mekanik-listrik-mekanik

  • ets75id
    Message 1 of 3 , Jun 30, 2003
      Saya awam soal fisika, tapi saya tertarik dengan ilmu yang mengubah
      energi gerak menjadi listrik. Kalau ada yang ngerti bisa kirim ke
      email-saya.
    • Fidelis Adhika Pradipta
      Message 2 of 3 , Jul 7, 2003
        Setahu saya, Energi Gerak dapat diubah menjadi energi listrik dengan
        menggunakan generator. Arus yang dihasilkan AC. Prinsip nya adalah
        Induksi Elektromagnetik - Hukum Faraday. Mudah-mudahan membantu :)

        --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "ets75id" <ets75id@y...>
        wrote:
        > Saya awam soal fisika, tapi saya tertarik dengan ilmu yang mengubah
        > energi gerak menjadi listrik. Kalau ada yang ngerti bisa kirim ke
        > email-saya.
      • Doddy
        Message 3 of 3 , Jul 9, 2003
          Dinamo sepeda atau generator AC adalah contoh sederhana. Energi mekanik (mis gerak roda) diubah menjadi energi listrik dengan bantuan magnet dan kumparan listrik (koil). Pada umumnya energi mekanik memutar kawat (biasanya persegi) yang menimbulkan perubahan medan magnet dan listrik. Akibatnya muncul arus induksi yang arahnya bolak balik (AC current). Energi mekanik telah menjadi listrik. Untuk lengkapnya anda bisa merujuk pada buku fisika dasar.

          Salam Doddy

          wrote:
          > Saya awam soal fisika, tapi saya tertarik dengan ilmu yang mengubah
          > energi gerak menjadi listrik. Kalau ada yang ngerti bisa kirim ke
          > email-saya.

          Hendradi Hardhienata
          IPB - Physics
          E-mail : doddy_soccerstar@....