Re: [forum-pajak] Jangka waktu kompensasi kelebihan bayar PPN

  • Fatonah Tulfurkon
    Message 1 of 14 , Apr 30, 2011
      mungkin ini bisa membantu...

      Pengusaha Kena Pajak dapat melakukan kompensasi PPN sampai batas waktu tidak
      terhingga karena tidak ada peraturan perpajakan yang membatasi jangka
      waktu kompensasi tersebut.

      Namun untuk restitusi PPN, Peraturan pajak membatasi adanya restitusi PPN
      sebagaimana diatur dalam UU Nomor 42 tahun 2009 jo Peraturan Menteri
      Keuangan Nomor 72/PMK.03/2010. Ketentuan restitusi PPN dalam peraturan
      perpajakan adalah sebagai berikut:

      1.    PKP yang dapat melakukan restitusi PPN untuk setiap masa pajak adalah sebagai  berikut:
      * Pengusaha Kena Pajak yang melakukan ekspor Barang Kena Pajak Berwujud;
      * Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak kepada Pemungut Pajak Pertambahan Nilai;
      * Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau
      penyerahan Jasa Kena Pajak yang Pajak Pertambahan Nilainya tidak dipungut;
      * Pengusaha Kena Pajak yang melakukan ekspor Barang Kena Pajak Tidak Berwujud;
      * Pengusaha Kena Pajak yang melakukan ekspor Jasa Kena Pajak; dan/atau
      * Pengusaha Kena Pajak dalam tahap belum berproduksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (2a) Undang-Undang PPN.

      2.    PKP yang tidak termasuk dalam kategori tersebut hanya dapat melakukan restitusi PPN pada akhir tahun saja.

      Prosedur Restitusi
      PKP dapat mengajukan restitusi dengan menggunakan prosedur sebagai berikut:
      * Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilaiyang mencantumkan tanda permohonan pengembalian kelebihan Pajak dengan cara mengisi kolom "Dikembalikan (restitusi)"; atau

      * Surat permohonan tersendiri, apabila kolom "Dikembalikan (restitusi)" dalam Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai tidak diisi atau tidak mencantumkan
      tanda permohonan pengembalian kelebihan Pajak.

      Selanjutnya KPP akan melakukan penelitian atau pemeriksaan. Penelitian akan dilakukan untuk PKP yang termasuk dalam kategori:
      1. Pengusaha Kena Pajak kriteria tertentusebagaimana dimaksud dalam Pasal 17C Undang-Undang KUP, yaitu:

      * tepat waktu dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan;
      * tidak mempunyai tunggakan pajak untuk semua jenis pajak, kecuali
      tunggakan pajak yang telah memperoleh izin untuk mengangsur atau
      menunda pembayaran pajak;
      * Laporan Keuangan diaudit oleh Akuntan Publik atau lembaga pengawasan
      keuangan pemerintah dengan pendapat Wajar Tanpa Pengecualian
      selama 3 (tiga) tahun berturut-turut; dan
      * tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana di bidang
      perpajakan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terakhir.
      2. Pengusaha Kena Pajak yang memenuhi persyaratan tertentusebagaimana dimaksud dalam Pasal 17D Undang-Undang KUP, yaitu:

      * * Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas;
      * Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas
      dengan jumlah peredaran usaha dan jumlah lebih bayar sampai dengan jumlah tertentu;
      * Wajib Pajak badan dengan jumlah peredaran usaha dan jumlah lebih bayar sampai dengan jumlah tertentu; atau
      * Pengusaha Kena Pajak yang menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa Pajak
      Pertambahan Nilai dengan jumlah penyerahan dan jumlah lebih bayar
      sampai dengan jumlah tertentu.
      Atau;
            3. Pengusaha Kena Pajak berisiko rendahsebagaimana dimaksud
              dalam Pasal 9 ayat (4c) Undang-Undang PPN, yaitu:
> [...]
      > * Pengusaha Kena Pajak dalam tahap belum berproduksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (2a) Undang-Undang PPN.

