Re: [FISIKA] OOT: Persamaan geometri... Ix untuk seperempat lingkaran.

  • Harry Septanto
    Message 1 of 11 , Feb 10, 2006
      Oom Iwal,
      saya pengin sedikit kasih masukan, nih. Ada tiga poin
      penting untuk menemukan solusi dari kasus anda dengan
      koordinat polar. Begini:

      1. Trigonometri;

      posisi (x,y)--dlm sistem koordinat rectangular--dapat
      diwakili dengan
      (r "kali" cos_theta, r "kali" sin_theta)--dalam sistem
      koordinat polar.

      Dimana r = jari-jari dan theta = sudut.

      2. Elemen jari-jari (d_r), elemen sudut (d_theta) dan
      elemen luas (d_A);

      elemen luas, d_A, dapat didekati dengan
      d_A = d_r "kali" r "kali" sin_d_theta.

      Karena d_theta bernilai sangat kecil (kan namanya juga
      elemen ^_^),
      maka sin_d_theta ~ d_theta.

      Jadi, elemen luasnya:
      d_A = d_r "kali" r "kali" d_theta.
      d_A = r "kali" d_r "kali" d_theta

      3. Integrasi; monggo dilanjutkan dengan corat-coret
      integrasinya ^_^ (ingat batas-batas untuk r dan theta
      nya). Jangan lupa juga tentang integrasi dari fungsi
      trigonometri nya.

      Have a find solution!

      Salam,
      Jackstar HS

      http://mail.yahoo.com
    • SHOLICHUL HADI
      Message 2 of 11 , Feb 11, 2006

        --- Iwal <iwal@...> wrote:

> [...]
        > So, kalo memang ada di literatur, please provide it
        > for us.
        >
        > nb : Kalo bisa sama Modulus Penampangnya juga (Zx),

        http://mail.yahoo.com

        Yahoo! Mail
        Use Photomail to share photos without annoying attachments.

      • Iwal
        Message 3 of 11 , Feb 12, 2006
          That's it!!!!
          Bagian itu yang kelupaan.. alias ga ngerti...
          Seingat saya ada aturan trigonometri yang berubah (karena pendekatan) untuk kasus elemen ( nilai theta sangat kecil).
          Yaaa sin_d_theta ~ d_theta itu...

          Trims, pak!...
          Udah ketemu jawabannya.. :D
          Karena d_theta bernilai sangat kecil (kan namanya juga
          elemen ^_^),
          maka sin_d_theta ~ d_theta.

           [cut]