GBKP melakukan fund rising malam ini di medan

  • nomi sinulingga
    Message 1 of 9 , Jul 2, 2011
      Tidak bisa menghadiri undangan moderamen yg melakukan fund rising malam ini. Tapi gak papalah share sama teman2 yg aku tahu sedikit tentang kegiatan ini. Siapa tahu nanti ada yg nambahi, jadi makan bnyk info kegiatan ini yg kita tahu.

      Target yg mau dicapai 1M untuk mendukung pelayanan GBKP. Diantara program yg perlu didukung adalah meng-S1 kan pdt2 sebanyak 46 orang, mendukung pelayanan detaser dan mendukung program tanggul bencana. Masih ada program yg lain, bagi yg tahu bisa koreksi kalo yg saya informasikan ini salah.

      Beberapa wkt yg lalu saya berbincang2 dgn bendum modramen. Bibik ini cerita kalo runggun yg mendukung pelayanan detaser cuma Rg BANDUNG TIMUR. Plok..plok..plok. Senang dan sedih dengarnya. Senang karena saya eks permata bandung. Sedih karena begitu bnyknya Rg2 yg kuat di GBKP ini tapi belum melirik membantu pelayanan detaser. RG BANDUNG TIMUR, yg setahu saya belum ada gedung gerejanya (ralat kalo saya salah) sudah mendukung pelayanan detaser 3 orang rutin setiap bulan. Mereka mentransfer 1,5jt lewat modramen untuk diteruskan ke detaser yg di dukung.

      Saya sebenarnya yakin kalo banyak jemaat gbkp yg rindu mendukung pelayanan yg jelas bagi mereka. Tapi mungkin sering mereka tidak mendapatkan informasi yg jelas tentang pelayanan yg perlu didukung. Kalo memberi ke gereja, kas runggun numpuk aja nya di rekening runggun. Kenapa saya yakin, karena saya juga sangat tahu kalo di milis ini banyak yg murah hati dan mau memberi. Ada abang yg setahun ini membiayai guru untuk membantu anak2 di buluh awar. Ada juga abang yg sudah beberapa kali memberi untuk pembangunan gereja di kuta2 tanah karo. Penampat siberekenndu sange mis kel mompa semangat panitia pembangunen bang. Kalian menjadi jawaban doa bagi teman2 disini. Sori kalo saya senggol kena sitik nake..hehe.

      Siialoken sekalak detaser sekitar 500ribu sebulan. Adi bergerak kita kerina ras2, seh kel buena banci sisampati.

      Ertoto aku gelah sukses acara fund rising berngi enda mempermuliaken gelar Tuhan.

      Bujur
      Nomi sinulingga
    • alexgint@gmail.com
      Message 2 of 9 , Jul 2, 2011
        Keadaan ini sebagai akibat Sidang Sinode GBKP SukaMakmur yang tidak mengkaji secara taktis dan strategis tentang program pendidikan berkelanjutan pendeta dan program PI melalui tenaga detaser. Seharusnya Moderamen GBKP hanya mengurusi di level kebijakan strategis dan teknis sesuai Tata Gereja, Garis Besar Pelayanan GBKP dan Keputusan Sinode. Moderamen melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) agar Gereja bertumbuh baik di Desa dan Kota. Moderamen menerapkan Misi dan Visi ter implementasi dengan baik agar jemaat menjadi " nggeluh bagi kula ni Kristus ". Untuk dana PI dan dana pendidikan SDM Pendeta seharusnya dibentuk badan pelaksana yang bekerja terus menerus untuk program dan anggaran. Badan Pelaksana bertanggungjawab ke Moderamen. Badan Pelaksana akan bekerja dan menjual program ke Klasis dan Runggun yang berkesinambungan. Badan pelaksana memanfaatkan dana pihak ke 3 seperti CSR, Pemerintah , dan berbagai dana NGO dan partnership yang tidak mengikat. Sebagaimana kita ingat Departemen Parpem GBKP bisa bergerak leluasa di era '80 an , demikian juga seharusnya untuk PI dan Pendidikan Berkelanjutan Pendeta . Melaksanakan Fund Raiser di Medan kesannya : tidak terprogram, tidak berkelanjutan dan sesaat. Apalagi ada keputusan Sinode yang prematur untuk menjual rumah Zending Jl Samanhudi 16 ,Polonia Medan ( ex Pdt Van de Bent ) hanya demi penyediaan anggaran sesaat dan mengabaikan nilai nilai historis Gereja yang mencerminkan rasa gentar dan khwatir dalam mengelola anggaran Gereja...... Mejuah juah ras Syaloom ***
        Powered by Telkomsel BlackBerry®
      • simson m. gintings
        Message 3 of 9 , Jul 3, 2011

          Nomi, mau tanya, kegiatan "fund rising" yg dilaksanakan oleh Modramen itu dalam bentuk apa kira-kira ya?

          Program itu saya kira bagus dlm rangka meningkatkan SDM. Hanya saja metode penggalangan dana utk pelaksanaan program itu yg jemaat luas perlu tahu dan bagaimana mereka bisa berpartisipasi.

          Semoga metode penggalangan dana oleh moderamen  tidak seperti formula lama  "mudah dan hasilnya banyak".

          sg

          Message 4 of 9 , Jul 3, 2011
            Sebenarnya konteksnya adalah tulisan sebelumnya dari Alex Ginting, walaupun saya menanggapi posting Nomi.

