Paradigma tentang bertuhan ala orang karo di GBKP

  • haryanto bode
    Message 1 of 17 , Apr 7 1:46 AM
      Paradigma tentang bertuhan ala orang karo di GBKP

      Beberapa hari lalu saya menuliskan sebuah kalimat yaitu Paradigma tentang bertuhan ala orang karo di GBKP, didalam posting saya. Kemudian sdr kita dr Frans Barus menulis juga mengenai keluhannya melihat keadaan di gerejanya yang terkait dengan sidang Jemaat. Tetapi dalam hal ini tentunya kita harus mampu memilah antara individu-individu dan Gereja. Karena jelas aturan main gereja itu ada dan seharusnya aturan gereja itu sesuai dengan rencana Tuhan di dalam Alkitab yaitu gereja rohani yaitu Kumpulan kaum kudus. Karena gereja itu adalah bangunan rohani yaitu manusianya, bukan fisik gereja yang lagi banjir di jakarta kemaren berubah fungsi menjadi tempat pengungsian sementara.

      Lalu bagaimana dengan oknumnya, bisa pendeta, pertua-diaken atau jemaat. Selama dia berada diluar penghidupan rohani yang benar, dia bukan bagian dari gereja rohani yang dimaksud oleh GBKP secara rohaniah. Mau dia koak-koak bicara keberhasilan gereja ini dan itu tetapi jika untuk kemuliaan dirinya atau kelompiknya maka kemuliaan itu habis di bumi ini dan tidak menjadi upah yang kekal bagi kerajaan Tuhan. Dan semua model2 kebanggaan dunia lainnya itu tidak masuk dalam bagian kerajaan rohani/ kerajaan surga dan alkitab mengatakan semua itu akan berlalu.

      Saya selalu mengatakan PRINSIP ROHANI, kemaren di Medan dengan pengurus Klasis Medan Delitua saya membuka sekilas Power point mengenai Prinsip Rohani, dan itu konsepnya bulat-bulat dari pengakuan Iman Rasuli yang di aminkan GBKP. Saya coba menerangkan mengenai the New Jerusalem, yang adalah tanah rohani, Spirit Land, dimana di atas tanah rohani itulah gereja-gereja seharusnya di bangun. New Jerusalem itu bukan lagi solid land di tanah Israel sana yang hampir sulit masuk akal bahwa Tuhan akan turun dari Surga untuk menjemput mempelainya di tanah israel yang tidak habis2nya dengan pertikaian, tetapi New Jerusalem itu adalah spirit land yang dapat diterangkan secara logika dan dapat diterima akal secara prinsif rohani.

      GBKP mengajarkan semua kebenaran Alkitab, dari lagu-lagu pujiannya, walaupun sebagian menjebak kita dalam perjanjian lama yang mengakibatkan kita menjadi pendosa yang abadi. GBKP dalam lagu-lagu dan pengakuannya tiap minggu juga Menawarkan kita roh kudus/ kesah sibadia, yang seharusnya membuat kita menjadi semakin hari semakin kudus. Alkitab bilang diubahkan dari kekudusan demi kekudusan (bertambah kudus).

      GBKP juga menawarkan apa yang ditawarkan Alkitab yaitu INTERNAL SPIRIT atau roh yang dalaman, cobalah ikuti dengan seksama liturgi GBKP. Internal Spirit itu seharusnya membuat majelis dan jemaat GBKP itu di penuhi oleh roh kudus, dan roh Kudus itu akan mengubahkan cara berpikir kita (jiwani kita) bahkan keinginan dosa (badani) menjadi keingina Rohani, kasih sukacita dll.

