Re: [FISIKA] RelativitasKhusus

  • Ridwan Salim
    Message 1 of 27 , Dec 31, 2005
      Mau nyumbang info sedikit. Kemarin saya nonton di metro tv acara Tomorrow Today. Di sana lagi bahas worm hole (lubang cacing) di mana kita bisa melipat ruang dan waktu. Katanya, worm hole itu mungkin terjadi kalo kita bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya.

      Katanya secara teori itu mungkin dan sudah disimulasikan di komputer apabila dihasilkan energi negatif dengan medan magnetik gitu. Mungkin ada hubungannya antara energi negatif dengan massa negatif. Dan katanya hal tersebut nggak melanggar teori relativitas einstein.

      Tapi maaf kalo infonya gak lengkap soalnya aku gak begitu ngerti. Masih sma sih...  Tapi topik relativitas emang menarik banget...

      tanto adi <sangkanayupark@...> wrote:
      baru dengar tuh ada massa negatif. mengkhayal aja tuh orang kali. kalo menurut einstein, benda semakin cepat, massa semakin besar juga. jd negatif dari mana ? dan untuk benda di atas kecepatan cahaya, belum ada teori yang mengkajinya. akankah waktu pergi ke masa lalu ato masa depan, benda akan bagaimana massanya, panjangnya ndak ada yang memastikan.
      untuk kerangka acuan, saya rasa yang membedakan fisika klasik dan kuantum adalah dimensinya. yang satu masih 3 Dimensi dan kuantum 3+1 dimensi. selain itu fisika klasik menolak adanya dilatasi waktu. jadi di fisika klasik waktu ndak bisa memanjang ato memendek. yang ada waktu yang konstan dimanapun kerangka acuannya. jd teori relativitas einstein dapat digunakan untuk transformasi Lorentz.

      Tien Kartina <tieka9@...> wrote:
      Kalau menurut saya, ga mungkin ada massa negatif, yang ada justru massa +, atau massa menjadi besar. Jadi menurut teori Newton benda jika dipercepat, maka kecepatannya akan bertambah terus, sehingga suatu ketika bisa melebihi kecepatan cahaya, padahal kata teori Einstein, bahwa kecepatan cahaya mutlak sampai saat ini. Kesimpulan teori Newton hanya berlaku unruk kecepatan jauh di bawah kecepatan cahaya. Sehingga jika benda bergerak mendekati cahaya maka massa bendanya yang membesar sedangkan kecepatannya tetap. Begitu kira2 mas Irwan.

      tika

      Irwan <mirwanhrp@...> wrote:
      Saya pernah baca suatu buku (sayangnya gak beli :P )
      Dikatakan bila benda bermassa m negatif bisa bergerak melebihi c.
      Apakah ada penjelasan tentang itu ? (pendapat pribadi juga tidak apa-apa)

      Terima Kasih

      marsandhy haryanto <marsandhy_dn@...> wrote:
      sebelumnya ada dua postulat yang diutarakan oleh Einstein
      1. Hukum Fisika itu sama untuk setiap pengamat dalam kerangka inersia
      2. Kecepatan cahaya itu mutlak, dalam bahasa lain ini "universality of speed of light"

      maksudnya universality of speed of light itu adalah kecepatan cahaya jika ditinjau dari manapun selalu menunjuk pada satu harga yaitu c.

      nah disini perbedaannya, klo dalam fisika klasik (Pak Newton, dan Pak Galileo) kecepatan relatif dari dua pengamat merupakan selisihnya, eh bener gak ya....... khawatir lupa.....

      Yahoo! Photos
      Ring in the New Year with Photo Calendars. Add photos, events, holidays, whatever.

      Yahoo! for Good - Make a difference this year.

