Re: Bls: [foodsafety-quality] Perbedaan: Kosher, Halal, Organic, Gluten Free, Vegan

  • Mohamad Afiz
    Message 1 of 9 , Jul 30, 2010
      Dear Ade,

      Ade butuh penjelasan yang ditel?

      Rencananya Ade akan sertifikasikan Khoser atau sertifikasikan Halal?

      Supaya tidak banyak teori, bisa saya pandu sesuai kebutuhan Ade, jadi sambil Ade mengeti juga sertifikasi telah siap.

      Supaya tidak mengganggu Lalulintas Mail boleh Japri.

      Wassalam

      M. Afiz

      From: ade fauji <ade_fauji@yahoo. co.id>
      To: foodsafety-quality@ yahoogroups. com, "ID QMS Quality Management System" <ID-QMS@yahoogroups. com>
      Date: Friday, July 30, 2010, 8:49 AM

      Dear Rekan-rekan,

      adakah yang mengetahui perbedaan untuk sertifikasi ini:

      Kosher, Halal, Organic, Gluten Free, Vegan

      Atas infonya saya ucapkan terima kasih.

      Salam
      Ade Fauji

    • Triyani Kresnawan
      Message 2 of 9 , Aug 1, 2010

        Adakah teman2 yg beberapa minggu lalu melihat pameran Pertama Internasional mengenai makanan Halal di JCC..? Kalau ada komentar dan dokumentasi/ foto2 saya sangat senang sekali apabila berkenan berbagi/mengirimkan kapada saya..?

        Terima Kasih banyak

        Wasalam

        Message 3 of 9 , Aug 23, 2010

          terima kasih P` afiz atas kebaikannya, hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan saya saja berkaitan dengan hal tersebut.

          salam
          Ade Fauji
          Yang Masih belajar tentang Food Safety

          Message 4 of 9 , Aug 24, 2010
            Dear all,

            kalau boleh saya menambahkan sebagai berikut:
            - Kosher: pelabelan ini terkait dengan ketentuan makanan sesuai ajaran kaum Yahudi pada kitab Taurat-nya. Jadi setara dengan Halal untuk Agama Islam. Aturan-aturannya antara lain terkait dengan aturan penyembelihan hewan (serupa dengan Halal, namun berbeda pada doa yang harus diucapkan), bahan-bahan makanan apa yang boleh (sapi, kambing, alkohol dll)dan tidak boleh dikonsumsi (kelinci, babi, cumi-cumi), serta adanya larangan pencampuran bahan daging-dagingan dan produk susu saat penyimpanan, pengolahan maupun penyajiannya, (jadi produk Cheeseburger menjadi tidak Kosher karena adanya pencampuran daging burger dengan keju). Konsumsi antara daging dengan produk susu harus diberi jeda 1-6 jam. Alat-alat pengolahan dan alat makan (panci, piring, sendok dll) pun juga harus dipisahkan antara alat untuk produk daging dan susu. Serta lebih banyak lagi aturan terkait Kosher yang bisa dibaca cukup lengkap di Wikipedia. Untuk menjamin ke-Kosher-an suatu produk ada suatu lembaga sertifikasi khusus Kosher, namun karena komunitas Kosher di Indonesia tidak terlalu banyak, maka tidak ada lembaga seperti MUI, yang ada adalah lembaga sertifikasi swasta dan bersifat internasional.
            - Halal: pelabelan ini di Indonesia menjadi wewenang MUI, yaitu suatu klaim bahwa produk yang dihasilkan tersusun atas bahan-bahan yang Halal, tidak Haram, yaitu yang tidak dilarang secara Agama Islam dan tidak merugikan kesehatan, serta diproses secara bersih dan sesuai dengan kaidah ajaran Agama Islam (misal proses penyembelihan). lebih detail dapat dipelajari di http://www.halalmui.org/.
            - gluten free: pelabelan ini erat kaitnya dengan pengendalian allergen gluten yaitu suatu jenis protein yang terkandung dalam gandum. klaim "gluten free" berarti produk tersebut tidak mengandung gandum, maupun produk turunan gandum seperti tepung terigu, tepung gandum utuh, serat gandum, dll. Selain itu, untuk memastikan bahwa produk tersebut BEBAS/FREE dari gluten, maka termasuk juga pencegahan kontaminasi silang yang mungkin terjadi saat proses pengolahan, penyimpanan maupun distribusi.
            - vegan: produk makanan yang memiliki klaim/label ini berarti tidak mengandung bahan hewani sama sekali, termasuk produk turunan yang berasal dari bahan hewani. Tidak hanya daging, tulang, kulit dari hewan, namun juga produk-produk dari hewan yang bisa diperoleh tanpa menyembelih/membunuh hewannya, seperti susu dan telur.

            Demikian info yang bisa saya tambahkan. Semoga bisa lebih melengkapi info untuk rekan-rekan sekalian.

            Regards,
            Eveline