      Selain PKP yang tidak termasuk dalam kriteria tersebut diatas dalam pasal 17C, 17D UU KUP dan (4c) UU PPN, mekanisme restitusi dilakukan dengan pemeriksaan pajak.

      intinya mah mau sampe 2012 (ahahah abis kabarnya mau kiamat sih) juga bisa

      *just kidding intermezo aja*

      Sumber : wartapajak.com

      ________________________________
      Message 2 of 14 , May 1, 2011
        Masak sih, k
        Sepertinya masih boleh, konpensasi, ketahun berikutnya, yg tdlk boleh, ambil restitusi ppn, tengah tahun, atau setiap saay, hrs masa desember , laporan lebih bayar di restitusikan, semoga bermanfaat, banayak pt pt, kompensasi lebih bayar sd 2 tahun, lok tdk ditolak oleh kantor pajak, kemarin oni

        From: maringan marpaung <maringan.marpaung@...>
        Sender: forum-pajak@yahoogroups.com
        Date: Thu, 28 Apr 2011 15:29:50
        To: <forum-pajak@yahoogroups.com>

> [...]

        > japri,
        >
        > Terima kasih buat rekan-rekan forum pajak semua

      • Faizal Fernandez
        Message 3 of 14 , May 1, 2011
          Sepemahaman saya,,tidak ada batasan waktu untung meng carry over kelebihan pajak masukan...

          From: Jasuman Sitanggang <jasuman.sitanggang@...>

          To: forum-pajak@yahoogroups.com

          Date: Thursday, April 28, 2011, 7:31 AM

        • sindy_ys@yahoo.com
          Message 4 of 14 , May 2, 2011
            Kompensasi gk ada peraturan nya,jadi masih bs dikompensasi terus,,
            Sent from my BlackBerry®
            powered by Sinyal Kuat INDOSAT

            Message 5 of 14 , May 3, 2011
              Secara logikanya, negara malah senang kalo dikompensasi daripada di restitusi.

              Sent from my mobile device
            • hary.tax@gmail.com
              Message 6 of 14 , May 3, 2011
                Kalau minta dikompensasi apa tetap diperiksa ya?

                From: raikkonen <zen.dokuon@...>
                Sender: forum-pajak@yahoogroups.com
                Date: Wed, 4 May 2011 06:52:41
                To: <forum-pajak@yahoogroups.com>

> [...]

                On 02/05/2011, sindy_ys@... <sindy_ys@...> wrote:
                > Kompensasi gk ada peraturan nya,jadi masih bs dikompensasi terus,,

                Sent from my mobile device

                PERHATIAN
                Dalam me-reply email, hapuslah bagian email yang tidak diperlukan termasuk DISCLAIMER dibawah ini.

                DISCLAIMER:
                Please consult a professional if you require legal advice or other expert assistance. Although this discussion group is designed to provide you with accurate and authoritative information about the subjects covered, it is published with the understanding that Forum Pajak nor its member are engaged in rendering legal, business, or other professional advice. For more information, please visit www.forumpajak.com or send email to subscribe@... to subscribe. Send your advices or comments to redaksifp@....
                Message 7 of 14 , May 4, 2011
                  Klo kompensasi gk diperiksa,,

                  From: raikkonen <zen.dokuon@...>
                  Sender: forum-pajak@yahoogroups.com
                  Date: Wed, 4 May 2011 06:52:41
                  To: <forum-pajak@yahoogroups.com>