    • Bayu Hartanto

        Message 3 of 27 , Jan 3, 2006
          iseng nih

          m = m(0)/(1-(v/c)^2)^0.5)

          kalo v>c
          maka v/c>1
          akibatnya 1-(v/c)^2<0 (negatif)
          akar dari bilangan negatif itu imajiner

          --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Bayu Hartanto <bayu.
          hartanto2@g...> wrote:

> [...]
          ruang empat
          > dimensi, bukan 3 dimensi + waktu sperti yang ada pada teori Newton/

          com>

          mail_us/taglines/photos/*http://pg.photos.yahoo.com/ph//page?.
          file=calendar_splash.html&.dir=>.

          com>

        • tanto adi
          Message 4 of 27 , Jan 8, 2006
            setahuku sih kalo ada lubang cacing yang disebabkan lubang hitam, waktu bisa kembali ke masa lalu (dilengkungkan balik kaya kurva parabola dimana lubang hitam itu di tengahnya). tapi pertanyaanya adakah sesuatu yang bisa lepas dari black hole kecuali anti partikel.

            hartanto2@g...> wrote:

> [...]
            ruang empat
            > dimensi, bukan 3 dimensi + waktu sperti yang ada pada teori Newton/

            com>

            yahoo.com Send
            com

            mail_us/taglines/photos/*http://pg.photos.yahoo.com/ph//page?.
            file=calendar_splash.html&.dir=>.

            com>

            Yahoo! DSL Something to write home about. Just $16.99/mo. or less
          • habibullah akbar
            Message 5 of 27 , Jan 8, 2006
              --- tanto adi <sangkanayupark@...> wrote:

              > setahuku sih kalo ada lubang cacing yang disebabkan
              > lubang hitam, waktu bisa kembali ke masa lalu
              > (dilengkungkan balik kaya kurva parabola dimana
              > lubang hitam itu di tengahnya). tapi pertanyaanya
              > adakah sesuatu yang bisa lepas dari black hole
> [...]
              === message truncated ===

              Yahoo! DSL – Something to write home about.
              Just $16.99/mo. or less.
              dsl.yahoo.com
            • Ma'rufin Sudibyo
              Message 6 of 27 , Jan 11, 2006
                Tentang relativitas khusus

                1. Transformasi Galileo

                Ada yang perlu diluruskan disini mengenai ruang dan
                waktu mutlak. Konsepsi ruang mutlak adalah hasil
                pemikiran Aristoteles, bukan Newton. Aristoteles
                menganggap setiap obyek hanya bisa dianggap bergerak
                apabila telah terjadi perubahan jarak yang mengacu
                kepada kerangka referensi bintang-bintang tetap (fixed
                stars), yang disebutnya berada di luar lingkungan tata
                surya. Model ruang mutlak ini kemudian diadopsi oleh
                Gereja Katolik dan disebutkan bahwa dalam lingkungan
                bintang-bintang tetap inilah terdapat surga dan neraka
                (lihat lengkapnya di A Brief History of Time-nya
                Hawking).

                Newton, dengan mengacu pada transformasi Galileo,
                menolak adanya ruang mutlak. Menurut Newton, sebuah
                obyek hanya bisa disebut bergerak jika telah terjadi
                perubahan jarak dengan obyek lain (sembarang obyek) di
                dunia ini. Jadi yang ada hanya ruang relatif. Karena
                konsepsinya ini, Galileo kemudian diinkuisisi Gereja
                dan dijatuhi tahanan rumah. Namun baik Galileo maupun
                Newton tetap meyakini adanya waktu mutlak. Yakni waktu
                bagi seluruh obyek di alam semesta ini adalah identik,
                tanpa dipengaruhi kedudukan dan kecepatan setiap
                obyek. Nah, anggapan tentang waktu mutlak inilah yang
                direvisi oleh Einstein dengan relativitas khususnya.

                Cara mudah memahami relativitas khusus adalah dengan
                meninjau kerangka acuan di bawah ini :

                |Y'

                |======> V
                |_ _ _ _ _
                /O' X'
                |Y /
                | /
                | /Y'
                |_ _ _ _ _
                /O X
                /
                /
                /Y

                Ada dua macam obyek dengan kerangka acuannya
                masing-masing. Obyek O dengan kerangka XYZ dan obyek
                O' dengan kerangka X'Y'Z'. O melihat O' bergerak
                dengan kecepatan V ke arah sumbu X'.

