Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Nama2Karo

Expand Messages
  • mates tesa
    Sharing nama kami yang di beri Bapak : Reza Bania = dari reh ku jah per ban ia Nia Minola = dari nin ia ola min sia-sia Mahendra Tlapta = dari maenda tlapta
    Message 1 of 1 , Apr 13, 2010
    • 0 Attachment
      Sharing nama kami yang di beri Bapak :

      Reza Bania = dari reh ku jah per ban ia
      Nia Minola = dari nin ia ola min sia-sia
      Mahendra Tlapta = dari maenda tlapta
      Erna Lemita = dari per ban ia malem ate ta
      Erma Luyta = dari ermalem ate ta (gak ingat persis)

      Salam,
      Mahendra Sitepu




      From: Toto Abraham <toto.trg@...>
      To: permata-gbkp@yahoogroups.com
      Sent: Tue, April 13, 2010 4:27:22 PM
      Subject: Re: [permata-gbkp] Re: [komunitaskaro] Re: [tanahkaro] Re: Nama2Karo

       

      nama Meyza Blazarh , atau Qurshi Gouyanx, atau Bhankyu Leevat.
      ini baru jile2.


      2010/4/13 benyamin sembiring <benyaminsembiring@ yahoo.co. id>


      aku ngelihat ini sebagai "jile-jile" saja (benar gak ya bahasa karonya)
      orang karo sangat suka jile-jile

      contoh, di mobil sering kita lihat tulisan "rimo mulana" dll
      begitu juga kelihatannya nama-nama ini, banyak sekali nama karo yg di modifikasi, bagus sih, ketimbang nama-nama ortu kita dulu
      tapi jangan sekedar jile-jile saja, gelah teridah kalak karo. jadikan nama menjadi sebuah pengharapan, bukan sekedar ikut-ikutan saja.

      dari contoh nama yg diberikan banyak yg memodifikasi kata-kata/bahasa karo, walaupun sebenarnya hampir sama maknanya dgn nama meja, kursi, bangku dll. cuma sekarang yang dipilih adalah kata-kata yg lagi trend, enak didengar dan baguslah.


      salam
      benz





      Dari: Eethore <eethore@gmail. com>
      Kepada: permata-gbkp@ yahoogroups. com
      Terkirim: Sel, 13 April, 2010 10:58:20
      Judul: Re: [permata-gbkp] Re: [komunitaskaro] Re: [tanahkaro] Re: Nama2Karo

       

      bapak-bapak lagi narsis mode=on.

      hehehe...

      keren-keren namanya :)
      salut.

      setidaknya sudah banyak perubahan.
      kalau dulu kasih nama pintu, kursi, jendela, meja...
      sekarang sudah lebih 'pujangga' lah







       

      Gelar anak kami:
      Alexia Talitha Cymbeline (talitha : pengiket, Cymbeline: Siluar biasa)

      Benaya Quinn Agikakana (agikakana)

      Piss

      Powered by Telkomsel BlackBerry®


      From: "Ginting, Juspri" <juspri.ginting@ philips.com>
      Date: Mon, 12 Apr 2010 14:25:50 +0200
      Subject: RE: [permata-gbkp] Re: [komunitaskaro] Re: [tanahkaro] Re: Nama2 Karo

       

      Anugrah Tuhan di keluarga kami, kami beri nama : Iglary Je Carol (Je singkatan nama papa dan mamanya walaupun di karo artinya ‘ada’ , awalnya mau Carolaf ~ cinta karo tapi takut kepanjangan) .

      Semoga nama ini original J

       

       

      From: permata-gbkp@ yahoogroups. com [mailto:permata-gbkp@ yahoogroups. com] On Behalf Of Kaban Kaban
      Sent: 2010 Apr 10 10:40 PM
      To: permata-gbkp@ yahoogroups. com
      Cc: komunitaskaro@ yahoogroups. com
      Subject: [permata-gbkp] Re: [komunitaskaro] Re: [tanahkaro] Re: Nama2 Karo

       

       

      Mjj,

      Bujur man postinganndu enda.