                  Message 8 of 14 , May 4, 2011
                    wah ini pertanyaan bagus..
                    penuh dengan teka teki...
                    apakah ngetest atau yah gak tau lah saya juga gak ngerti...*secara orang pajak gitu lho.... hary tax at gmail dot com*

                    klo menurut hemat saya mah pak harry..
                    kompensasi itu dianggap Mr.X yang punya hutang ke perusahaan.. (klo bahasa saya mah enaknya gini kali yaa)

                    jika nanti suatu saat si perusahaan punya hutang pajak PPN nanti bakal di kurangin kompensasinya..
                    jadi kompensasi makin kecil dan kita gak perlu bayar lagi pake rupiah
                    karena masih ada simpanan duid kita di MR. X

                    klo suatu perusahaan yang mau nagih piutangnya sama Mr. X

                    si Mr.X bakal minta donk .... *mana buktinya..?? , mana SPM nya..?? DST*
                    maka si Mr.X bakal ngitung kebenaran dari kompensasi
                    klo salah atau gak bisa di buktikan kebenarannya yah masa diakui sebagai hutang..
                    sama aja ama kita pak... mau gak bapak tau2 ada orang nagih hutang padahal gak pernah ngerasa punya hutang...
                    bapak pasti cari kebenaran hutang tersebut, nilai sesungguhnya, kapan ngutangnya dll

                    itulah gunanya pemeriksaan..
                    bener gak sih hutang Mr. X ini sekian Miliar maka dilakukanlah pemeriksaan oleh Mr. X

                    klo gak di minta sih utangnya Mr. X juga anteng2 aja ..
                    tapi hati2 buat yang nilai kompensasinya diatas 500jt (yah walau banyak yang lebih bayar dibawah 500jt udah di periksa itu tandanya anda belum beruntung) ...
                    siapin aja tuh faktur pajak , GL nya, SPM dan kelengkapan perpajakannya...
                    dari pada di hari H ntar kelabakan nyarinya

                    yah klo logika saya mah gitu pak biar gampang jelasinnya...
                    yah mungkin pak harry dan bapak2 atau ibu2 sekalian  bisa memberikan pencerahan kepada saya yang masih bodoh ini

                    sebelumnya saya mohon maaf klo kata2 saya kurang berkenan..
                    Terima kasih
                    Furkon

                    ________________________________
                    Kalau minta dikompensasi apa tetap diperiksa ya?

                    From: raikkonen <zen.dokuon@...>
                    Sender: forum-pajak@yahoogroups.com
                    Date: Wed, 4 May 2011 06:52:41
                    To: <forum-pajak@yahoogroups.com>

> [...]

                    On 02/05/2011, sindy_ys@... <sindy_ys@...> wrote:
                    > Kompensasi gk ada peraturan nya,jadi masih bs dikompensasi terus,,

                  • BayemCules
                    Message 9 of 14 , May 4, 2011
                      Kalo dikompensasi kemungkinan di periksa kecil, tapi semuanya masih mungkin. Kalo minta restitusi, maka pasti akan diperiksa.

                      Salam
                      Bayu ardinata
                      Powered by Telkomsel BlackBerry®

                      Kalau minta dikompensasi apa tetap diperiksa ya?

                      From: raikkonen <zen.dokuon@...>
                      Sender: forum-pajak@yahoogroups.com
                      Date: Wed, 4 May 2011 06:52:41
                      To: <forum-pajak@yahoogroups.com>

> [...]

                      On 02/05/2011, sindy_ys@... <sindy_ys@...> wrote:
                      > Kompensasi gk ada peraturan nya,jadi masih bs dikompensasi terus,,

                    • Zakeus Pemungut cukai
                      Message 10 of 14 , May 9, 2011
                        sebenarnya kompensasi ataupun restitusi juga potensial diperiksa.... tapi daya
                        undang yang paling kuat emang kalo minta restitusi.... soalnya langsung
                        diperiksa kekekeke

                        Judul: Re: [forum-pajak] Jangka waktu kompensasi kelebihan bayar PPN

                        From: raikkonen <zen.dokuon@...>
                        Sender: forum-pajak@yahoogroups.com
                        Date: Wed, 4 May 2011 06:52:41
                        To: <forum-pajak@yahoogroups.com>