaan no : 0507 pada tahun itu. Dengan baca NIK, sudah tahu tahun
        kelahirannya. Tetapi tidak ada identifikasi Loker.

        Salam,

        Amir Fauzi

[...]

        ** HR Indonesia, The LEARNING Society **
        http://hri.or.id
        Yahoo! Groups Links

      • SOUFIAN
        Message 3 of 13 , May 27, 2004
          Sumbang saran :
          Untuk penyusunan NIK ditempat kami penyusunan berdasarkan
          Nomor,bulan dan tahun pada saat masuk kerja misalnya
          NIK 20040501 (artinya karyawan tersebut mulai bekerja pada
          tahun 2004 bulan 5 dan 01 sebagai no urut pada bulan itu.
          Nik tersebut tidak bisa berobah baik dikarenakan
          mutasi,promosi dll kecuali karyawan tersebut PHK atau
          pensiun maka NIK mereka tersebut dihilangkan dan menjadi
          data file

          saya rasa demikian semoga bermanfaat.

          Soufian/dsuc

          Netkuis Instan untuk wilayah Bandung (kode area 022) - SD,SMP,SMA berhadiah total puluhan juta rupiah... periode I dimulai 1 April 2004
        • SOUFIAN
          Message 4 of 13 , May 27, 2004
            dear all
            saya ingin menanyakan
            1. Bagaimana standar penetapan MPP (Man Power Planning)
            2. Bagaimana cara menghitung Turn Over karyawan
            3. Bagaimana penentuan sistem penggajian

            mohon informasi dan masukkannya.

            Soufian
          • cvt_development@asc.co.id
            Message 5 of 13 , May 27, 2004
              NIK di PT ASC adalah sbb:

              YYNNNN
              artinya: tahun (2digitt) nomer (4digit)
              misal 000971, artinya masuk tahun 2000, dg nomer urut 0971
              Nomer tsb juga sbg identifikasi total pegawai yg sudah jadi/ pernah
              menjadi pegawai PT ASC.

              saya rasa dg 6 digit sebenarnya sudah cukup representative,
              sebab kalau kepanjangan, ntar mirip dg Nomer Induk Mahasiswa
              saya dulu.

              Dg sedikit nomer, system absensi juga akan lebih mudah, misal
              ditempat kami menggunakan hand key, kita memasukkan 4 digit nomer
              urut kita, lampu akan menyala, jika sidik jarinya benar, maka proses
              absensi sudah dilakukan.

              demikian masukan dari kami

              Putu Mudhita

              "SOUFIAN"
              <soufian@telk To: hri@yahoogroups.com
              om.net> cc:
              Subject: Re: [HRI] Penyusunan Nomor Induk
              05/28/04 Karyawan
              12:46 PM
              Please
              respond to
              hri

            • Jaiman
              Message 6 of 13 , May 27, 2004
                Kalau di tempat saya, penyusunannya adalah sbb.
                4 digit pertama adalah tahun join kemudian diikuti dengan 2 digit bulan
                join dan 3 digit nomor urut. Sehingga nik adalah 9 digit
                Kegunaan dari penyusunan ini adalah, dalam hal kita akan mengesort
                berdasarkan join date maka datanya akan urut. Penyusunan dgn cara ini
                juga berguna untuk memudahkan mengingat join date(bulan join)nya.
                Salam
              • Yori Krisnahadi
                Message 7 of 13 , May 28, 2004
                  Dear all,
                  Sharing ttg NIK, contoh :
                  0104025
                  01 : lokasi (mis: JKT)
                  04 : tahun masuk (mis: 2004)
                  025 : no.urut (mis: no.25)
                  NIK ini tidak berubah walaupun dimutasi, jadi tetap ketahuan Point of Hire
                  dan tahun masuk karyawan tsb.
                  Salam,
                  Yori
                • Tien
                  Message 8 of 13 , Jun 6, 2004
                    dear all,
                    terus terang saya sangat menunggu jawaban dr rekans atas pertanyaan
                    Sdr.Soufian, tp utk memulainya barangkali saya mencoba utk sharing dari
                    pertanyaan yg ke-1 & 2, tentu saja berdasarkan pemahaman saya yg masih belum
                    banyak pengalaman di bidang HR (mudah2an setelah ini banyak lagi rekans mau
                    menambahkan) :
                    1. Penetapan standar MPP menurut saya berdasarkan kebutuhan MP di
                    organisasi/perush.ybs, disesuaikan dg bussiness planning yg telah
                    ditetapkan. Misalnya utk bagian produksi, berapa output yg diinginkan dan
                    berapa satandar beban kerja yg realistis utk tiap kary. maka selanjutnya
                    bisa kita lihat berapa jml kary. yg dibutuhkan.
                    2. Perhitungan Turn Over Kary. per tahun = jumlah kary.yg keluar pd th ttt
                    dibagi total jml kary. kali 100%
                    Utk jawaban dari pertanyaan ketiga saya yakin banyak rekan lain yg sdh
                    berpengalaman dibanding saya, mohon tambahan penjelasan dari yg lain.
                    BTW, kok saya lihat banyak anggota baru di HRI ini ya....atau saya yg kuper,
                    saya lihat gak ada lagi mas nugie (nugroho priyambodo) dll, para senior
                    aktivis HRI, pada kemana nih ?

                  • Leonard.Lumenta@kalbe.co.id
                    Message 9 of 13 , Jun 6, 2004
                      Maaf pak moderator, saya sudah lebih dari 3X unsubsribe, tapi kok mash di
                      kirim terus ya.

                      thanks.

                      Fa.Makhtum@...
                      06/07/2004 06:58 PM
                      Please respond to
                      hri@yahoogroups.com

                      hri@yahoogroups.com
                      cc

                      Subject
                      Re: [HRI] MPP.Turn Over dan Sistem Penggajian

                    • jiihan helena
                      Message 10 of 13 , Jun 7, 2004
                        Rekan-rekan...

                        Saya mau tanya, saya mau bikin term and condition untuk karyawan dengan masa kerja yang ditentukan (memodifikasi yang sudah ada) dan saya butuh masukan dari rekans semua ( kalo ada yang bersedia).

                        Bisa langsung japri saya aja ya jadi lebih enak tanya-tanyanya..(jiihan@...)

                        makasih

                        Cheers

                        Jiihan