            Tapi terlepas dari itu, kan perlu juga kita tahu bagaimana caranya kalau ada yg mau berpartisipasi, terlepas dari konsep itu  cocok/mengena kita rasa atau tidak.

            sg

              Message 6 of 9 , Jul 3, 2011
                Mejuah2 ma.. Aku pe situhuna tertarik kel reh ke fund rising e kemarin. Hanya saja karena kondisi punya bayi dan enggak ada orang di rumah, jadi enggak bisa datang..

                Emaka uga bentuk fund rising e kurang jelas nge ku eteh. Hanya saja di undangan ije lit hiburen si imeriahken Joy Tobing, Rita butar2 dan jemaat GBKP yang memiliki kemampuan entertain (Ourel, Melita Meliala, dll).

                Uga kin maksudnya fund rising si "mudah dan hasilnya  banyak" e ma ?

                bujur melala
                Nomi

                Message 7 of 9 , Jul 3, 2011
                  MEjuah2 bang Jus
                  uga maksudnya konsisten e bang jus ?
                  Adi nggit nampati pembangunan gedung gereja "untuk kita" maka konsisten kita ije saja ?
                  atau adi nampati kin ateta konsisten kita nampati terlepas ke pembangunan gedung gereja atau meningkatkan sdm ? konsisten si bagenda?

                  ada juga yang kalau tergerak pusuhna, si ugapape bentukna isampatina nge...

                  SOri bang, minta penjelassan tentang konsisten..hehehe

                  piss..

                  Nomi

                  Message 8 of 9 , Jul 4, 2011

                    Mejuah juah man banta kerina.

                    1.  Fund Rising oleh moderamen dilakukan Sabtu, 2 Juli’11 yang lalu hanya dilakukan untuk daerah klasis klasis di Sumut.

                    Namun demikian ada juga beberapa jemaat di klasis Jakarta Banten dan Klasis Jakarta Bandung yang dihubungi (via telpon atau sms) untuk memberikan persembahan.

                    Mungkin Pt.Ananta Purba atau bibi Kristiani br Ginting (Bendahara Moderamen) dapat memberikan no rekening Panitia, agar supaya beberapa jemaat yg ada di milis ini seperti SG, JG, AG,dan yang lainnya  yang ingin memberikan persembahan dapat mengirimkannya.

                    2.  Menarik dan baik usulan Alex Ginting bahwa "dibentuk badan pelaksana yang bekerja terus menerus untuk program dan anggaran. Badan pelaksana memanfaatkan dana pihak ke 3 seperti CSR, Pemerintah , dan berbagai dana NGO dan partnership yang tidak mengikat."

                    Dari tahun ke tahun banyak terbentuk Panitia panitia Pengumpulan Dana baik tingkat Runggun, Klasis dan Sinode, dan secara rata rata hampir 92% persembahan tsb dari Jemaat GBKP bukan dari Jemaat Non GBKP. (Waktu pengumpulan dana Rg.Pengumben cukup besar persembahan dari Non GBKP diatas 25%).

                    3.  Untuk mengkonkritkan usulan diatas, berkenan kiranya Alex Ginting memberikan gambaran tentang Badan Pelaksana tsb a.l : Scope of Works, Nama nama Pelaksana yang dirasa kompeten, nama nama Instansi yang bisa diminta CSR maupun nama nama NGO.

                    Gambaran ini bisa langsung diemailkan melalui Japri ke Pt.Ananta atau bibi Kristiani br Ginting.

                    4.  Mohon maaf, kalau kami terlalu berani menyampaikan permintaan ini, karena semuanya ini didasari pengalaman tahun 2006 saat Fund Rising dibuat di Jakarta (Region Jawa), di Medan (Region Sumut) dan di Pekanbaru, yakni untuk pengumpulan dana pembelian Tanah di Taman Jubileum, Sukamakmur.

                    Waktu itu seorang Jemaat GBKP memberikan masukan melalui Japri ke Bendahara dan Ketua Moderamen disertai beberapa data pendukung, lalu di bahas dan diolah di Moderamen, dan dilaksanakanlah Fund Rising tsb. Jadi prosesnya lebih cepat

                    5.  Diyakini dengan adanya data data pendukung, usulan tsb dimungkinkan untuk terealisasi lebih cepat dan tidak hanya dalam bentuk wacana.

                    Harapan kita pengumpulan dana GBKP tidak hanya dari Jemaat GBKP tapi juga dari Non GBKP.

                    Tabi ras mejuah juah.

                    Salam.

                    Irianto Tarigan

[...]

                    <*> Your email settings:
                        Individual Email | Traditional

                    <*> To change settings online go to:
                        (Yahoo! ID required)

                    <*> To change settings via email:
                        gbkp-digest@yahoogroups.com
                        gbkp-fullfeatured@yahoogroups.com

                        http://docs.yahoo.com/info/terms/

                  • simson m. gintings
                    Message 9 of 9 , Jul 4, 2011
                      Tentu sangat baik kalau ada upaya untuk menyusun satu konsep yang komperehensif dan terstruktur berkaitan dgn kegiatan penggalangan/pengumpulan dana.

                      Sementara itu, bagi yg tergerak utk berpartisipasi memberikan persembahena, mehuli adi ipebetehken kuja ikirimken.

                      sg