VISIT INDONESIA 2008, Bagaimana dengan VISIT TANAH KARO 2008

  • Nuah P Tarigan
    Message 1 of 10 , Jan 1, 2008
      Mejuah juah,

      Selamat Tahun Baru 2008, Sekarang kita masuk ke VISIT Indonesia 2008, ada
      juga Musi 2008, dlsb, tapi bagaimana dengan Tanah Karo ? Apakah ada promosi
      yang terintegrasi? Apakah kita kembali kalah dengan Malaysia?

      http://www.detiknews.com/indexfr.php?url=http://www.detiknews.com/index.php/
      detik.read/tahun/2008/bulan/01/tgl/01/time/152848/idnews/873325/idkanal/10

      NUAH P. TARIGAN

      What God can do is no SECRET.

      What He's done for others,

      He'll do for you.

      (James L.Garlow and Rick Marshall)

      POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more than before.

      SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined, worthwhile and Personal
      Goal Setting - Paul J. Meyer

    • Julianus Liembeng
      Message 2 of 10 , Jan 2, 2008
        Memang kurang ada gerakan kita,
        saya lagi Di Kuala Lumpur..
        Kelihatannya malaysia benar-benar mewujudkan Malaysia
        Trully Asia dalam palayannannya.. Semoga
        Selamat Tahun Baru

        julianus Limbeng

        --- Nuah P Tarigan <nuah.tarigan@...>
        wrote:

> [...]
        >

        > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
        > than before.
        >

        > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

        Never miss a thing. Make Yahoo your home page.
        http://www.yahoo.com/r/hs
      • Nuah P Tarigan
        Message 3 of 10 , Jan 2, 2008
          Bujur Liembeng atas masukenndu, selamat stay di Malaysia, ketemu Edi? Dia
          lagi disana minggu ini.

          Memang benar pelayanannya bagus tapi juga diskriminatif.

          Pasti kita bisa seperti mereka, Bali saja sudah ok. Tapi ndak tahu kalau
          Tanah Karo? Apakah kita punya "attitude" atau habit of thought yang ramah
          kepada wisatawan mancanegara dan nusantara? Mudah mudahan lah.

          Selamat Tahun Baru....

          JB

          _____

          Kelihatannya malaysia benar-benar mewujudkan Malaysia
          Trully Asia dalam palayannannya.. Semoga
          Selamat Tahun Baru

          julianus Limbeng

          --- Nuah P Tarigan <nuah.tarigan@ <mailto:nuah.tarigan%40tlmindonesia.com>
          tlmindonesia.com>

          http://www.detiknew
> [...]
          >

          > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
          > than before.
          >

          > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

        • Nuah P Tarigan

            http://www.detiknew
> [...]
            >

            > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
            > than before.
            >

            > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

          • Nuah P Tarigan

              http://www.detiknew
> [...]
              >

              > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
              > than before.
              >

              > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

            • Nuah P Tarigan

                http://www.detiknew
> [...]
                >

                > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
                > than before.
                >

                > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

              • Nuah P Tarigan

                  http://www.detiknew
> [...]
                  >

                  > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
                  > than before.
                  >

                  > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

                • Martin Peranginangin
                  Message 8 of 10 , Jan 3, 2008
                    Mjj man banta kerina, Selamat Tahun Baru.

                    Eak, kuakap kesiapen promosi Visit Indonesia Year 2008 talu nge gaungna asangken promosi soal Pilkada. Terlebih i Sumut piga-piga waktu si lewat, kuidah ija-ija poster calon gubernur, lalit sitik pe si mpesikap kerna menyambut tahun pariwisata. Aku pe arah milis enda nge kudat. Uga bahan? Nina desas-desus pejabat teras Pemko Medan enggo ikarangken pe lit kang sangkut pautna ras pilkada nina. Gelah memuluskan salah sada calon sideban. Adi payo kin ia lepak, ngakai la nai nari ikandangken nina ka. Epe, payo ntah lang e la sieteh. Adi pulitik 1+1 tak selamanya 2 nina Tamburakrak. maun mehuli, maun kejam. Maun manis maun garang. Kembali kerna VIY sipesikap saja kutanta adi mejile kutata reh nge kari turisna. Ula rubat-rubat, ula si panjang-punjuten, ula mejar-jar, senum yang cantek. Gelah ula pagi reh temuenta sangana ka kita rubati soal pinpinen enggo ikarangken. Is melana....hehehe.

                    MP

                    wrote:

> [...]
                    > Goal Setting - Paul J. Meyer

                    > removed]

                    Never miss a thing. Make Yahoo your home page.

