Mengkritisi Regulasi BPOM tentang Kemasan Pangan

  • Jamal Zamrudi
    Message 1 of 1 , Feb 20, 2013

    Dear all Food Technologists,

    Mengkritisi regulasi BPOM HK.03.1.23.07.11.6664 Tahun 2011 tentang Pengawasan Kemasan Pangan, pada lampiran 2B, dikatakan bahwa untuk kertas dan karton yang diujikan migrasi hanyalah kertas dan karton yang kontak dengan pangan berair dan berlemak. Hal ini berarti untk kemasan kertas dan karton yang diuji hanyalah jika digunakan untuk mengemas pangan berair dan berlemak.

    Selain itu, jika kita lihat pada pada lampiran 2C, tabel 2.2.1 tipe pangan VIII (padat kering dengan permukaan tanpa mengandung minyak atau lemak bebas), maka kita tidak akan menemukan prosedur pengujian dan simulan pangan yang tepat pada tabel 2.2.2 untuk pangan tipe VIII ini.

    Nah, pertanyaannya adalah, apakah jika saya mempunyai kemasan yang saya gunakan untuk mengemas teh kering, maka tidak perlu diuji migrasi kemasan?

    Dan, sebenarnya berapa kadar air maksimal sehingga suatu tipe pangan dikategorikan “tidak berair” dan berapa kadar lemak maksimal sehingga tipe pangan dikategorikan “tidak berlemak”?

    Mohon diskusi dari Food Technologists yang ada di forum ini. J

    Regards,

    Jamal