Re: [FISIKA] RelativitasKhusus

  • su
    Message 1 of 27 , Feb 1, 2006
      mo tau donk sebenernya pencapaian fisika nuklir n partikel tuh apa sih kalau nanti sudah ditemukan teori yang menyatukan segalanya buat apa? cuma sekedar untuk menunjukkan betapa tingginya intelektual manusia atau untuk apa? apakah nantinya dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan manusia? satu lagi kalau dengan teori tersebut dapat menentukan batas dari jagat raya lalu yang diluar jagat raya itu apa?

      Michael Stephen <heven_of_love@...> wrote:
      massa negatif mungkin diperlukan sebagai keadaan awal untuk mencegah massa tak terhingga

      Yahoo! Autos. Looking for a sweet ride? Get pricing, reviews, & more on new and used cars.

    • timmy_fisika_ugm
      Message 2 of 27 , Feb 4, 2006
        Saya coba jawab sedikit ya. Konon ketika fisikawan ternama Michael
        Faraday menemukan hukumnya dan memberikan kuliah umum, dia ditanya:
        untuk apa hukum itu? Jawabannya langsung keluar dengan serta merta:
        Sewaktu seorang bayi baru dilahirkan, untuk apa gunanya? Untuk
        menyenangkan orang tuanya, bukan? Nanti seiring berjalannya waktu baru
        terlihat ada gunanya. Dan sekarang, kita rasakan sendiri bagaimana
        hasil dari petualangan intelektual di masa lalu itu.

        Begitu juga petualangan intelektual manusia, terkadang tidak jelas
        juntrungan dan tujuannya. Sementara waktu memang terlihat (dan memang
        mungkin) untuk memenuhi kepuasan intelektual para ilmuwan. Tapi
        yakinlah itu akan menjadi jembatan menuju kesejahteraan manusia.
        Memang selalu ada kemungkinan untuk menuju hal yang negatif, tapi itu
        resiko.

        --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, su <kucingkentung@...> wrote:

> [...]
        meningkatkan tingkat kesejahteraan manusia? satu lagi kalau dengan
        teori tersebut dapat menentukan batas dari jagat raya lalu yang diluar
      • Ma'rufin Sudibyo
        Message 3 of 27 , Feb 9, 2006
          --- su <kucingkentung@...> wrote:

> [...]
          > kesejahteraan manusia? satu lagi kalau dengan teori
          > tersebut dapat menentukan batas dari jagat raya lalu

          Di tahun 1930-an, seorang wartawan bertanya kepada
          Enst Orlando Lawrence, sang ahli fisika brilyan dari
          Berkeley yang namanya kini ditabalkan untuk Lawrence
          Radiation Laboratory, salah satu institusi fisika
          nuklir paling berpengaruh di daratan Amerika. Lawrence
          baru beberapa tahun sebelumnya menciptakan siklotron
          berdiameter 60 cm, dengan magnet sumbangan perusahaan
          telepon dan digerakkan oleh listrik rumah tangga. Dan
          saat itu ia sedang ' licik2nya ' mencari dana kesana
          kemari untuk membangun sinkrotron, instrumen
          pemercepat partikel dengan diameter berlipat kali
          siklotron miliknya.

          sang wartawan bertanya, " Tuan Lawrence, apa tujuan
          anda membangun peralatan ini ". Lawrence, dengan
          gayanya yang lugas (seperti Oppenheimer), menjawab
          ketus " Seandainya kami tahu untuk apa tujuannya, kami
          tak perlu membangun alat ini ". Jawaban yang bikin
          kesal sang wartawan, juga anggota2 kongres. Namun toh
          Lawrence dapat duit juga, dan sinkrotron menjadi salah
          satu milestone. Dari sana inti2 baru didapatkan,
          fisika radiasi dan kedokteran nuklir muncul dan
          berkembang, dan Lawrence sendiri turut menjadi anggota
          tim Oppenheimer dalam merancang senjata nuklir
          pertama.

          mungkin itu jawabannya :). Tidak perlu rumit2 deh.
          anggap saja semua ini " permainan ", meski kadangkala
          fisika emmang membutuhkan permainan otak yang prima.
          Ikuti saja teladan dari Richard Feynmann, yang
          sehari-harinya suka sekali bermain menerbangkan
          piring-piring plastik di halaman laboratoriumnya,
          sampai diolok-olok oleh rekan2nya yang lain, bahwa itu
          semua sia-sia belaka dan tak berguna. Namun sejarah
          akhirnya menunjukkan, Feynmann-lah, dan bukan orang
          yang 'serba serius' dan suka mengolok-olok itu, yang
          berdiri di atas auditorium Nobel atas karya besarnya
          mengenai elektron.

          http://mail.yahoo.com
        • su
          Message 4 of 27 , Feb 10, 2006
            Bole juga jawabannya!!! Contonya kaya aerogel, tadinya mo dimanfaatin buat apaan tapi akhirnya sekarang kepake juga buat nangkepin debu luar angkasa. Tapi saya sebagai penggemar fisika yang berada di belahan bumi sebelah timur lebih tepatnya indonesia besar kemungkinannya untuk menanyakan hal tersebut karena kita sebagai penduduk indonesia "tercinta ini, yang subur makmur sejahtera dimana pemerintahnya menanamkan aset negara untuk mencerdaskan kehidupan anak beserta tujuh keturunannya(k o r u p t o r). dimana bahkan untuk universitas se-ngetop se indonesia, belum pernah tuh(sampai semester 4) megang yang namanya mikroskop elektron, yang ada hanyalah teori2 semata. jadi wajar kalo menanyakannya!!! menurut saudara saudara mungkin ga mahasiswa indonesia bisa ngembangin fisika di indonesia tercinta ini. karena saya tau mahasiswa indonesia yang cerdas2 akan mengembangkan intelektualitasnya dan mengabdikan diri di negri pamannya sam pamannya sapa lagi deh!! karena pekerjaan pegawai negri tak bisa menjamin kebutuhan. yang jelas pasti ada donk tujuannya melakukan penemuan2 macam itu mana mungkin kalo ngelakuin tanpa tujuan dan kalo boleh tau dimana sih bisa dapetin jurnal perkembangan terakhir mengenai teori2 tersebut????? thx