                  • nomi sinulingga
                    Message 9 of 10 , Jan 4, 2008
                      Mejuah2...
                      Memajukan pariwisata sangat membutuhkan komitmen dan juga semangat yang tinggi dan tidak cepat menyerah. Memang selalu butuh kerjasama dengan pemerintah..
                      Tahun lalu aku ke Gapang, Sabang Pulau Weh..disana ketemu dengan bule (suami istri) yang menjual keindahan taman laut pulau WEH. Bisa dilihat di www.lumbalumba.com.
                      Karena ada waktu cerita2 istrinya, lupa aku namanya menceritakan kalau mereka sudah lebih sepuluh taun di pulau Weh..dan menjual keindahan pulau Weh ke manca negara.
                      Jadi kalau di BAnda aceh, semua cewe2 pake jilab...nyeberanglah ke Pulau Weh, di Gapang atau di Ibuh...akan ada pemandangan yang kontras sekali.

                      Komitmen selalu diperlukan untuk suatu kemajuan...tapi sulit sekali kadang kita menjaga nyala semangat dan komitmen kita..

                      Bujur

                      wrote:

> [...]
                      >

                      > POSITIVELY M.A.D (Make A Different) to achieve more
                      > than before.
                      >

                      > SUCCESS is Progressive Realisation, predetermined,

                    • Ma Biring-PerBerastagi
                      Message 10 of 10 , Jan 4, 2008
                        Mejuah juah,

                        Program Visit Indonesia Year telah dimulai puluhan tahun yang lalu (
                        kalau tidak salah Visit Indonesia Year 1991-red). Nach, sekarang
                        pemerintah mencanangkan kembali Visit Indonesia Year 2008. Lalu
                        bagaimana dengan promosi wisata dari Kuta Kemulihen ¡§ Taneh Karo
                        Simalem¡¨ terkait dengan VIY 2008 ini?

                        Nomi menuliskan:¡¨ Memajukan pariwisata sangat membutuhkan komitmen
                        dan juga semangat yang tinggi dan tidak cepat menyerah. Memang selalu
                        butuh kerjasama dengan pemerintah..

                        Jadi, bagaimana sudah kesiapan dari ¡§Bapa-Bapanta Sinigugung¡¨
                        mempromosikan Karo Simalem dengan segala potensi yang dimiliki. Semoga
                        tidak ada indikasi diantara para petinggi Karo, ¡§Sila mbaba uang
                        masuk man banta ndai kap e!¡¨ dalam arti buat keuntungan pribadinya
                        saja. Beberapa tahun sudah tidak ada lagi gaung Pesta Budaya Mejuah Juah
                        dan juga Pesta Bunga dan Buah di Kabupaten Karo. Disamping itu, tidak
                        adanya kesadaran yang ditumbuhkembangkan kepada masyarakat pelaku wisata
                        berupa arahan maupun pelatihan manajemen wisata dari instansi terkait
                        membuat geliat wisata di Karo semakin terpuruk. Yang ada Cuma tren
                        kunjungan kerja atau studi banding untuk melihat pengelolaan wisata ke
                        kota lain dari para pejabat , setelah itu ¡§what?¡¨. (ya, paling
                        cerita dan tunjukin poto-poto kepada kelurga dan rekan-rekan di kantor
                        kali ya?...sentabi nake!)

                        Membawa tim kesenian ke luar daerah maupun keluar negeri, bisa jadi
                        membawa ketertarikan bagi orang yang melihatnya. Lantas, bagaimana
                        setelah aktraksi budaya itu berlalu? Apakah disiapkan pegelaran seni
                        budaya di wilayah Karo? Apakah ditindak lanjuti dengan pembenahan
                        fasilitas dan sarana di lokasi wisata yang ada? Apakah diberikan
                        pelatihan dan pembinaan manajemen kepada pelaku wisata di Karo? Apakah
                        masyarakat di didik untuk sadar wisata dengan menjaga kebersihan dan
                        merawat fasilitas yang telah ada? Dan seterusnya¡K..(gedang denga nge
                        me kin?!)

                        Jangankan dengan Trully-nya Asia oleh Malaysia, dengan beberapa daerah
                        tujuan wisata yang lain saja kita masih jauh¡Kachh!! Sangat jauh
                        tertinggal!