                Jika kita merunut pada pemikirannya Galileo (yang
                kemudian dikembangkan Newton menjadi hukum2 geraknya),
                karena sumbu Y sejajar dengan Y' dan sumbu Z sejajar
                pula dengan Z', maka bisa dikatakan Y = Y' dan Z = Z',
                sehingga yang perlu diperhatikan hanyalah sumbu X dan
                X'. Menurut Galileo, O melihat O' bergerak sejauh :

                X' = X + vt (1)

                Sementara jika dibalik, O' melihat O bergerak sejauh :

                X = X' - vt (2)

                Perhatikan bahwa baik di O maupun O', waktu t
                senantiasa bernilai sama. Inilah yang dikenal sebagai
                " transformasi Galileo ".

                2. Transformasi Lorentz

                Sekarang kita lihat perkembangan fisika di akhir abad
                ke-19, yang memunculkan nama Hendrik Antoon Lorentz
                dari Belanda. Lorentz memandang bahwa transformasi
                Galileo tidaklah cukup mampu menjelaskan apa yang
                terjadi pada dunia elektromagnetis dan Lorentz
                mengusulkan revisinya. Ia berpegang pada asumsi bahwa
                tiap obyek memiliki " waktu sendiri " (proper time),
                merujuk kepada gagasannya Sir Joseph Larmor. Untuk
                gambar di atas, waktu bagi obyek O adalah t sementara
                waktu bagi O' adalah t' dimana t tidak lagi sama
                dengan t'. Maka persamaan transformasi Galileo
                kemudian ditulisnya ulang menjadi :

                X' = k(X + vt) (3)

                dan :

                X = k(X' - vt') (4)

                dengan k sebuah konstanta, yang tidak dipengaruhi oleh
                waktu. Inilah " transformasi Lorentz ". Bila kedua
                persamaan itu disubstitusikan, kita akan mendapatkan
                hubungan antara t' dan t dalam bentuk :

                t' = kt - X(1-k^2)/kV

                Jelas sekali bukan, bahwa t' tidak lagi sama dengan t
                ?

                3. Relativitas

                Berapa nilai konstanta k baru bisa dipecahkan setelah
                Albert Einstein, saat itu masih menjadi pegawai pos
                dan paten di Zurich, berfikir tentang cahaya setelah
                kegagalan A.A. Michelson dan E.W. Morley di AS untuk
                menemukan bukti adanya eter luminiferus lewat
                interferometer-nya. Ketiadaan eter - yang semula
                dianggap sebagai kerangka acuan untuk mengukur
                kecepatan cahaya menurut mekanika Newton - membuat
                Einstein berfikir, bila dirinya dapat bergerak secepat
                cahaya, apakah cahaya itu sendiri (yang menurut
                Einstein adalah berbentuk partikel/butir, merujuk pada
                konsepsi efek fotolistriknya. Ingat bahwa pada tahun
                1905 itu Einstein meluncurkan tiga makalah yang
                menggemparkan : tentang gerak Brown, tentang efek
                fotolistrik dan tentang relativitas khusus) akan
                nampak diam layaknya gletser ? Menurut mekanika
                Newton, harusnya memang begitu ! Namun Einstein merasa
                tidak demikian. Soal ini tak bisa dideduksi dengan
                mekanika Newton dan membutuhkan kerangka berfikir baru
                yang lebih luas.

                Kita tinjau lagi kerangka acuan di atas dan persamaan
                transformasi Lorentz. Einstein menganggap O dan O'
                adalah partikel cahaya dan Einstein dengan sangta
                berani mengambil asumsi bahwa kecepatan cahaya adalah
                tetap, dimanapun dan seperti apapun pengamat berusaha
                mengamatinya. Berdasarkan pada teorema Euclid, jarak
                tempuh cahaya O dalam ruang tiga dimensi untuk
                kerangka acuan XYZ dituliskan sebagai :

                X^2 + Y^2 + Z^2 = c^2 t^2

                dan bisa dituliskan lagi sebagai :

                X^2 + Y^2 + Z^2 - c^2 t^2 = 0 (5)

                Untuk cahaya O' yang ada di kerangka X'Y'Z' :

                (X')^2 + (Y')^2 + (Z')^2 - c^2 (t')^2 = 0 (6)

                Karena kedua persamaan ini memberikan hasil nol (0),
                kita bisa menyetarakan keduanya.Kita sudah tahu bahwa
                Y = Y' dan Z = Z', sementara hubungan antara X dan X'
                serta t dan t' telah dinyatakan oleh persamaan
                transformasi Lorentz. Maka kita mendapatkan :

                X^2 - c^2 t^2 = (X')^2 - c^2 (t')^2

                Hasil penyelesaian persamaan ini adalah sebuah
                hubungan sederhana antara k dan V, dimana :

                k = 1/sqrt(1-V^2/c^2)

                sqrt = akar kwadrat.

