Re: [FISIKA] Komputasi-Tomografi-Desain

  • Bayu Suparta
    Message 1 of 11 , Feb 1, 1999
      FISIKA: INDONESIAN FORUM FOR PHYSICS AND PHYSICS MANAGEMENT

      Saya hendak mempertegas statemen saya:
      > Topik berikutnya adalah seputar novel idea tentang sistem terfokus
      > computed tomografi scanner. Ide ini juga adalah 'ide asli' dari saya,
      > yang kemudian dibuktikan secara simulasi dan ekperimen. Belum pernah
      > ada orang yang mengerjakan ini sebelumnya. It works well! I believe,
      > ide ini akan menghadirkan paradigma baru di bidang design CT scanner,
      > yang simple, less expensive, accurate, dan cepat. Sistem CT ini amat
      > pass untuk industry, yang praktis so far tidak aksesibel karena
      > expensive and inaccurate. Dan, thesis saya merekomendasi bahwa
      > sistem ini amat cocok untuk Indonesia.

      Penegasan saya:
      Bahwa current CT sistem inaccessible bagi industri karena expensive
      (too costly) dan inaccurate. Ide saya memberikan solusi berupa
      'cara' yang lebih simple, less-expensive, accurate, dan.....
      'bernilai strategis untuk industri'. Dan, 'cara' itu dapat
      dipertanggung-jawabkan secara fisika dan matematika.
      I (we) know the science of CT and I (we) know we have the
      engineering. Thus, I (we) can develop the technology. Indonesia can
      build this technology and could become the first! :-)

      Selanjutnya pesan sponsor (non-fisis): :=)
      Indonesia dalam krisis. Industri manufaktur (termasuk agroindustri
      e.g. makanan kaleng) adalah salah satu pilihan yang bagus untuk
      memulihkan ekonomi Indonesia. Teknologi CT untuk NDT&E memiliki
      peranan penting untuk menjustifikasi produk yang so called "good
      quality". Dengan NDT&E, sebelum produk diluncurkan ke pasar, kita
      dapat tunjukkan 'bagian jeroan' produk. Seeing is believing.
      Do not buy it until you believe in what you see! :-)

      Regards,

      GEDE BAYU SUPARTA
      Department of Physics, Monash University
      Clayton, Victoria, 3168, Australia
      Phone : 61-3-99053616 Fax : 61-3-99053637
      ARSIP (SEMENTARA) - http://www.eGroups.com/list/fisika_indonesia
      Bantulah kemajuan fisika Indonesia, dengan mengajak kolega anda bergabung.
      Untuk bergabung,mail ke majordomo@... dengan body: subscribe fisika.
      Untuk pengarsipan, anggota dimohon mengirim data alamat kerja/studi dan
      bidang minat atau topik riset ke: oktova@...-hannover.de. Terima kasih.

      eGroup home: http://www.eGroups.com/list/fisika_indonesia
      Free Web-based e-mail groups by eGroups.com
    • Ihsan Hariadi
      Message 2 of 11 , Feb 1, 1999
        FISIKA: INDONESIAN FORUM FOR PHYSICS AND PHYSICS MANAGEMENT

        Yth. anggota milis fisika indonesia,

        Sejak 1 atau 2 bulan yll. salah seorang rekan alumnus jurusan teknik
        elektro itb, mas Erik B. Antariksa memprakasai berdirinya milis el-itb
        yang direncanakan mengcover alumni jurusan teknik elektro itb sejak
        angkatan lama (1950 an) sampai yang terbaru (1998 an). Di samping
        milis, rencananya setiap bulan juga diterbitkan 'koran elektronik'
        Di bawah ini saya sertakan sampelnya yang nomor 2, Februari 1999,
        mudah-2 an bermanfaat.

        -ihsan hariadi-

        Date: Mon, 1 Feb 1999 22:34:51 +0700 (WIB)
        Ke : El-ITB@...
        From: "B. Antariksa (Erik)" <NEXT_Technology@...>
        Subject: [El-ITB] El-ITB TODAY, Issue 02, Feb 01, 1999

        Issue 02 February 01, 1999
        === El-ITB TODAY ===
        A Free E-Mail Newsletter

        Editor : Ir. B. Antariksa <el-itb-owner@egroups.com>
        Found on the Web at http://www.egroups.com/list/el-itb/

        If you have any fresh idea, comment, articles or your carrer profile,
        please send to el-itb-owner@egroups.com. Thank you.
        world.

        In This Issue:
        -------------

        * Event/Sport
        * From Editor
        * Classified Ads
        * Technology: Digital Power Line (DPL)
        by Ir. Fahmi el Amruzi (El87), SCADA & Communication Engineer
        * Business: Seven Basic Principles Regarding Doing Business on The Web
        by Dana Blankenhorn, editor, A-Clue.Com (http://www.a-clue.com)
        * Refreshing/Joke
        * Advertising in EL-ITB TODAY

        EVENT/SPORT

        JOHAN O.S. (El88, Grup Bhatara) menikah 30 Jan 1999 di Bandung.
        Congratulations! Mail: gbhatara@... 0811 237 338

        INVITATION TO THE TENNIS CLUB in Denpasar, Bali. Conducted by El86.
        Contact: NEXT_Technology@...