      Beberapa minggu yang lalu adik saya melahirkan. Sejak sebelum kelahiran, adik saya dan suaminya sepakat memberikan sebuah nama karo dikarenakan ketiga anak mereka sebelumnya tidak ada nama karo. Yah.. mungkin karena adik saya dan suaminya beda suku, adik saya kalak karo sedangkan suaminya kalak teba. Jadi mereka cari jalan tengah dan memberikan nama ketiga anak sebelumnya diluar nama karo ataupun toba. Inilah nama ketiga keponakan saya Reno, David dan Franz. Jagoan semuanya. Yang baru lahir ini akan diberikan nama karo dan toba (paduan kedua ortunya). Semuanya sibuk cari nama karo yang akan digabung dengan nama toba. Sibuk memadupadankan agar namanya serasi. Akhirnya setelah berembuk dengan orangtua, dipilihlah nama untuk keponakan saya, jagoan yang keempat yaitu "Reiko Rani Parasian" (Rani adalah bahasa karo artinya panen dan Parasian adalah bahasa toba artinya pengasih). Harapan kita, hidupnya diberkati Tuhan dengan kelimpahan namun tidak melupakan kasih kepada Tuhan dan sesama.
       
      Seandainya saya membaca postingandu ini sebelumnya, mungkin kami bisa pilih dari sini. Tapi tidak ada kata terlambat.. khusus buat permata yang akan menikah dan nanti akan punya anak ..bisa dong simpan nama-nama karo ini . Wow.. saya membaca ada nama saya (maklum nama saya karo bangetsss... Ita Ernala br Kaban).. Kayaknya yang bernama "Ita" pasti parasnya manis.. manis deh :)

       

      Bujur :)



      --- On Tue, 4/6/10, Kikin Tarigan <kikintarigan@ yahoo.com> wrote:


      From: Kikin Tarigan <kikintarigan@ yahoo.com>
      Subject: [komunitaskaro] Re: [tanahkaro] Re: Nama2 Karo
      To: "Tanah Karo" <tanahkaro@yahoogrou ps.com>
      Cc: "Infokaro" <infokaro@yahoogroup s.com>, "KOMUNITAS KARO" <komunitaskaro@ yahoogroups. com>

      Date: Tuesday, April 6, 2010, 11:31 PM

       

      Mjjh permilis,

      Bagi sinikataken Senina BHT, lit nge sada filosofi ibas erban gelar e.

      Bas kita kalak Karo pantang nggelari orang tua, banci turah jong bas igong. Bage me nina orang tuanta mbarenda.

      Dasar posting enda, lit me sada 'status' FB's J br D: " Sedang cari nama karo(co/ce), sumbang saran dong.." Bage me nina...

      Ncage posting Bp SP: "Nipi (kai nge cakap si payo nuriken "impian", "I have a dream" nina MLK): Aksara Karo lit ibas font/sign/huruf ibas MS Word."

      Ih nina ukurku..., uga kin cakap Karo enda ndai??? Si litna pe lanai siangkai, si lalitna la tertambahi?? Uga me pagi???

      Sambil melihat-lihat koleksi, juga saya search beberapa nama kalak Karo dalam FB.

      Ih...nina ka ukurku, nggo menda berubah Karo enda ndai. Lit menda perubahanna. Kalau kita tarik mundur, sejak nama2 'aneh' urun kalak Karo: Suang, Ngerbo, Goda, Corah, Jengok, Ndua, Batu, Ombar, Nongkah rsdb (apa artinya???) sampai nama2 funky dan ngepop ala ABG sekarang Ithinx, Baroos, Thikoezz, d'Parry (termasuk Igan Brecca he he.)

      Lit me sada relasi (dugaan saya) kinikaron Kalak karo enda ras masa serta kehidupenna.

      Sedikit sharing, Opong dan nini opong namanya: Malem-Ngena, Laki ras Iting: Nerusi-Terangka, Bapak dan Mamak; Jem-Jenda he he... Kakaku Litna-Mbue silihlu Modal-Kongsi. .beberengku Hartanta, saya dan istri: Kikin-Erni.. .. He he...cukup lucu kan??

      Ada perubahan dari masa ke masa. Kondisi riil, kemakmuran, kesusahan, pragmatisme, hilangnya identitas dll yg menunjukkan Karo berinteraksi dg lingkungannya.