                Dengan hasil konstanta ini (kemudian dinamakan
                konstanta Lorentz), Einstein bisa mengembangkan
                transformasi Lorentz hingga mendapatkan inti dari
                relativitas khusus : kesetaraan massa dan energi,
                dimana keduanya bisa saling menggantikan dalam
                hubungan E = mc^2. Tentu saja, Einstein juga
                mendapatkan beragam turunan relativitas khusus :
                dilatasi waktu, kontraksi Lorentz, paradoks si kembar
                dll.

                4. Ruang Waktu

                Kita tinjau lagi persamaan (5) dan (6). Di kemudian
                hari Einstein menyadari bahwa persamaan (5) bisa
                dituliskan secara umum sebagai :

                X^2 + Y^2 + Z^2 - c^2 t^2 = S

                Dalam bentuk diferensial bisa dituliskan lagi sebagai
                :

                dX^2 + dY^2 + dZ^2 - c^2 dt^2 = dS (7)

                Untuk obyek O' dalam kerangka X'Y'Z', penulisannya
                sama. Untuk cahaya, ds = 0, namun untuk obyek lain
                yang kecepatannya lebih rendah dari cahaya , ds tidak
                sama dengan nol. Inilah persamaan yang menunjukkan
                bahwa ruang di alam semesta ini tidak bisa lagi
                dilihat sebagai teorema Euclidean dengan ruang
                3-dimensi saja, namun harus dipandang sebagai ruang
                4-dimensi, dengan dimensi keempat (waktu) berada di
                koordinat imajiner (ingat bahwa sqrt (-1) adalah
                identitas bagi koordinat imajiner), sehingga muncullah
                istilah " ruang-waktu (spacetime) ".

                Konsep relativitas khusus memandang ruang-waktu
                sebagai jalinan koordinat mirip sehelai permadani yang
                dibentangkan di lantai, alias datar. Dua tahun
                kemudian, Eisntein tidak bisa mempertahankan anggapan
                ruang-waktu yang datar ini ketika ia mencoba
                menerapkan kaitan antara relativitas khusus dan
                gravitasi. Akhirnya setelah menguatk-atik lebih lanjut
                (dengan matematika yang cukup rumit !) dan dengan
                menganggap bahwa cahaya adalah partikel yang
                sebenar-benarnya hingga bisa dipengaruhi gravitasi,
                didapatkanlah relativitas umum, yang dirumuskan
                Einstein di tahun 1916 dan demikian menggemparkan.
                Pada intinya, ketika di ruang-waktu terdapat obyek
                yang cukup massif (seperti planet, bintang2 dan
                galaksi), ruang-waktu akan melengkung (mirip mangkok)
                dan itulah yang disebut gravitasi. Pada masa kini,
                selain mekanika kuantum, relativitas umum adalah "
                permata "-nya fisika, yang sanggup menjelaskan
                perilaku alam semesta dalam struktur berskala besar.

                5. Epilog

                Pada akhirnya, bisa disimpulkan bahwa menurut
                relativitas (umum dan khusus) :

                a. besarnya kecepatan cahaya senantiasa sama meski
                diukur oleh pengamat dengan posisi dan kecepatan yang
                beragam,

                b. massa dan energi bisa saling menggantikan,

                c. ruang-waktu bisa meregang dan melipat.

