membuat NPWP dengan alamat KTP yang berbeda dng KPP

  • beauty_oftown
    Message 1 of 7 , Feb 9, 2011
      dear all,
      saya mau tanya. saya bru 1 minggu berada di Jakarta, saya adalah seorang Fresh Graduate, dan saya baru saja di terima disalah satu perusahaan swasta di Jakarta. namun saya diharuskan untuk membuat NPWP, dan masalahnya saya memiliki KTP dari asal daerah saya yakni Manado-Sulawesi Utara. sedangkan NWPW yang akan saya buat adalah NPWP di KPP jakarta. bagaimana menurut kalian? apakah mungkin bagi saya untuk memasukkan KTP dengan ALamat Manado, untuk membuat NPWP di KPP jakarta?? terima kasih untuk jawabannya, saya sangat membutuhkannya.
    • sindy_ys@yahoo.com
      Message 2 of 7 , Feb 13, 2011
        Gak masalah,,karena kan NPWP bedasarkan tempat tinggal,,
        Sent from my BlackBerry�
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

[...]

      • Dino Parwindo
        Message 3 of 7 , Feb 13, 2011
          Dear all,

          saya setuju dengan sindy. karna NPWP berdasarkan KTP. jawabannya bisa

          Thanks
          Dino (Jaya Consulting)
          02198917664

          ________________________________
[...]

          PERHATIAN
          Dalam me-reply email, hapuslah bagian email yang tidak diperlukan termasuk
          DISCLAIMER dibawah ini.

          DISCLAIMER:
          Please consult a professional if you require legal advice or other expert
          assistance. Although this discussion group is designed to provide you with
          accurate and authoritative information about the subjects covered, it is
          published with the understanding that Forum Pajak nor its member are engaged in
          rendering legal, business, or other professional advice. For more information,
          please visit www.forumpajak.com or send email to subscribe@... to
          subscribe. Send your advices or comments to redaksifp@....
        • amaq perecek
          Message 4 of 7 , Feb 13, 2011
            NPWP berdasarkan identitas diri. jadi jika identitas Saudara adalah KTP
            manado maka NPWPnya ya manado. Namun demikian pendaftarannya tidak harus
            melalui kantor pajak manado. Alternatifnya:
            1. Daftar malalui E-Registration di www.pajak.go.id, langsung dapat nomor
            entar berkasnya dikirim pos.
            2. Daftar melalui pemberi kerja. Pemberi kerja membuat surat permohonan agar
            karyawannya dibuatkan NPWP (dilampiri dengna fotocopy KTP/SIM pegawai).

          • Nugroho Setyo Utomo
            Message 5 of 7 , Feb 13, 2011
              Setau saya, pada prinsipnya bisa bikin NPWP di mana saja tanpa memandang
              alamat sesuai KTP. Dengan contoh kamu, permohonan dapat dilakukan di KPP
              terdekat dengan bekal fotocopy KTP. NPWP yang terbit akan beralamatkan
              manado, sesuai KTP, sehingga kamu terdaftar sebagai WP pada KPP Pratama
              Manado, bukan KPP tempat kamu mendaftar. Jadi kalo lapor SPT, harus
              ditujukan ke KPP Pratama Manado. Ini adalah kondisi ideal.

              Terkadang ada KPP yang membatasi pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh WP di
              wilayah kerjanya sehingga, kalo ambil contoh kamu, kamu tidak boleh daftar
              di KPP di Jakarta. Saran saya sebaiknya kamu tanya dulu aja ke KPP terdekat,
              apakah kamu mendaftar kesana dengan KTP Manado.

              Terima kasih.

              Nugie

              2011/2/10 beauty_oftown <beauty_oftown@...>

> [...]
              > untuk membuat NPWP di KPP jakarta?? terima kasih untuk jawabannya, saya

            • Erlando Saragih
              Message 6 of 7 , Feb 15, 2011
                Pembuatan NPWP dapat dilakukan dengan dua cara...

                1. Pembuatan NPWP dilakukan secara e-registrasi (melalui
                pendaftaran online lewat pajak.go.id)

                Bila pembuatan NPWP dilakukan secara online, kamu akan mendapatkan NPWP
                dan SKT sementara..

                Dan hanya berlaku untuk 30 hari saja. Untuk mendapatkan NPWP dan SKT
                permanen nya...kamu harus mendaftar ke KPP berdasarkan tempat tinggal
                (sesuai KTP) dengan membawa NPWP dan SKT sementara tersebut, juga FC
                KTP.

                2. Pembuatan NPWP dilakukan secara manual, dengan cara mengisi
                form pembuatan NPWP u/ orang pribadi dan membawa FC KTP.

                Untuk cara ini, pembuatan dan pendaftaran NPWP dapat dilakukan di KPP
                manapun...

                Salam,

                Erlando.Saragih

                This email is intended only for the use of the person to whom it is
                addressed and may contain confidential information. If you have received
                this email in error please notify MS Taxes immediately by return email
                and then delete.

                P PLEASE CONSIDER THE ENVIRONMENT BEFORE YOU PRINT THIS E-MAIL!

                2011/2/10 beauty_oftown <beauty_oftown@...
                <mailto:beauty_oftown%40yahoo.com> >

> [...]
                Manado,
                > untuk membuat NPWP di KPP jakarta?? terima kasih untuk jawabannya,

              • Muhammad Romadhon
                Message 7 of 7 , Feb 15, 2011
                  Untuk NPWP Orang Pribadi bisa daftar di KPP mana saja di seluruh Indonesia.
                  sedangkan untuk NPWP Badan, itu daftar di KPP tempat Badan tersebut berdiri.

                  Trims.

                  Pada 14 Februari 2011 14:18, Nugroho Setyo Utomo <nugie.setyo@...>menulis:

> [...]
                  > terdekat,
                  > apakah kamu mendaftar kesana dengan KTP Manado.

                  Muhammad Romadhon,
                  Website : http://www.romadhon.web.id
                  Phone : 0819 311 52981