Overheated Water

  • Susanto Salim
    Message 1 of 3 , Mar 31, 2004
      Salam kenal buat rekan2 sekalian, saya anggota baru dimilis ini dan senang
      bisa gabung di sini.

      Saya punya pertanyaan seputar overheated water, kasus yang bisa terjadi jika
      kita memanaskan air (ato bisa juga sembarang zat cair ???) dalam microwave,
      mengapa kiranya hal seperti ini tidak terjadi pada pemanasan secara
      konvensional (misal: dengan kompor gas)?

      Dan satu lagi, mengapa benda yang berada dalam keadaan panas tinggi jika
      mendadak didinginkan beresiko besar mengalami perubahan bentuk (untuk logam)
      atau bahkan pecah berantakan (untuk gelas/kristal)

      sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih dan sekali lagi salam kenal
      buat semuanya.

      wasalam,
      -santo
    • Hardy Gaza Sahruwardi
      Message 2 of 3 , Apr 1, 2004
        Selamat bergabung ya..semoga kita bisa mengisi
        kekurangan diri masing dlm fisika.,langsung aja,
        well..
        Overheated water adalah fase zat cair yang telah
        berubah menjadi uap, lalu tetap dipanaskan lagi, jadi
        temperatur nya sdh diatas 100 derajat celcius.
        Sebenarnya agak kurang tepat juga sih kl msh ada kata2
        airnya, krn fase airnya sdh lewat-ttp gak apa untuk
        menujukkan bhwa fase asalnya dari air or zat cair, jd
        bisa juga zat lainnya.

        Sebenarnya bisa terjadi tidak hanya di microwave,
        ditempat lain juga bisa. Masalahnya mungkin pada
        sistem isolasinya. Microwave punya sistem isolasi yang
        lebih baik dibandingkan dengan panci di rumah atau
        oven kue, jadi kemungkinan uap air keluar lebih
        sedikit-akhirnya airnya ditrap di dalam terus.
        Kesimpulannya tdk hy dimicrowave bisa terjadi
        peristiwa overheated water-mungkin lebih tepatnya
        superheated water!!

        Superheated water biasa digunakan untuk menggerakkan
        steam tubin, suhunya bisa ratusan derajat celsius, ia
        colorless tetapi sangat panas.jd jgn sampai ketuker
        sama uap air yang biasa ya..kl uap air yg biasa kita
        liat, itu memang air yg sdg mengalami perubahan fase
        saja, dan belum tergolong superheated water.makannya
        kl saluran superheated water mengalami kebocoran itu
        masalah serius�(ia tdk terlihat ttp ada�.ini bukan
        horor lho)

        Dan untuk menghasilkan steam turbin yang cukup, justru
        tidak pakai microwave..ttp pakai chamber yang intinya
        bisa transfer panas ke air degna baik, ttp isolate
        panas dr dlm ke luar

        Konvesional?maksudnya konveksi atau
        konduksi?sebenarnya tidak juga, intinya kan ada pada
        ada/tidaknya kalor bukan pada proses pemberian kalor,
        selama pakai kompor bisa menyuplai panas yg cukup agar
        overheated ya gak masalah, hanya saja microwave
        mengantarkan kalor dengan cara radiasi (ini maksud
        kamu yang modern�?)di dalam air sendiri ya tetap
        terjadi konveksi, ttp dr microwave ke air ya lewat
        radiasi�cukup jelas kan�!dan selama ini masih lebh
        baik dengan microwave.

        n.b. sebenarnya gak ada tuh istilah konvesional dlm
        hal pemberian kalor, yang ada juga: konveksi, konduksi
        dan radiasi, tahu kan bedanya..!km masih kuang puas,
        tanya lagi ya�selama saya bisa bantu akan saya
        jawab�don�t hesitate!
        semoga bermanfaat.

        --- Susanto Salim <santolim@...> wrote:
> [...]
        > perubahan bentuk (untuk logam)
        > atau bahkan pecah berantakan (untuk gelas/kristal)
        >
        > sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih dan

        Yahoo! Small Business $15K Web Design Giveaway
        http://promotions.yahoo.com/design_giveaway/
      • Hardy Gaza Sahruwardi
        Message 3 of 3 , Apr 1, 2004
          Selamat bergabung ya..semoga kita bisa mengisi
          kekurangan diri masing dlm fisika.,langsung aja,well..
          1. Overheated water adalah fase zat cair yang telah
[...]

          Konvesional?yang konvensional tuh alatnya apa
          prosesnya?kompor atau microwave ?atau maksudnya
          konveksi atau konduksi?kl maksudnya pada proses
          pemberian kalor sebenarnya tidak juga, intinya kan ada
[...]

          2. (maaf yang ini lupa ketinggalan jawabnya)
          kalau kamu perhatikan diagram fasa untuk beberapa
          jenis logam (silahkan cari di perpustakaan fifika
          material atau teknik mesin atau teknik metalurgi), itu
          sifatnya bisa beda-beda. Yang kamu maksud itu
          sebenarnya bagian proses heat-treatment atau
          perlakukan panas, kalau sebuah logam dipanaskan
          kemudian didinginkan secara cepat itu disebut proses
          quenching, biasanya logam yang mengalamiI proses
          qunching logamnya akan bersifat keras tetapi getas
          alias gampang patah�dan berantakan coba aja..
          kalau perubahan bentuk maksudnya bentuknya berbah atau
          dimensinya saja�ngerti lah saya pokoknya begitulah