Perbedaan: Kosher, Halal, Organic, Gluten Free, Vegan

  • ade fauji
    Message 1 of 9 , Jul 30, 2010
      Dear Rekan-rekan,

      adakah yang mengetahui perbedaan untuk sertifikasi ini:

      Kosher, Halal, Organic, Gluten Free, Vegan

      Atas infonya saya ucapkan terima kasih.

      Salam
      Ade Fauji

    • Mohamad Afiz
      Message 2 of 9 , Jul 30, 2010
        Dear Ade,

        Kosher dan Halal pada prinsipnya hampir sama.

        Perbedaannya:

        1. Kalau Khoser, cukup memastikan bebas hewani.

        2. Kalau Halal, ya harus merujuk kepada Al-Qur'an, Al-Hadits dan Fatwa MUI. Jadi lebih rumit lagi.

        Untuk dua hal ini Insya Allah saya bisa membantu memberikan penjelasan sampai detil.

        Wassalam

        Afz

        Message 3 of 9 , Jul 30, 2010
          penjelasan lebih detailnya gimana yah pak...
          atau mungkin Bapak punya e-book atau link berkaitan ini... mungkin bisa dishare...
          atau bisa lewat japri aja, tks

          salam
          Ade Fauji

          Message 4 of 9 , Jul 30, 2010
            Dear ade,
            Saya tahu beberapa:

            Kosher adalah sertifikasi halal yang sesuai ketentuan Yahudi dari israel, banyak produk yang beredar di amerika menggunakan ini.

            halal: sertifiaksi halal berdasarkan syariat Islam yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI atau badan sertifikasi yang diakreditasi oleh LPPOM MUi.

            Gluten free adalah bahan allergen bukan sertifikat tap semacam pernyataan/label  dari produsen pada produknya terkait dengan adanya konsumen yang allergi terhadap bahan tersebut.

            Regards,

            Awan

            Message 5 of 9 , Jul 30, 2010
              Dear Ade,

              Ade butuh penjelasan yang ditel?

              Rencananya Ade akan sertifikasikan Khoser atau sertifikasikan Halal?

              Supaya tidak banyak teori, bisa saya pandu sesuai kebutuhan Ade, jadi sambil Ade mengeti juga sertifikasi telah siap.

              Supaya tidak mengganggu Lalulintas Mail boleh Japri.

              Wassalam

              M. Afiz

              Message 6 of 9 , Jul 31, 2010
                Ass Ww Wb

                Yth. Teman2 se minat

                Adakah teman2 yg beberapa minggu lalu melihat pameran Pertama Internasional mengenai makanan Halal di JCC..? Kalau ada komentar dan dokumentasi/foto2 saya sangat senang sekali apabila berkenan berbagi/mengirimkan kapada saya..?

                Terima Kasih banyak

                Wasalam

                Message 7 of 9 , Aug 1 4:33 AM

                  Message 8 of 9 , Aug 23 9:56 PM

                    terima kasih P` afiz atas kebaikannya, hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan saya saja berkaitan dengan hal tersebut.

                    salam
                    Ade Fauji
                    Yang Masih belajar tentang Food Safety

                    Message 9 of 9 , Aug 24 3:09 AM
                      Dear all,

                      kalau boleh saya menambahkan sebagai berikut:
                      - Kosher: pelabelan ini terkait dengan ketentuan makanan sesuai ajaran kaum Yahudi pada kitab Taurat-nya. Jadi setara dengan Halal untuk Agama Islam. Aturan-aturannya antara lain terkait dengan aturan penyembelihan hewan (serupa dengan Halal, namun berbeda pada doa yang harus diucapkan), bahan-bahan makanan apa yang boleh (sapi, kambing, alkohol dll)dan tidak boleh dikonsumsi (kelinci, babi, cumi-cumi), serta adanya larangan pencampuran bahan daging-dagingan dan produk susu saat penyimpanan, pengolahan maupun penyajiannya, (jadi produk Cheeseburger menjadi tidak Kosher karena adanya pencampuran daging burger dengan keju). Konsumsi antara daging dengan produk susu harus diberi jeda 1-6 jam. Alat-alat pengolahan dan alat makan (panci, piring, sendok dll) pun juga harus dipisahkan antara alat untuk produk daging dan susu. Serta lebih banyak lagi aturan terkait Kosher yang bisa dibaca cukup lengkap di Wikipedia. Untuk menjamin ke-Kosher-an suatu produk ada suatu lembaga sertifikasi khusus Kosher, namun karena komunitas Kosher di Indonesia tidak terlalu banyak, maka tidak ada lembaga seperti MUI, yang ada adalah lembaga sertifikasi swasta dan bersifat internasional.
                      - Halal: pelabelan ini di Indonesia menjadi wewenang MUI, yaitu suatu klaim bahwa produk yang dihasilkan tersusun atas bahan-bahan yang Halal, tidak Haram, yaitu yang tidak dilarang secara Agama Islam dan tidak merugikan kesehatan, serta diproses secara bersih dan sesuai dengan kaidah ajaran Agama Islam (misal proses penyembelihan). lebih detail dapat dipelajari di http://www.halalmui.org/.
                      - gluten free: pelabelan ini erat kaitnya dengan pengendalian allergen gluten yaitu suatu jenis protein yang terkandung dalam gandum. klaim "gluten free" berarti produk tersebut tidak mengandung gandum, maupun produk turunan gandum seperti tepung terigu, tepung gandum utuh, serat gandum, dll. Selain itu, untuk memastikan bahwa produk tersebut BEBAS/FREE dari gluten, maka termasuk juga pencegahan kontaminasi silang yang mungkin terjadi saat proses pengolahan, penyimpanan maupun distribusi.
                      - vegan: produk makanan yang memiliki klaim/label ini berarti tidak mengandung bahan hewani sama sekali, termasuk produk turunan yang berasal dari bahan hewani. Tidak hanya daging, tulang, kulit dari hewan, namun juga produk-produk dari hewan yang bisa diperoleh tanpa menyembelih/membunuh hewannya, seperti susu dan telur.

                      Demikian info yang bisa saya tambahkan. Semoga bisa lebih melengkapi info untuk rekan-rekan sekalian.

                      Regards,
                      Eveline