      Jadi Apanya yang salah? Yang salah adalah prakteknya kali. Kalau saya lihat dan bandingkan dengan Gereja lain di sini (TW), GBKP ini sudah terlalu besar setiap runggun, sehingga untuk menciptakan gereja yang diinginkan Tuhan yaitu Gereja dengan Kasih dan Persaudaraan itu sudah semakin sulit. Sementara orang2 yang bekerja diladang Tuhannya masih banyak menggangap sebagai pertua dan diaken atau pendeta adalah menjadi sesuatu yang istimewa dihadapan Tuhan, padahal alkitab menginginkan bahwa yang terbesar di kerajaan Surga adalah yang dianggap terkecil di bumi, bahkan menjadi pelayan bahkan siap mati seperti Tuhan Yesus.

      Bagi saya pribadi utamanya hiduplah di dalam Gereja (hidup didalam Tuhan), belajarlah mencintai diri sendiri, mencintai keluarga, mencintai saudara dalam gereja dan sesama manusia. Alkitab bilang hati manusia adalah Pelita Tuhan, so peliharalah hati.

      Paradigma tentang bertuhan ala orang karo di GBKP, itu kalau saya lihat, adalah Tuhan yang luaran, contohnya kalau sedang kaget malah pangil mamak, andiko nande, bukan ooo Lord Yesus, atau Ya Tuhan Ku. Kalau pangil mamak, roh mamak lah yang datang bukan pertolongan dari Tuhan/ Roh Tuhan (Roma 10, 13)
      Kalau menghadapi masalah bukan berdoa dulu tapi yang dipangil sangkep geluh dan anak beru, dan biasanya malah jadi melebar, padahal di dalam DOA kita kepada TUHAN, ROH Tuhan itu membuat kita lebih tenang dan memampukan kita berpikir positif.
      Kemudia kalau nyanyi di Perkolong-kolong/gendang2 lebih kuat ketimbang nyanyi di gereja, semangat untuk liar lebih besar ketimbang semangat untuk bertekun.

      Memang keinginan berinteraksi dengan Roh Tuhan itu harus dilatih dan inilah salah satu fungsi pendeta (kalau di GBKP), karena pekerjaan Roh Itu nyata bagi manusia yang percaya.
      Ya itulah sebagian, mungkin juga ada yang membawa2 jabatan diluar ke gereja, dan memang ada juga model orang yang petantang-petenteng dan petua-tuaken dll. Tetapi apapun namanya jika kita mau kita jemaat GBKP bisa, ROH Kudus Menjamin dan memampukan kita, itu kata Alkitab.

      Bro. in His name
      Bode Haryanto Tarigan
      NCKU, TW

    • John Fernando
      Message 2 of 17 , Apr 9 7:37 PM
        Mjj,
        Bertbicara mengenai perubahan, sangatlah berkaitan dengan keterbukaan hati, pikiran dan mau merendahkan diri.
        Sepanjang kita masih mersa lebih pintar dan lebih.... dan lebih..., maka hati kita selalu tertutup untuk menerima hal yang baru.\Untuk itu saya sangat setuju, kalau kita berbicara mengenai Kristen, berkaitan dengan kristus dan selanjutnya berhubungan dengan kasih. Kash adalah yang memiliki tempat yang paling utama dalam berkehidupan Kristen.
        Jadu marilah sama sama kita membangun dalam kasih dan dapat memisahkan dengan hati yang jernih antara kesukuan dan Keimanan.
        Dalam kesukuan kita memiliki identitas dan sejarah kehidupan sebagai individu, sedangkan KeKristenan adalah perjalanan kita dalam ber iman, berpengharapan dan mewujudkan dalam Kasih.
        Bujur

        Dolatta Ginting

        haryanto bode <edobtrg@...> wrote:
        Kita tentunya harus mau berubah dan belajar berinteraksi dengan lingkungan yang benar. Kalau memang orang karo memiliki sifat yang kurang baik, maka sebaiknya kita belajar untuk menggubahnya minimal dari diri kita sendiri contohnya masalah bekerja sama sesama orang karo yang dapat dikatakan sangat kurang sekali.

        Menurut saya salah satu yang paling memungkin kan untuk menggubah cara berpikir orang karo adalah Gereja dan kedua pendidikan. Jadi peran serta gereja sangat perlu, paradigma tentang berTuhan ala orang karo di GBKP harus di ubah.