                Maaf kalo uraiannya jadi demikian panjang :). Saya
                sendiri beranggapan bahwa hanya lewat " bahasa
                matematika " saja kita bisa memahami relativitas. Dan
                bahasa matematika ini kadangkala memang susah
                ditransliterasikan ke dalam bahasa sipil, bukan ? Saya
                sendiri juga belum begitu paham relativitas umum. Kalo
                merujuk pada kata2nya Sir Arthur Eddington di tahun
                1930-an, pada saat itu pun dengar2 hanya ada 3 orang
                di dunia yang bisa memahami relativitas umum, yakni
                Einstein dan Eddington sendiri, serta orang muda India
                yang saat itu sedang berlayar ke Inggris untuk
                menuntut ilmu di Cambridge di bawah asuhan Eddington,
                Subrahmanyan Chandrasekhar.

                (note : Dalam pelayaran ini Chandrasekhar berhasil
                memahami proses evolusi bintang menuju katai putih,
                bintang neutron dan lubang hitam, dimana ia berhasil
                menetapkan batas massa minimal agar sebuah bintang
                bisa berevolusi menjadi bintang neutron, yang dikenal
                sebagai limit Chandrasekhar dan membuatnya harus
                'bermusuhan' dengan sang guru : Eddington).

                Jadi, jangan khawatir bila belum benar2 memahami
                relativitas :).

                http://mail.yahoo.com
              • Ma'rufin Sudibyo
                Message 7 of 27 , Jan 11, 2006
                  Tentang Massa Negatif

                  Istilah " massa negatif " sebenarnya sudah muncul
                  sejak tahun 1930-an, saat jenius muda dari Inggris,
                  Paul Adrian Maurice Dirac, menggunakan relativitas
                  khusus untuk memecahkan persoalan elektron. Kita
                  mengetahui, bahwa dalam relativitas khusus, hubungan
                  antara energi total partikel (E) dengan massa diam
                  (Mo) dan momentumnya (p) dinyatakan oleh :

                  E^2 = Mo^2 c^4 + p^2 c^2

                  Maka kita mendapatkan Mo sebagai :

                  Mo^2 = (E^2/c^4) - (p^2/c^2)

                  Penyelesaian dari persamaan kuadrat ini menghasilkan
                  dua nilai Mo, yakni Mo >0 (massa positif) dan Mo <0
                  (massa negatif). Umumnya kita 'membuang' nilai negatif
                  (karena beranggapan tak mungkinlah ada massa negatif),
                  namun Dirac tetap menggunakannya dalam persamaan
                  Einstein sehingga ia tetap mendapatkan dua nilai E,
                  yakni E >0 (energi positif) dan E <0 (energi negatif).

                  Nah, elektron bisa memiliki kedua status energi ini.
                  Dalam status energi positif, elektron akan eksis,
                  sementara dalam status energi negatif, elektron tidak
                  eksis. Yang unik, bila terjadi loncatan energi dari
                  status energi negatif ke status energi positif,
                  ternyata akan terbentuk dua partikel elektron, namun
                  muatannya saling berlawanan. Yang muatannya positif,
                  kini kita kenal sebagai positron, antipartikelnya
                  elektron. Dirac semula tidak meyakini keberadaan
                  positron ini, namun setahun berikutnya (1932) Carl D.
                  Anderson ternyata menemukan jejak positron pada pelat
                  fotografis yang diguyur sinar kosmis.

                  Dari teori Dirac inilah kemudian muncul istilah "
                  antipartikel ", dan diyakini tiap jenis partikel di
                  alam semesta ini, baik hadron, meson maupun lepton
                  memiliki antipartikelnya masing2. Antipartikel
                  terbentuk bersamaan dengan partikel dan karena berasal
                  dari loncatan energi negatif, maka pembentukannya
                  (dari sebutir foton gamma berenergi > 1,022 MeV)
                  membutuhkan media perantara, yakni inti atom. Proses
                  ini disebut " produksi pasangan ". Berbeda jika
                  prosesnya dibalik. Bila antipartikel dipertemukan
                  dengan partikel, maka terjadi proses " pemusnahan
                  (annihilasi) " dimana keduanya lenyap dan sebagai
                  gantinya muncul 2 foton gamma, dan proses ini tidak
                  membutuhkan media perantara.

