Joy Harlim Sinuhaji Mengundurkan Diri Sebagai Anggota DPRD Karo

  • moderatorgbkp
    Message 1 of 1 , Aug 1, 2005
      Drs Joy Harlim Sinuhaji Mengundurkan Diri Sebagai Angota DPRD Karo

      Berastagi (SIB)

      Anggota dewan dari Fraksi Bhineka Tunggal Ika yang juga Ketua Komisi
      A DPRD Karo Drs Joy Harlim Sinuhaji menyatakan mundur sebagai wakil
      rakyat, Minggu (31/7) sore di Berastagi. Proses formal pengunduran
      dirinya tersebut segera dilakukan di sekretariat DPRD Karo.

      Pernyataan pengunduran diri tersebut ditegaskannya kepada pers, di
      hadapan sejumlah ketua PAC Partai Patriot Pancasila Tanah Karo dan
      sekitar limapuluh warga simpatisannya. Turut hadir, mantan Ketua DPC
      Pemuda Pancasila Karo Mimbar Tarigan, pengamat politik dari USU Drs
      Wara Sinuhaji MHum, kader partai Ir Bangku Sembiring dan kandidat
      balon bupati dari Partai Patriot Pancasila dr Supredo Kembaren.

      Menurut Joy Harlim, pengunduran dirinya merupakan konsekwensi dan
      bentuk konkrit pertanggungjawaban moral karena dirinya tidak
      sependapat dan satu prinsip dengan kebijakan partainya yang mengusung
      figur balon bupati-wakil bupati yang menurutnya sebenarnya bukan
      pilihan partai. "Saya menyatakan mundur sebagai anggota DPRD Karo
      karena saya merasa tidak mampu memimpin partai dan menahan partai
      dari intervensi pihak luar. Saya mengambil sikap ini untuk
      menunjukkan kepada rakyat bahwa saya konsekwen dengan prinsip saya,
      walaupun saya ditawari sejumlah uang dan ditawarkan menjadi wakil
      bupati (dari pasangan balon pesaingnya), tapi saya tolak." ujarnya
      sambil mengatakan pernyataan pengunduran dirinya itu rencananya juga
      ditegaskan dalam kesempatan rapat paripurna dewan.

      Sebelumnya, seusai melakukan rapat pleno yang diperluas, Sabtu
      hingga Minggu (30-31/7) kemarin di Hotel Sibayak Internasional
      Berastagi, yang turut dihadiri pihak DPW dan DPP partai, DPC Partai
      Patriot Pancasila Kabupaten Karo akhirnya memutuskan mencalonkan
      pasangan Sinar Peranginangin/Surya Peranginangin sebagai calon bupati-
      wakil bupati dari partai itu ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karo.
      Padahal, sebelumnya, Joy Harlim Sinuhaji yang berpasangan dengan dr
      Supredo Kembaren mengklaim sebagai calon dari partai tersebut
      menyusul dilakukannya rapat pleno di Berastagi, di mana pasangan
      tersebut mendapat dukungan mayoritas dari PAC-PAC.

      Menurut Joy Harlim, proses pemilihan dan penetapan pasangan calon
      bupati-wakil bupati dari Partai Patriot Pancasila tersebut tidak
      murni lagi memperhatikan aspirasi mayoritas PAC karena sudah
      diintervensi dari pihak luar.