        Sekedar sampingan, Ini Masalah daya juang dan kesempatan melihat peluang, ini ada satu hal yang saya alami saat ini:

        Sejauh ini dari Hasil Seminar Sekolah di TW yang telah dilakukan tgl 19 maret 2007 yang lalu di GBKP bahagia oleh PP dan PKMD, saya hanya mendapat respon dari dua orang peserta hingga saat ini (orang karo) dan baru satu yang sudah mengirim ke sini, yang satu lagi belum mengirim. Dan sudah saya informasikan ke kawan kita dari ITS yang adalah tangan kanan/ mahasiswa/asisten professor yang adalah Dekan untuk di prioritaskan berdasarkan kuota Indonesia.

        Sementara senina kita kalak tapanuli nari, yang tidak tahu saya dari mana dapatnya informasi itu, ada beberapa orang yang mengkontak saya, hingga saat ini memang baru satu juga yang telah menyatakan siap berkas dan tinggal kirim. Sekedar informasi saja, senina kita ini IPnya cuma 2.7 S1, dan dengan gigih dan seperti merayu meminta tolong agar dibantu mencarikan departemen mana yang berpeluang dapat menerima dia. Saya salut dengan kegigihan mereka.

        Bagi saya ini suatu hal yang positif untuk ditiru.

        Yang lain mengatakan masih pikir2. tetapi paling tidak saya melihat ada upaya senina kita ini untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya sekolah di TW, dan mungkin saja dia akan sekolah tahun depan.

        Saya heran juga, tapi saya juga tidak mau berkomentar banyak mengenai hal ini. Sebagai orang kristen tentunya saya akan memberikan yang terbaik kepada siapa saja yang datang meminta pertolongan kepada saya. Jika saat ini mereka yang datang maka merekalah yang perlu dilayani.

        Mengapa mereka mengkontak saya, mengapa mereka bisa mengetahui informasi itu, menurut saya adalah karena Tuhan memberkati dia. Bagi saya masa depan adalah milik Tuhan dan milik orang yang mau bekerja dan berdoa.

        Kalau bicara kekristenan maka kasihlah yang utama, bukan kamu karo ya, kamu batak ya. Tetapi tentunya kita tetap tidak setuju jika ada oknum2 tertentu yang berbuat curang kepada karo demi kepentingan mereka.

        Salam
        BHT, TW

      • haryanto bode
        Message 3 of 17 , Apr 12 3:49 AM
          MJJ

          Saya hanya ingin mengingatkan, bahwa semangat kesukuan itu perlu, tetapi harus didasari oleh semangat yang lebih besar lagi. Contonya semangat suku karo, terhadap semangat sebagai orang SUMUT, semangat sebagai Orang Indonesia, bahkan secara lebih general lagi semangat sebagai orang Kristen.

          Berjiwa besar bukan harus sombong atau rendah diri, tetapi dapat melihat potensi dan kelemahan kita sehingga kita dapat belajar memperbaiki diri dan sehingga dapat menempatkan diri di mana saja kita berada, itu ajaran hidup. Tetapi adalagi yang lebih tinggi dari hanya sekedar ajaran hidup, yaitu ajaran keselamatan yang dapat kita peroleh dari contoh orang-orang percaya dan Tuhan Yesus sendiri. Yang utama adalah kasih, karena tidak ada satupun undang-undang didunia ini yang menentang perbuatan kasih.

          Undang2 lokal tidak boleh bertentangan dengan undang2 yang lebih luas, dan jika bertentangan maka hanya berlaku pada/ditempat itu saja, orang yang terjebak di dalam undang-undang sesunguhnya dia hidup didalam kutukan yang ia buat sendiri. Hidup didalam Tuhan membuat tak ada satupun undang2 yang dapat menghalangi kita. Kasih itu Kekal.
          Kasih itu Harta Surga, modal kita masuk kedalam kerajaan surga,

          Kejarlah kasih kata Rasul Paulus.

