Jasa Maklon

  • budi_pasu
    Message 1 of 33 , Feb 17, 2009
      Hi semuanya,

      Perusahaan tempat saya bekerja saat ini juga memberikan jasa maklon
      selain produksi barang jadi. Persediaan bahan baku untuk jasa maklon
      hampir seluruhnya dari pemberi kerja, karena satu dan lain hal, bahan
      baku tersebut tersimpan di gudang kami cukup lama. Yang ingin saya
      tanyakan apakah kami wajib memungut biaya sewa? Selama ini kami tidak
      memungut biaya sewa karena kami menilai hal tersebut adalah salah satu
      nilai plus dalam layanan jasa maklon kami, namun ada beberapa rekan
      yang menyatakan hal tersebut akan dipermasalahkan dari sisi perpajakan.
      Mohon penjelasan apa memang ada ketentuan terhadap hal tersebut
      (jangka waktu penitipan barang untuk jasa maklon) sehingga harus
      dipungut biaya sewa penitipan barang.

      Terima kasih
    • budi_pasu