                        Masih teringat puluhan tahun yang lalu, sekitar tahun 80-an saat Pesta
                        Mejuah Juah untuk pertama sekali digelar di ¡§Tanah Lapang Kuda¡¨
                        (lokasi open stage mejuah juah sekarang ini). Ketika itu lokasi itu
                        dipenuhi dengan pertunjukan dan aktraksi budaya Karo secara lengkap.
                        Tidak hanya berupa pagelaran budaya tetapi juga pemajangan bentuk-bentuk
                        ornamen dan kelengkapan yang merupakan bagian dari kebiasaan Suku Karo.
                        Misalnya pantar (gubuk yang dibangun agak tinggi di sawah/ladang yang
                        sedang ditanami padi tempat untuk menghalau burung) lengkap dengan
                        kap-kapnya (terbuat dari bambu yang dibelah sedemikian rupa sehingga
                        dapat mengeluarkan bunyi dengan menggerakkanya yang dihubungkan dengan
                        pantar untuk menghalau burung), lige, jambur, tampak depan rumah adat
                        Karo lengkap dengan ture-nya, dsb. Bahkan salah satu pagelaran budaya
                        yang dipertontonkan adalah ¡§ngerintak kayu¡¨ dengan filososi
                        kebersamaan dan semangat gotong-royong. Juga ada lomba naki-naki di
                        ture, lomba mbayu amak mbentar dan sebagainya. Sehingga pagelaran itu
                        sungguh memberi arti kepada pengunjung terlebih kepada kaum muda untuk
                        dapat mengerti dan belajar akan sebagian dari budaya Karo.

                        Lokasi wisata misalnya, begitu banyaknya ¡§ kerna si e kuakap enggom
                        sieteh kerina me kin nake?!¡¨ Hanya, bagaimana pembenahan dan
                        penataan lokasi wisata itu telah dilakukan oleh para pejabat di
                        Kabupaten Karo. Hal ini masih perlu dipertanyakan secara mendalam.
                        Misalnya, Gua ¡§Liang Dahar¡¨ di sekitar Lau Buluh. Sempat
                        bertanya-tanya juga ¡§Liang Dahar, uga nge ndia berita kena?¡¨ dan
                        mungkin masih banyak lagi tempat-tempat lain yang menarik untuk
                        dikunjungi di Kabupaten Karo tetapi perlu pembenahan secara serius.

                        Namun begitu, tidak sepenuhnya juga semua ini adalah kelalaian
                        ¡§tuan-tuan¡¨ yang terkait di Pemkab Karo. Peran serta masyarakat
                        juga membuat kita kehilangan orientasi wisata di Kabupaten Karo.
                        Bagaimana masyarakat Karo yang notabene adalah aku, anda, kita semua
                        menjaga dan melestarikan peninggalan budaya suku kita. Emaka labo kuakap
                        salah adi kataken, ¡§beluh kita mbagunsa tapi la kita ngasup njaga
                        ras pekena-kenasa!¡¨. Beberapa tahun lagi, mungkin anak dan cucu kita
                        tidak dapat lagi melihat rumah adat Karo ¡§Si Waluh Jabu¡¨ berdiri
                        kokoh di kesain kuta, di wilayah Karo itu sendiri. Piga nari nge kalak
                        Karo si beluh mbayu uis sinikataken uis kalak Karo? Piga nari nge si
                        beluh erbahan sarune, kulcapi, keteng-keteng, balobat, surdam ras
                        sibeluh makesa? Ketidakperdulian masyarakat ini semakin ditambah dengan
                        sikap apatis sebagian besar masyarakat Karo dengan budaya-nya. Suka atau
                        tidak suka begitulah kita, seolah-olah ¡§si la man rananken siakap
                        kerna pekena-kena adat budaya-nta enda¡¨. Sehingga tidak heran satu
                        persatu warisan budaya baik berupa benda, keahlian dan adat istiadat
                        mulai lenyap, hilang bagai ditelan bumi.

                        Di belahan dunia lain, tempat yang pernah kita kunjungi betapa
                        masyarakat dan pemerintahnya begitu peduli dan atusias menjaga
                        kebudayaan mereka. Baik benda, keahlian dan adat istiadatnya masih tetap
                        bertahan. Tanda mata khas dari daerah tersebut dengan mudah dapat kita
                        jumpai di lokasi wisata mereka. Pelayanan publik yang sedemikian rupa
                        membuat kita betah dan ingin berkunjung kembali.

                        Bersyukur beberapa diantara kita masih begitu besar kepedulian dan
                        perhatiaannya akan masalah kebudayaan ini. Sehingga mereka masih
                        berusaha menjaga, melestarikan dan membenahinya. Promosi wisata di Karo
                        tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen di dalamnya. Benar kata
                        Nomi, butuh komitmen yang mengakar kuat untuk memajukan wisata di Karo
                        Simalem. Lirik lagu dalam Taneh Karo Simalem, ¡§¡Kmbelang kal kap
                        beritana sebelang-belang dunia¡K¡¨ Wisata Karo bangkitlah kembali,
                        semoga!

                        Sentabi ras Mejuah juah,

                        Erdian Sembiring- Perberastagi.