                  Soal massa negatif ini, apakah ada atau tidak, menurut
                  Dirac memang ada. Dan dulu (1987) ada mahasiswa fisika
                  ITB (saya lupa siapa namanya, tapi idenya pernah
                  dimuat di majalah AKUTAHU) yang mengembangkan
                  pemikiran tentang massa negatif ini ke dalam hukum
                  gravitasi-nya newton sehingga didapatkan istilah "
                  gaya tolak gravitasi ", karena F bernilai negatif.
                  Setelah Hubble Space Telescope diluncurkan, kita
                  mengetahui bahwa gaya tolak gravitasi ini memang ada,
                  yang dilakukan oleh materi gelap (dark matter). Dan
                  materi gelap ini sama sekali tidak bisa dilihat secara
                  langsung oleh semua instrumen yang manusia miliki di
                  zaman ini, meski ia diduga kuat merupakan 90 % massa
                  jagat raya. Kita hanya tahu adanya materi ini
                  berdasarkan pembelokan cahaya bintang jauh akibat
                  gravitasi. Tapi belum jelas bener apa materi gelap ini
                  terbuat dari partikel yang memiliki massa negatif apa
                  tidak.

                  Dari materi gelap ini, kita sekarang juga mengetahui
                  bahwa jagat raya ini terus saja mengembang dan
                  mengembang, berbeda dengan yang dibayangkan para
                  fisikawan sebelumnya (berdasarkan pada hipotesa
                  Alexander Friedmann). Dalam 20 milyar tahun ke depan,
                  diduga akan terjadi " sobekan besar " (big rip) di
                  ruang-waktu jagat raya, yang akan menghilangkan
                  seluruh materi dan energi, alias kiamat !

                  Mengenai tachyon, itu sebenarnya partikel hipotetik
                  (alias belum teruji kebenarannya di laboratorium).
                  Partikel itu memang punya kecepatan > c alias
                  berkecepatan superluminal. Karena itu, menurut
                  Einstein, partikel seperti ini haruslah memiliki massa
                  negatif, alias bermassa imajiner, sehingga sulit eksis
                  terkecuali jika terjadi transisi dari massa imajiner
                  menuju massa real. Karena menurut Einstein, waktu saja
                  bisa berada pada sumbu imajiner dalam konsep
                  ruang-waktu 4-dimensinya, maka sah2 saja bila massa
                  sebuah benda juga (bisa) berada dalam sumbu imajiner.
                  Soal kecepatan superluminal sendiri, di tahun 1973,
                  Crough dan Clay telah melaporkan adanya lintasan
                  partikel superluminal dalam pengamatannya terhadap
                  guyuran sinar kosmis. Namun pengamatan ini tidak bisa
                  dikonfirmasikan lagi pada penelitian2 sejenis di lain
                  waktu. Konsep tachyon kini banyak digunakan pada teori
                  medan kuantum ataupun beberapa versi dari teori string.

                  http://mail.yahoo.com
                • Irwan
                  Message 8 of 27 , Jan 13, 2006
                    Terima kasih atas penjelasannya.
                    Mungkin inilah yang dikatakan buku itu (aku bacanya sekilas karena terburu-buru)

                    Btw, mengenai massa negatif ini bisa saya peroleh referensi dari buku apa pak ?

                    Thanks

                    Ma'rufin Sudibyo <marufins@...> wrote:
[...]

                    Yahoo! Photos – Showcase holiday pictures in hardcover
                    Photo Books. You design it and we’ll bind it!
                  • toto aminoto
                    Message 9 of 27 , Jan 13, 2006
                      bagi rekan-rekan yang tahu lowongan dosen fisika, mohon di share
                      trims

                      Yahoo! Photos
                      Got holiday prints? See all the ways to get quality prints in your hands ASAP.
                    • evelyn einstein
                      Message 10 of 27 , Jan 22, 2006
                        Sekedar Info
                        Universitas Syiah Kuala saat ini sedang membuka lowongan untuk Test Dosen sebanyak 182 orang dan teknisi 70 orang
                        Khusus untuk jurusan MIPA FISIKA dibutuhkan 5 Tenaga Dosen, diantaranya 1 dari Teknik Fisika dan 2 dari MIPA Fisika....