        BANDUNG HASH HOUSE HARRIERS run..run ..on and on, every Monday
        List: bandunghhh@onelist.com http://www.he.net/~true/hhh

        BALI HASH HOUSE HARRIERS every Monday, Thursday
        Run and enjoy the view from "The Ultimate Island"
        Contact: NEXT_Technology@...

        INDONESIAN STUDENTS SCIENTIFIC MEETING 1999 (ISSM'99) IN EUROPE
        Scientific Meeting in Kassel, Germany, October 8-9, 1999
        Contact: Surya Faisal D. (surya.danuningrat@...)

        updated Jan 11, 1999).

        Mudah-mudahan kehadiran list ini memberikan sesuatu informasi yang
        berguna. Umpan balik selalu diterima dengan tangan terbuka :)

        Ada beberapa e-mail dari anggota yang mengharapkan hadirnya kolom
        bursa kerja untuk newsletter El-ITB TODAY. Tentu saja saya akan
        senang sekali jika dapat membantu.
        Mudah-mudahan dengan partisipasi aktif, kita dapat mewujudkan ide
        tersebut di terbitan edisi mendatang.

        Tugas kita bersama untuk membuat sesuatu yang lebih baik di tengah
        kondisi negara kita tercinta yang sedang prihatin.

        See you in the next issue. Keep smiling and make things better :)

        CLASSIFIED ADS

        BRILLIANT IDEA ON E-COMMERCE: Send your idea regarding E-Commerce
        to NEXT_Technology@... and get a sharing based join cooperation

        THE SMALL BANK NEWSLETTER: The best advice on investing in the
        smaller bank stocks. http://www.banknewsletter.com 1-888-814-7575

        JOBSITE DATABASE online employment opportunities system for your
        website. Proven app. http://aufrance.com/products.htm#JobSite

        You may insert a classified ad in El-ITB TODAY next month
        for free, includes two 65-character lines.

        DIGITAL POWER LINE (DPL)
        by Ir. Fahmi el Amruzi (El87), SCADA & Communication Engineer

        Angin segar bertiup bagi PLN untuk dapat melakukan diversifikasi
        usaha ditengah suasana yang semakin lama semakin besar kerugian
        yang diderita PLN, yang apabila tidak cepat diantisipasi akan
        membawa kapal PLN kita tercinta tenggelam secara perlahan-lahan
        (Titanic). Diversifikasi usaha yang cukup menjanjikan ini dimung-
        kinkan dengan berhasilnya terobosan teknologi baru 'Digital Power
        Line (DPL)'.

        Apakah DPL itu ?. DPL (Digital Power Line) adalah suatu teknologi
        transmisi data digital dengan menggunakan kabel listrik (TT, TM
        dan TR). Kunci DPL didasarkan pada kemampuan mengirim dan menerima
        sinyal data melalui jaringan kabel listrik yang ada. Ide transmisi
        data digital melalui kabel listrik bukan hal yang baru, tetapi
        solusinya baru ditemukan pada tahun 1994. Solusi tersebut kemudian
        mengalami proses penyempurnaan, hingga akhirnya diujicobakan pada
        November 1997 di 12 unit komputer di Seymour Park Primary School,
        Manchester, Inggris, dengan hasil sangat memuaskan. Pada bulan
        Oktober 1997, Nortel dan Norweb Communications di Inggris resmi
        mengumumkan keberhasilan dan keberadaan penyediaan teknologi DPL.

        Pemakaian DPL pernah diisukan mengakibatkan kabel listrik menjadi
        semacam antena yang dapat mengganggu kelancaran transmisi radio
        untuk keperluan penerbangan. Pada 27 Mei 1998 Norweb secara resmi
        menyangkal tegas hal tersebut, setelah melakukan serangkaian pene-
        litian yang intensif. Namun, diakui masih ada kelemahan DPL, yakni
        ketergantungannya pada jenis sistem jaringan transmisi yang digu-
        nakan. Perbedaan sistem transmisi inilah yang menyebabkan teknologi
        DPL tidak begitu mudah menembus pasar Amerika Utara, misalnya.
        Karakteristik kabel listrik di Amerika Utara berbeda dengan di
        Inggris, sehingga dapat mempengaruhi kelancaran transmisi data.
        Di Amerika Utara umumnya satu trafo distribusi dihubungkan ke
        8-12 unit pelanggan listrik, sedangkan di Inggris bahkan disam-
        bungkan ke 100-200 unit.
        Walau begitu, hampir dapat dipastikan perbedaan tersebut bukan
        kendala besar. Buktinya, sudah ada rencana meluncurkan DPL di
        Amerika Utara yang dimulai awal 1999.

