Re: [FISIKA] Clean, Modern Subway, Efficiently Built. In India?

  • pelznickel_emeritus <pelznickel_emeritus
    Message 1 of 3 , Jan 31, 2003
      Saya belum pernah ke New Delhi jadi belum bisa "merasakan" subway
      yang tidak berisik itu seperti apa, tetapi kalau di Amerika, sistem
      subway terbaik yang pernah saya rasakan itu di Washington D.C.
      (Metro). Kalau New York City atau Boston, jangan tanya... nightmare
      lah...

      Cuma saja, itu orang kalau bikin subway sampai mentok pondasi
      gedung... itu mah bukan ahli bikin subway... itu mah pelarian dari
      penjara :) :) :)... yang benar saja kalau milih pemborong subway...
      yang namanya subway itu lewat di bawah kuburan para pejuang
      kemerdekaan! Ada-ada saja... lha wong di New York itu subway berada
      di bawahnya (almarhum) World Trade Center! Gimana nggalinya? Ya
      untuk itulah sebelum jadi insinyur, orang harus kuliah dulu! Ada-ada
      saja... bikin subway kok seperti nggali terowongan dari kampus utama
      ITB ke fasilitas olahraganya ITB di mana Jalan Tamansari terganggu
      (karena ikut tergali) sampai berbulan-bulan? Kalau lewat di bawah
      kuburan apa kerangka para pahlawan juga perlu diganggu?

      Trus, saya sudah jeleh (bosan) mendengar orang mengomel soal
      korupsi, kebijakan pemerintah ini dan itu. Saya sendiri bekerja
      bersama pemerintah dan punya banyak alasan untuk "mengomel". The
      truth is, pemerintah boleh-boleh saja menang perang di Afghanistan
      atau di Irak, tapi kalau 2 juta kepala keluarga di AS kehilangan
      pekerjaan akibat resesi berlarut-larut (mantan atasan saya sampai
      sekarang masih menganggur sejak dipecat pada Thanksgiving tahun
      2001), there is nothing the government can do. Aneh kan? Di CNN
      Money beberapa hari lalu dipajang berita, "Recession? There is
      nothing the Fed can do!" Gaji saya barusan dipangkas sampai saya
      harus makan Indomie setiap hari, dan mungkin sebentar lagi harus
      pindah apartemen. Padahal saya malah harus kerja dua kali lebih
      berat dari tahun lalu. Dongkol juga sih pada "pemerintah" yang
      sepertinya tidak punya perhatian kepada rakyat dan malah ribut
      masalah Irak. Masih untung karena banyak teman saya yang di PHK dan
      karena nggak punya uang terpaksa jadi misionaris di RRC. Ya nggak
      salah sih, tapi kalau memang panggilannya jadi misionaris, kenapa
      harus nunggu di PHK dulu?

      Presiden Bush beberapa waktu lalu pernah mengatakan, "Pemerintah
      bisa-bisa saja membangun jalan-jalan, sekolah-sekolah atau prasarana-
      prasarana yang lain, tetapi ada satu hal yang pemerintah tidak bisa
      lakukan: yaitu menaruh harapan di dalam hati anda semua!" Saya rasa
      di situ kuncinya, kalau anda mau maju, jawabannya bukan pada
      pemerintah, dan juga bukan pada saya atau siapa saja yang tidak
      punya rumah atau bahkan KTP di Indonesia. Aneh juga sih kalau saya
      terima email, "Kapan pulang?" Pulang ke mana? Rumah saya di sini
      kok, KTP saya juga beralamat di sini! Saya nggak punya rumah di New
      Delhi, jangan suruh saya pulang ke tempat yang bukan rumah saya. Ada
      lagi yang menulis, "Kalau bukan anda lantas siapa yang membangun
      bangsa?" yang langsung saya jawab, "Memangnya anda itu cacat seumur
      hidup atau bagaimana?"

      Pemerintah boleh-boleh saja korupsi, atau ribut masalah Irak, dan
      tidak peduli pada rakyat, tapi anda harus terus maju, dengan atau
      tanpa pemerintah yang korupsi atau tidak peduli pada masalah anda.
      Paling-paling hidup anda hanya sedikit lebih sulit, itu saja... tapi
      hal itu tidak boleh sampai mematikan harapan anda. Anda tahu nggak
      kalau Gubernur negara bagian Massachusetts yang sekarang, tidak
      digaji sepeserpun supaya pajak rakyat berkurang? Padahal ybs
      menghabiskan dana jutaan dollar dari kekayaannya untuk kampanye, dan
      punya bisnis yang sebenarnya lebih membutuhkan perhatiannya untuk
      diurusi daripada mengurusi orang-orang yang membutuhkan santunan
      health care atau pendidikan dari negara? Anda mungkin heran kalau
      saya mengatakan bahwa saya nggak mau jadi gubernur... buat apa (apa
      yang dicari), saya bisa mengatakan hal ini karena saya bekerja untuk
      pemerintah and know the truth... dan mereka yang masih memerlukan
      pamor atau merasa bahwa jadi pejabat lantas "berkuasa", akan heran
      dengan pernyataan saya ini.

      Tahu nggak kalau Lee Iacocca waktu mengambil alih Crysler yang
      sedang sekarat, hanya digaji $1/tahun?

      Life is a little harder, that's all, but you can't lose your dreams.