      Cukup menarik, tidak ada yg dipermalukan. Ini adalah realita zaman...dan sebagai anak zaman, kita BERHAK melakukan sesuatu.

      Kembali ke Karo-Baru, -gagasan revitalisasi dan reinventing serta rekonstruksi Karo-, sdh ada beberapa nama Karo, bagi yg tertarik silakan menambahinya:


      Atan
      Ateta
      Atena
      Aaron
      Aloina
      Aginta
      Arenda
      Andiko
      Arikena
      Alemina

      Bana
      Babo
      Breta
      Brena
      Begina
      Buiena
      Brenda
      Bashya
      Bregita
      Belinna
      Bastanta
      Bazquita

      Carlo
      Charotta
      Cindyloken

      Deba.
      Dame
      Dalan/Dalin

      Enda
      Eikel
      Eigia
      Ersada
      Eimeninta
      Emeia/Emiya

      Haga

      Gegeh
      Geluhta

      Ita
      Ithink
      Idonta
      Impalta
      Iapulina

      Joreita
      Jeimeia
      Jhileyna

      Kalita
      Kennan
      Karolina
      Katikana
      Kerenina

      Latran
      Loviga

      Maba
      Mbacar
      Mechiho
      Meninta

      Nina
      Ninta
      Nioga
      Neguita
      Namitha

      Oseina

      Payo
      Pinta
      Paula
      Pehulisa
      Pepayosa

      Rimta
      Rasita
      Roseita
      Rakutta
      Rimanta
      Rasmeita
      Rehulina

      Sekula
      Satrasa
      Sri/Seri
      Sadakata
      Surantha
      Salsalina
      Shumagan

      Toto
      Tanta
      Tamyna
      Teguita
      Terulin
      Tiganna
      Timanta
      Ternalem

      Ulihta
      Ulina/Ulin

      Zekita
      Zhumaita

      Zhiangkan Minita Nakhe..!!!


      Bujur...

      Igan Brecca®


      From: "katepul" <katepul@yahoo. com>

      Date: Tue, 06 Apr 2010 08:40:35 -0000

      To: <tanahkaro@yahoogrou ps.com>

      Subject: [tanahkaro] Re: Nama2 Karo

       

       

      Hi kade-kade... .

      Pernah nggak dengar nama ?

      Larose ( baca : La Roos), France, kalau nggak salah nulisnya LaRose.
      Ulina, (Ina)
      Rehbelinna,( Lina)
      Ia Me Ninta.(Ninta, nita)
      Arikena (ari)
      Andiko.(andi)
      Aricokeina.( ari,keina)
      Arenda(enda)
      Karina.(rina)

      Emia Pepayosa.(cha- cha.., ponakankua)
      Egia (egi, ponakanku)
      Ari Ersada( Ersa, ponakanku)
      Sadarih.(ponakannku )
      Sadariah(my real name, cakep kan?, Ria).
      Nama bang JG, Rimanta. (kalau perempuan, boleh Rima panggil Rima)
      Ita Apulina( ita)( manis khan?).
      Timanta.(ima, Tim)
      Ternalem.( alem)
      Ulinsip.(Uli)

      Nama ya juga kalak Karo..., La pernah bangga dengan Tanah KAro. LAgu tanah Karo si MAlem, tak pernah tertanam di hatiya...
      Kasihaaaaaan.

      Nggak tahu deh isi FB, ttg nama Karo....Kalau isinya ttg nama karo yang kurang keren, cakep dsb, berarti, seri ras enciduri langit ndabuh ku ayo...., tak tahu diri.

      Temanku dari Turki namanya Guzel, artinya cantik, jelita.

      Tambah lagi ya..., nama-nama karo yang maniiiiiiiis! !!!

       



      The information contained in this message may be confidential and legally protected under applicable law. The message is intended solely for the addressee(s) . If you are not the intended recipient, you are hereby notified that any use, forwarding, dissemination, or reproduction of this message is strictly prohibited and may be unlawful. If you are not the intended recipient, please contact the sender by return e-mail and destroy all copies of the original message.


      ____________ _________ _________ _________ _________ __
      Apakah Anda Yahoo!?
      Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
      http://id.mail. yahoo.com



    Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.