                        toto aminoto <aminoto95@...> wrote:
                        bagi rekan-rekan yang tahu lowongan dosen fisika, mohon di share
                        trims

                        Yahoo! Photos
                        Got holiday prints? See all the ways to get quality prints in your hands ASAP.

                        Yahoo! Autos. Looking for a sweet ride? Get pricing, reviews, & more on new and used cars.

                      • Michael Stephen
                        Message 11 of 27 , Jan 22, 2006
                          massa negatif mungkin diperlukan sebagai keadaan awal untuk mencegah massa tak terhingga

                          Yahoo! Autos. Looking for a sweet ride? Get pricing, reviews, & more on new and used cars.
                        • Irfachsyad Danial
                          Message 12 of 27 , Jan 24, 2006
                            Hallo,

                            FYI, ITB juga lagi membuka lowongan dosen. Silakan lihat attachment atau
                            diwebsitenya. Fisika dapat jatah 3 org sptnya.

                            Semoga membantu & good luck.

                            Danial Irfachsyad, PhD AmIChemE
                            Cosmetic Application Specialist

                            Tetra Pak Stainless Equipment
                            Jalan Raya Pulogebang km.3, Cakung
                            Jakarta - 13950
                            Indonesia

                            --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, evelyn einstein

                            Message 13 of 27 , Jan 25, 2006
                              --- Irwan <mirwanhrp@...> wrote:

> [...]
                              > Mungkin inilah yang dikatakan buku itu (aku
                              > bacanya sekilas karena terburu-buru)
                              >
                              > Btw, mengenai massa negatif ini bisa saya peroleh

                              Sorry baru dibales skrg :). Saya bacanya di majalah
                              lama, namanya PIPA (Pengantar Ilmu Pengetahuan Alam)
                              terbitan Depdikbud (saat itu), pada tahun 1970-an.
                              Kalo buku aslinya PAM Dirac, wah sampai saat ini saya
                              juga belum bisa mendapatkan :)

                              http://mail.yahoo.com
                            • su
                              Message 14 of 27 , Feb 1, 2006
                                mo tau donk sebenernya pencapaian fisika nuklir n partikel tuh apa sih kalau nanti sudah ditemukan teori yang menyatukan segalanya buat apa? cuma sekedar untuk menunjukkan betapa tingginya intelektual manusia atau untuk apa? apakah nantinya dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan manusia? satu lagi kalau dengan teori tersebut dapat menentukan batas dari jagat raya lalu yang diluar jagat raya itu apa?

                                Michael Stephen <heven_of_love@...> wrote:
                                massa negatif mungkin diperlukan sebagai keadaan awal untuk mencegah massa tak terhingga

                                Yahoo! Autos. Looking for a sweet ride? Get pricing, reviews, & more on new and used cars.

                              • timmy_fisika_ugm
                                Message 15 of 27 , Feb 4, 2006
                                  Saya coba jawab sedikit ya. Konon ketika fisikawan ternama Michael
                                  Faraday menemukan hukumnya dan memberikan kuliah umum, dia ditanya:
                                  untuk apa hukum itu? Jawabannya langsung keluar dengan serta merta:
                                  Sewaktu seorang bayi baru dilahirkan, untuk apa gunanya? Untuk
                                  menyenangkan orang tuanya, bukan? Nanti seiring berjalannya waktu baru
                                  terlihat ada gunanya. Dan sekarang, kita rasakan sendiri bagaimana
                                  hasil dari petualangan intelektual di masa lalu itu.

                                  Begitu juga petualangan intelektual manusia, terkadang tidak jelas
                                  juntrungan dan tujuannya. Sementara waktu memang terlihat (dan memang
                                  mungkin) untuk memenuhi kepuasan intelektual para ilmuwan. Tapi
                                  yakinlah itu akan menjadi jembatan menuju kesejahteraan manusia.
                                  Memang selalu ada kemungkinan untuk menuju hal yang negatif, tapi itu
                                  resiko.

