Re: [FISIKA] Mengenai c

  • pramana .
    Message 1 of 6 , Feb 13, 2003
      Mungkin ini sedikit dapat membantu ma'af yang beragama lain karna menyangkut masalah Agama.
      Regards
      Pramana

      Physic Mania <physic_mania@...> wrote: Untuk yg uda jago atau merasa uda jago pliz jawab ya! Saya gak ngerti nih!
      Persamaan ini:
      t=t0/(1-v^2/c^2)^1/2
      Ini ko kelajuan cahaya yg dipake sbg acuan? Apa karena kelajuan cahaya sama u/ semua pengamat di ruang hampa? Atau ... karena apa?

      Seseorang yg sedang mencoba memahami sulitnya fisika

    • Doddy
      Message 2 of 6 , Feb 16, 2003
        Benar, kecepatan cahaya adalah sama diruang hampa bagi semua pengamat dalam kerangka acuan inersial. Sesuai dengan postulat Einstein kedua. Karena waktu dipengaruhi oleh sinyal yang merambat, dalam hal ini cahaya- maka waktu tidaklah sama bagi semua pengamat dalam kerangka inersial yang berbeda. Waktu adalah sama bagi pengamat dalam kerangka inersial yang sama. Tentu hal ini dapat dibuktikan melalui imajinasi sederhana (anda dapat mengacu pada buku fisika modern, saya sarankan Beisler, atau Krane)
        Perbedaan waktu karena beda sinyal cahaya ini dihubungkan oleh persamaan yang anda tuliskan. Perlu diperhatikan bahwa waktu to dialami oleh pengamat yang diam terhadap waktu atau mudahnya pengamat yang memegang jam tangan. Bila pengamat itu berada dalam roket maka di jamtangannya berlaku to (pendek) dan kita dibumi t (panjang)- sebaliknya bila pengamatberjamtangan berada dibumi baginya to dan yg diroket t. Jadi waktu benar-2 relatif! Yang mutlak hanya c.
        Semoga ini dapat membantu Anda

      • Tri Setyanto
        Message 3 of 6 , Feb 16, 2003
          apa pernah dicoba misalnya oleh seorang astonot yang sedang meluncur di 20
          detik pertamanya gitu, untuk membuktikan perbedaan waktunya walaupun misal
          kurang 1x10^-10 detik perbedaannya.
          thanks

          Message 4 of 6 , Feb 17, 2003
            Setahu saya pernah ada percobaan nasa, dengan dua orang kembar tetapi perbedaan usia mereka dalam orde nanosekon atau kurang. Ini pasti dihitung secara matematis, sulit membayangkan gimana ngitungnya!
            Tapi yang pasti sih, jam atom yang dipasang pada pesawat komersial sepanjang tahun berbeda dengan jam dibumi walaupun hanya beberapa detik. Bukti paling jelas diperoleh dari perjalanan muon di atmosfer. Umur muon yang bergerak (thd kita) lebih panjang daripada yang dibuat di lab. itu sebabnya muan bisa mencapai permukaan tanah dari ketinggian atmosfer.
            Tri Setyanto <Tri.Setyanto@...> wrote:apa pernah dicoba misalnya oleh seorang astonot yang sedang meluncur di 20

            Hendradi Hardhienata
            IPB - Physics
            Jalan Curug Indah no 1 RT 05/06