          BHT, TW

        • dolata.ginting
          Message 4 of 17 , Apr 13 7:49 AM
            Mjj,

            Secara explicit, apa yang kam kemukakan itu sungguh benar, namun sudahkah
            kita memiliki SDM yang memadai, apakah dalam keimanan kita telah memiliki
            pandangan yang seragam?. Kalu kita lihat, yang dinamakan semangat "pa
            gasing" itu masih sangat mendominasi di dalam bangsa ini, masyaarakat
            pelupa itu masih menjangkiti sebagian besar masyarakat, kebiasaan mendendam
            dan sikap spontan yang kita miliki masih perlu di arahkan. Dalam proses
            perbaikan perlu kita pikirkan dari mulai scope yang terkecil:

            Semua itu perlu diawali dari rumah, disebarkan ke masyarakat sekitar dan
            menularkan ke antar suku sehingga akan menyebar ke seluruh rakyat bangsa
            ini, lalu dapat menjadikan sebagai pedoman hidup yang di akui sebagai salah
            satu identitas bangsa.

            Seperti contoh:

            Penggunaan jam karet, ini sangat erat kaitannya dengan kedisiplinan

            Melakukan tugas masih menunggu perintah, ini berkaitan dengan apa yang
            disebut inisiatif

            Membuat program kerja yang asal jadi , ini berkaitan dengan kreatifitas,

            Pengetahuan dalam bahasa dan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing
            masih perlu peningkatan.("masa seorang serjana belum mampu berbicara dalam
            bahasa asing secara memadai" Bagaimana harus menerima dan memberi informasi
            yang berasal dari bahasa lain yang mungkin itu memberi dampak positif kepada
            peningkatan kwalitas diri.?)

            Memang kedengarannya klise, namun sebagai sebuah suku bangsa yang ingin
            menjadi bagian dari bangsa yang mumpuni, kita perlu selalu bercermin kearah
            yang positif tanpa meninggalkan nilai-nilai kesukuan yang positif sebagai
            identitas yang nyata kemanapun kita pergi. Bukan menjadi "sukuist" karena
            seseorang yang sukuist akan mempersempit ruang gerak kehidupannya sendiri
            dan mungkin saja mempersempit wawasannya.

            Juga sudah barang tentu kita mestinya memiliki kesadaran untuk selalu
            mengembangkan kemampuan diri dalam hal kemajuan baik dalam bersosialisasi
            maupun dalam mengemban tugas yang dibebankan dengan penuh rasa tanggung
            jawab, toleransi dan yang terpenting tentunya didasari oleh Kasih.

            Bujur

            Dolatta Ginting

            _____

            John Fernando <donjuan0391@ <mailto:donjuan0391%40yahoo.com> yahoo.com>

            haryanto bode <edobtrg@yahoo. <mailto:edobtrg%40yahoo.com> com> wrote:
[...]

            Send instant messages to your online friends http://uk.messenger
            <http://uk.messenger.yahoo.com> .yahoo.com

          • haryanto bode
            Message 5 of 17 , Apr 14 4:56 AM
              Bage kin Pak Guru, tuhunindu e, jadi enda kerina menjadi tugas rumahta selaku kalak karo yang sedikit lebih beruntung, terhadap orang karo yang lain bahkan sesama manusia yang kurang beruntung.

              Bagaimana caranya lihatlah kesempatan yang ada disekeliling kita, dan jika memungkinkan ajak mereka semua menghampiri peluang itu.

              Secara bodoh2 saja kita berpikirlah, Mana lebih senang kita hidup ditengah tengah saudara kita yang berkekurangan ketimbang dengan saudara disekitar kita yang dapat hidup layak? kan tentunya dengan saudara kita yang dapat hidup layak. oleh karena itu bantulah mereka, lihat kesempatan disekitar kita, ajak mereka menghampiri kesempatan itu. semoga saja ada yang berhasil. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.

              Salam
              BHT, TW