Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)

  • fen.go@aaj.co.id
    Message 1 of 10 , Jun 9, 2005
      Dear Pak Dwi, salam kenal,

      Saya juga lihat iklan dan sudah buka webside IBII (perguruan tinggi swasta)
      di iklan tersebut sih di bilangin kalau dijakarta swasta baru IBII saat
      ini. kalau di Jogja kata temen saya sih sudah ada beberap, bahkan di UGM
      saja sudah ada double degree (Macc + AK). Cuma yang agak kurang yakin bagi
      saya adalah yang ngeluarin ijin program PPAK tersebut apakah IAI atau Dikti
      ? menurut pak dwi sih IAI ya. Saya sih sdh coba telp ke IAI, tapi di suruh
      hubungin yang di pusat, cuma belum kesambung sampai saat ini.

      sekedar sharing pendapat, menurut pak Dwi kalau kita ngambil AK di IBII
      statusnya disamakan dengan UI nggak ya? (takutnya nanti kalau di IBII
      ujiannya harus bersamaan dengan UI atau giaman gitu. Thanks, sebelumnya
      atas informasinya.

      yang lain juga kalau ada informasi tentang PPAK IBII di sharing ya... thx.

      Rgds,

      Fen Go

      <dwimartani@yahoo
      .com> To: forum-pajak@yahoogroups.com
      cc: ansis@...
      06/09/2005 06:11 Subject: RE: [forum-pajak] Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)
      PM

      Mungkin saya bisa memberikan tambahan penjelasan tentang PPAK :

      1.  PPAK = Pendidikan profesi akuntan adalah pendidikan yang
      diselenggarakan oleh lembaga pendidikan akuntansi yang telah mendapat ijin
      dari Ikatan Akuntan Indonesia. Untuk mendapat ijin ada persyaratan yang
      harus dipenuhi dan penilaian langsung yang dilakukan oleh tim dari IAI

      2.  PPAK berfungsi menggantikan UNA (Ujian Negara Akuntansi). Untuk
      bergelar akuntan lulusan jurusan akuntansi harus mengambil PPAK. Dengan
      ijazah PPAK lulusan tersebut baru dapat mengurus gelar akuntannya di
      departemen keuangan.

      3.  Jika UNA hanya ditujukan untuk lulusan swasta maka PPAK untuk semua
      lulusan yang ingin bergelar akuntan baik dari negeri (untuk yang lulus
      setelah 31 Agustus 2004) maupun swasta). Dengan adanya PPAK maka UNA
      menjadi tidak ada dan terjadi kesetaraan antara lulusan negeri dan swasta.

      4.  Perbedaan antara lulusan pendidikan akuntansi dan lulusan PPAK adalah :
           a. Lulusan pendidikan akuntansi tidak otomatis mendapat gelar AK
               (walaupun dari universitas negeri)
           b. Untuk mendapat nomor register akuntan harus lulus dari PPAK
           c.  Nomor register akuntan digunakan untuk mengikuti ujian sertifikasi
      akuntansi publik
           d.  Lulus dari ujian tersebut akan mendapat gelar BAP (bersetifikat
      akuntan publik)
               dengan mendapat gelar BAP seorang akuntan dapat memperoleh ijin
      dari
               departemen keuangan untuk membuka kantor akuntan publik atau
      menandatangani
               laporan audit.

      5.  Jika ingin berkarir di kantor akuntan publik sampai menjadi partner, ya
      harus kuliah di PPAK

      6.  PPAK dapat diselenggarakan oleh universitas negeri atau swasta yang
      telah mendapat ijin dari IAI. Untuk di Jakarta UI dan IBII. Tapi ada juga
      universitas atau sekolah tinggi swasta lain yang telah mendapat ijin dari
      IAI.

      Semoga bermanfaat, jika belum jelas dapat kirim email secara private saja
      kali ya...

      Andrie Siswanto <ansis@...> wrote:

      Jauh sebelum diluncurkannya program pendidikan profesi akuntan (PPAK) saya
      pernah menanyakan kepada dosen saya (waktu itu saya masih kuliah tingkat
      akhir dan dosen saya kebetulan merupakan salah seorang konseptor dari
      program PPAK tersebut) kira-kira universitas mana yang diizinkan untuk
      mengadakan PPAK tersebut? Beliau menjawab yang pasti tidak semua
      universitas diperbolehkan untuk mengadakan PPAK, universitas negeri maupun
      swasta. Universitas yang diperbolehkan untuk mengadakan PPAK adalah
      universitas yang telah memiliki izin penyelenggaraan PPAK dari Depkeu.
      Kemudian saya tanya kembali kalau begitu memungkinkankah universitas swasta
      dapat menyelenggarakan PPAK tersebut? Beliau menyatakan jika memang
      universitas tersebut telah memiliki izin dari Depkeu yah, bisa saja.

      Awal peluncuran PPAK memang dilaksanakan di universitas negeri (kalau tidak
      salah UI, UNAIR, sama UGM). Tetapi ke depannya apakah PPAK diterapkan di
      universitas swasta, saya tidak memperoleh informasi yang cukup tentang hal
      tersebut. Ada baiknya bagi Anda yang berniat untuk mengikuti program PPAK,
      jika ragu-ragu dengan PPAK yang diselenggarakan oleh universitas swasta,
      sebaiknya ambil PPAK yang memang sudah bisa dipastikan keberadaannya. Toh,
      gelar Akuntan (AK) yang diakui oleh negara, yang mengeluarkannya secara
      resmi adalah Depkeu.

      Informasi dari saya ini memerlukan klarifikasi lebih lanjut kepada
      pihak-pihak terkait karena saya khawatir informasi yang saya sampaikan ini
      kurang update. Mungkin ada rekan-rekan lain yang bisa meng-updatenya.

      Best Regards,
      Andrie Siswanto

      Message 2 of 10 , Jun 12, 2005
        Tambahan atas penjelasan Ibu Dwi Martani, khususnya point 4.d.

        Bahwa saat seseorang telah mendapatkan gelar BAP, tidak secara otomatis
        dapat memperoleh izin dari Departemen Keuangan (Dikretorat Pembinaan
        Akuntan dan Jasa Penilai - Ditjen Lembaga Keuangan). Ada beberapa
        persyaratan yang harus dipenuhi oleh yang bersangkutan, antara lain:
        * Pernah menjadi ketua tim audit
        * Memiliki jam kerja (kalau tidak salah 3000 jam?).
        * Dll...(untuk lebih jelasnya dapat ditanya ke Direktorat
        Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai, Jl. Dr. Wahidin No.1 Jakarta Pusat)

        Semoga bermanfaat...