Re: [FISIKA] soal smu

  • Charles Sinambela
    Message 1 of 4 , Apr 5, 2004
      Pertanyaan bagus tapi sebelum saya jawab, saya mau nanya :
      -. Apa yg kamu ketahui tentang hukum Newton

      thanks

      Message 2 of 4 , Apr 6, 2004
        --- the_last shadow <microsoft19872000@...>
        wrote:
> [...]
        > tingginya 40 meter di atas tanah.jika gravitasi=9,8
        > meter per sekon kuadrat tentukan kecepatan batu saat

        cari lagi GLBB dan GLB itu yang penting....
        vt2=vo2 + 2 ax
        vt2=vt kuadrat dsb
        a = percepatan gravitasi (jgn lupa tanda + atau -nya
        ya)
        x=jarak dari benda dijatuhkan ke tanah..
        v0=kecepatan awal...ayo berapa, km juga hrs tau
        maksudnya nilai vo kl benda dijatuhkan...

        selamat mencari ya, semoga bermanfaat...

        > mohon sangat bantuannya ya.
        > terima kasih.

        > removed]

        Yahoo! Small Business $15K Web Design Giveaway
        http://promotions.yahoo.com/design_giveaway/
      • Sofia Tania
        Message 3 of 4 , Apr 10, 2004
          Sabtu, 10 April 2004 - 14:23

          A'o the_last,

          Sunday, April 4, 2004, 2:09:43 AM, you wrote:

          ts> hai teman teman ku ,saya ingin tanya kepada kalian mungkin ada yang masih ingat tentang pelajaran smu,karna saya udah agak lupa tentang smu dan rumusnya.adakah seseorang yang bisa membantu saya.
          ts> maaf agak merepotkan kelihatanya
          ts> soal nya:
          ts> 1)sebuah batu di jatuh kan dari pungak menara yang tingginya 40 meter di atas tanah.jika gravitasi=9,8 meter per sekon kuadrat tentukan kecepatan batu saat menyentuh tanah!!!

          ts> mohon sangat bantuannya ya.
          ts> terima kasih.
          <(0)>
          Saya kelas 3 SMP, tapi mau coba jawab.
          Kayaknya ini berhubungan dengan Energi Mekanik (Energi Mekanik =
          Energi Kinetik + Energi Potensial).

          Misalnya Em = energi mekanik, Ek = energi kinetik, dan Ep = energi
          potensial.

          Em1 = Em2
          -> Em1 maksudnya Energi Mekanik sewaktu benda ada di ketinggian 40
          -> meter (baru akan dijatuhkan, tapi belum...)
          -> Em2 maksudnya Energi Mekanik saat benda ada di ketinggian 0 meter
          -> di atas tanah (menumbuk tanah).

          Jadi,
          Em1 = Em2
          Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2

          Kita tahu bahwa Ek1 = 0 karena pada saat itu benda belum dijatuhkan,
          jadi belum mempunyai kecepatan (Ek1 = 1/2 m v² -> v=0, jadi Ek1 = 0).
          Lalu, kita tahu bahwa Ep2 = 0 juga (Ep2 = mgh -> karena benda berada
          pada ketinggian 0 meter dari tanah, maka h=0 sehingga Ep2 juga 0).

          Jadi,
          Ep1 + 0 = 0 + Ek2
          mgh = 1/2 mv²
          gh = 1/2 v²
          (9,8 ms^-2) x 40 m = 1/2 v²
          (19,6 ms^-2) x 40 m = v²
          784 m²s^-2 = v² -> kedua sisi diakarkan
          28 ms^-1 = v

          Jadi, kecepatan benda saat menumbuk tanah adalah 28 meter per sekon.
          Mmm... saya diajarkan ini kelas 1 SMP... baca-baca aja lagi, biar
          nggak lupa pelajaran SMP - SMU :)

          See ya.

          From Tania With Smile :)
          MSN Msgr: pociteh@... | ICQ# 158415013