                                  Message 16 of 27 , Feb 9, 2006
                                    --- su <kucingkentung@...> wrote:

> [...]
                                    > kesejahteraan manusia? satu lagi kalau dengan teori
                                    > tersebut dapat menentukan batas dari jagat raya lalu

                                    Di tahun 1930-an, seorang wartawan bertanya kepada
                                    Enst Orlando Lawrence, sang ahli fisika brilyan dari
                                    Berkeley yang namanya kini ditabalkan untuk Lawrence
                                    Radiation Laboratory, salah satu institusi fisika
                                    nuklir paling berpengaruh di daratan Amerika. Lawrence
                                    baru beberapa tahun sebelumnya menciptakan siklotron
                                    berdiameter 60 cm, dengan magnet sumbangan perusahaan
                                    telepon dan digerakkan oleh listrik rumah tangga. Dan
                                    saat itu ia sedang ' licik2nya ' mencari dana kesana
                                    kemari untuk membangun sinkrotron, instrumen
                                    pemercepat partikel dengan diameter berlipat kali
                                    siklotron miliknya.

                                    sang wartawan bertanya, " Tuan Lawrence, apa tujuan
                                    anda membangun peralatan ini ". Lawrence, dengan
                                    gayanya yang lugas (seperti Oppenheimer), menjawab
                                    ketus " Seandainya kami tahu untuk apa tujuannya, kami
                                    tak perlu membangun alat ini ". Jawaban yang bikin
                                    kesal sang wartawan, juga anggota2 kongres. Namun toh
                                    Lawrence dapat duit juga, dan sinkrotron menjadi salah
                                    satu milestone. Dari sana inti2 baru didapatkan,
                                    fisika radiasi dan kedokteran nuklir muncul dan
                                    berkembang, dan Lawrence sendiri turut menjadi anggota
                                    tim Oppenheimer dalam merancang senjata nuklir
                                    pertama.

                                    mungkin itu jawabannya :). Tidak perlu rumit2 deh.
                                    anggap saja semua ini " permainan ", meski kadangkala
                                    fisika emmang membutuhkan permainan otak yang prima.
                                    Ikuti saja teladan dari Richard Feynmann, yang
                                    sehari-harinya suka sekali bermain menerbangkan
                                    piring-piring plastik di halaman laboratoriumnya,
                                    sampai diolok-olok oleh rekan2nya yang lain, bahwa itu
                                    semua sia-sia belaka dan tak berguna. Namun sejarah
                                    akhirnya menunjukkan, Feynmann-lah, dan bukan orang
                                    yang 'serba serius' dan suka mengolok-olok itu, yang
                                    berdiri di atas auditorium Nobel atas karya besarnya
                                    mengenai elektron.

                                    http://mail.yahoo.com
                                  • su
                                    Message 17 of 27 , Feb 10, 2006
                                      Bole juga jawabannya!!! Contonya kaya aerogel, tadinya mo dimanfaatin buat apaan tapi akhirnya sekarang kepake juga buat nangkepin debu luar angkasa. Tapi saya sebagai penggemar fisika yang berada di belahan bumi sebelah timur lebih tepatnya indonesia besar kemungkinannya untuk menanyakan hal tersebut karena kita sebagai penduduk indonesia "tercinta ini, yang subur makmur sejahtera dimana pemerintahnya menanamkan aset negara untuk mencerdaskan kehidupan anak beserta tujuh keturunannya(k o r u p t o r). dimana bahkan untuk universitas se-ngetop se indonesia, belum pernah tuh(sampai semester 4) megang yang namanya mikroskop elektron, yang ada hanyalah teori2 semata. jadi wajar kalo menanyakannya!!! menurut saudara saudara mungkin ga mahasiswa indonesia bisa ngembangin fisika di indonesia tercinta ini. karena saya tau mahasiswa indonesia yang cerdas2 akan mengembangkan intelektualitasnya dan mengabdikan diri di negri pamannya sam pamannya sapa lagi deh!! karena pekerjaan pegawai negri tak bisa menjamin kebutuhan. yang jelas pasti ada donk tujuannya melakukan penemuan2 macam itu mana mungkin kalo ngelakuin tanpa tujuan dan kalo boleh tau dimana sih bisa dapetin jurnal perkembangan terakhir mengenai teori2 tersebut????? thx