vibrasi monitor

  • rudi_hg
    Message 1 of 6 , Sep 11, 2006
      haloo temen2 smua..
      aku mau nanya,untuk mengukur vibrasi di sebuah engine thu ada berapa
      methode yang bisa di gunakan???
      truss gmn masing2 nya bekerja bila di jelaskan secara fisika analisis??
      terima kasih y buat yang mau bantuin aku..
    • Tri.Setyanto@ytljt.com
      Message 2 of 6 , Sep 11, 2006
        ini untuk penelitian atau untuk industri...
        truss enginnya apa? elekt motor atau piston...
        yg mau di cari besarnya vibrasi, spectrumnya atau balancing nya...

        "rudi_hg"
        <rudi_hg@...
        m> To
        Sent by: fisika_indonesia@yahoogroups.com
        fisika_indonesia@ cc
        yahoogroups.com
        Subject
        [FISIKA] vibrasi monitor
        09/11/2006 02:28
        PM

        Please respond to
        fisika_indonesia@
        yahoogroups.com

        Message 3 of 6 , Sep 13, 2006
          vibration monitor yg sy maksud, vib monitor applikatif industry buat
          sebuah engine, baik itu prime mover engine maupun engine nya sendiri.
          yang saya blum ngerti, dasar teori tentang bagaimana vibration monitor
          itu bekerja, baik sensor yang direct contact or indirect contact to
          the engine cashing.
        • Tri.Setyanto@ytljt.com
          Message 4 of 6 , Sep 13, 2006
            gambaran umum-nya saja:
            ada beberapa jenis sensor vibration :
            1. Accelarator (yang menggunakan prisip kelembaman) yang outputnya adalah
            perbedaan tegangan.
            2. Proximity/ displacement mengukur perubahan jarak.
            3. velocity mengukur kecepatan/laju getaran vibrasi
            pada umumnya hasil pengukuran vibrasi adalah amplitudo vs periode (T)
            selanjutnya ditransfer menjadi (frequency) vs amplitudo.
            spectrum didapat dari trasformasi furier-nya amplidudo (besar getaran) vs
            waktu/T.
            Traformasi ini akan memudahkan kita menganalisa penyebab vibrasi pada suatu
            alat.
            misal kasus motor tidak balance maka akan terlihat di spectrum/ graph
            amplitudo vs freq:
            - amplitudo relatif besar di freq 1 x RPM
            - Fase akan berubah 90 degree jika pengukuran di geser 90 degree
            - amplitudo getaran besar pada arah radial horisontal dan vertikal
            seterusnya untuk kasus mis aligment, bearing rusak etc....mempunyai
            kaakteristik yang berbeda-beda pada spectrumnya.
            smoga membantu,
            saya juga sedang belajar untuk vibration monitor dan analisisnya.
            suwun

[...]
            [FISIKA] Re: vibrasi monitor
            09/13/2006 02:10
            PM

            Please respond to
            fisika_indonesia@
            yahoogroups.com

[...]

          • yorga
            Message 5 of 6 , Sep 14, 2006
              prinsipnya sederhana sih. yaitu transducer menerima getaran dan kemudian
              menampilkannya pada sebuah display, atau datalogger. just common sense.

              pertama2 besaran yang penting dalm pengukuran getaran ternyata bukan cuma
              frekuensi. karena biasanya getaran terjadi dalam mode random dan spektrum
              frek yang luas (misal getaran dalam kabin mobil. ada yang frek tinggi akibat
              getaran engine, ada yang muncul dari kontak aspal-ban, ada gara2 ngeleng
              polisi tidur, dll)
              sehingga biasanya yang penting disini adalah PSD (power spectrum density).
              satuannya G^2/Hz (G = percepatan gravitasi bumi)

              lalu sensornya (yang tipe kontak) biasanya disebut accelerometer. wjudnya
              seperti pentol baja yang didalamya ada keramik piezoelektrik dan pemberat.
              saat mengalami akselerasi, pemberat menekan keramik dan timbul tegangan
              (sifat dari piezo).

              tegangan inilah yg diterjemahkn jd acc (percepatan). untuk dpt kelajuan
              tinggal di integral sekali. Di integral sekali lg d dpt deh displacement
              (amplitudo). selanjutnya dengan FFT dapatlah frek-nya. dipadu dengan hasil
              Amplitud dan kelajuan di dpatlah PSD, dll. ini udah urusan pengolahan
              sinyal.

              kalo yang indirect biasanya pakai probe optik(laser). Yang ini mengukur
              langsung displacement,berdasrkan perubahan waktu pantul dari sumber ke objek
              bolak-balik. agak sulit dipercaya karena kita tahu kecepatan cahaya yang
              3x10e8 m/s.tapi itu yang saya pahami dari presentasi suplayer-nya.

              keunggulannya jelas dapat digunakan mengukur getaran yang sangaaaaaaat kecil
              amplitudonya. tapi musti dipasang di base yang bebas getaran. soalnya orang
              jalan di lantai yang sama saja akan terdeteksi.

              kalo masih penasaran coba cari disitus bruel & kjaer. coz, vibration is
              their bussiness. kalo gak salah ada semacam online course-nya mengenai
              masalah vibrasi.

              regards,
              yorga

> [...]
              > yang saya blum ngerti, dasar teori tentang bagaimana vibration monitor
              > itu bekerja, baik sensor yang direct contact or indirect contact to

            • Sahruwardi, Hardy
              Message 6 of 6 , Sep 14, 2006
                kalau ke casing bisa dipastikan itu contact, lain halnya kalau ke shaft, bisa menggunakana non contacting probe.
                sensornya kan juga macam2, ada yang displacement, velocity atau accelerometer. dipakai tergantung level frekuensi dn snsitifitas yang diinginkan