        Dari sisi teknis pemasangannya DPL menjanjikan kemudahan. Para
        pelanggan cukup membutuhkan dua hal selain perangkat lunaknya.
        Yaitu, sebuah kotak yang diletakkan dekat meteran listrik, yang
        berfungsi sebagai alat pengirim dan penerima data. Kotak tersebut
        kemudian dihubungkan dengan kabel coax ke PC card yang dipasang
        dalam komputer. Sejauh ini, biaya pemasangan kotak dan PC card
        diperhitungkan sama dengan biaya pemasangan kartu ISDN.
        Bagi penyedia jasa, komponen yang diperlukan adalah satu unit
        multiservice switch yang dipasang di pusat jaringan transmisi
        dan satu unit peralatan lain yang ditempatkan di cabang jaringan
        (substation) guna pengaturan lalu lintas data.
        Yang jelas, semenjak DPL diluncurkan tahun 1997, terdapat 10
        perusahaan listrik besar yang menyetujui pengoperasiannya. Termasuk
        perusahaan listrik RWE dan EnBw di Jerman, Singapore Power,
        Vattenfall dan Sydkraft di Swedia, serta EDON di Belanda. Total
        proyeksi pemasaran persetujuan ini sekitar 35 juta pelanggan,
        yang tersebar di Eropa dan Asia. Produk baru DPL tidak hanya
        terbatas pada penyediaan jaringan Internet yang cepat dan murah,
        tetapi juga penyediaan jasa lainnya seperti Multi media, aplikasi
        kendali jarak jauh untuk peralatan rumah/kantor maupun sistem
        keamanan (home security). On line banking, data back up, hiburan
        dan telepon lewat Internet. Adapun keuntungan khusus bagi perusahaan
        listrik, misalnya, dengan penggunaan DPL pemasangan meteran listrik
        di setiap ujung distribusi tidak diperlukan lagi, sehingga dapat
        menghemat biaya operasional maupun administrasi. Peluang pasar yang
        sangat potensial adalah provider internet. Internet, merupakan salah
        satu aplikasi yang mungkin akan sangat terbantu dengan ditemukannya
        teknologi DPL, dimana penyediaan jasa Internet sampai sekarang
        juga masih didominasi perusahaan telekomunikasi. Akibatnya para pengguna
        Internet tidak hanya mesti men-dial server untuk hubungan Internet
        (seperti ketika kita ingin menelepon seseorang), tetapi juga dihadapkan
        pada biaya pemakaian pulsa telepon plus biaya pemakaian jasa server.
        Kelemahan-kelemahan seperti inilah yang menjadi hambatan penggunaan
        jasa Internet, kelangsungan aktivitas pemerintahan, pendidikan,
        riset dan bisnis (seperti on line banking, layanan order dan
        sebagainya), semakin lancar. Bahkan bisa dilakukan setiap orang
        dengan mudah dari kantor ataupun rumah masing-masing.
        Terbukanya teknologi DPL diharapkan mendorong semakin banyak orang
        menggunakan Internet. Maklum, penggunaan kabel listrik untuk arus
        data Internet akan menghapus berbagai kendala pada penggunaan kabel
        telepon. Dengan kabel listrik, pelanggan Internet tidak lagi dikha-
        watirkan oleh biaya pulsa permenit. Pelanggan juga dapat menggunakan
        teleponnya walaupun sedang memakai Internet. Yang lebih penting,
        dengan DPL para peminat jasa Internet diperumahan khususnya tidak
        lagi dipusingkan dengan keharusan memasang telepon untuk ber-Internet.
        Keuntungan lain, tercapainya tingkat kecepatan arus data yang sangat
        tinggi. Sebagai perbandingan, dengan kabel listrik, kecepatan arus
        data mencapai lebih dari 1 Mbps. Ini berarti 10 kali lebih cepat dari
        hubungan dengan sistem ISDN, dan sudah tentu jauh lebih cepat dari
        modem berkapasitas 56 kbps.

        --------------------------------------

        Copyright (c) 1999, Fahmi el Amruzi. Ir. Fahmi el Amruzi (El87) is a
        SCADA & Communication Enginner of PT. PLN UPD Bandung.
        E-mail: amruzi@...
        [Author's Note: Tulisan ini dibuat untuk manajemen PLN. Kalau ada
        teman-teman yang punya informasi tambahan atau bisa melihat ini
        sebagai peluang bisnis, mari kita olah bersama ]
        [Editor's Note: We do appreciate the article like this. Thank you.--
        Erik]

        SEVEN BASIC PRINCIPLES REGARDING DOING BUSINESS ON THE WEB
        by Dana Blankenhorn, editor, A-Clue.Com (http://www.a-clue.com)

        I've always been a big fan of business. I follow money the way
        most people follow sports, and I've built my career on it.

        This doesn't mean you want to hire me as your CEO, anymore than
        you'd hire a sportswriter to manage the Yankees. It does mean I've
        seen some patterns repeat over time. I call these patterns
        "Clues," and when I see them I can usually figure out where a
        story is going.

        I've been on the Internet Commerce beat since before the
        beginning, since 1985 by my count. I remember WAIS and Gopher,
        CompuServe, PARTIcipate and The Source. I've filed stories at 300
        baud -- that and $1.50 will get you a ride on the subway.

        My time on the beat has helped me refine some basic Clues into
        principles, ideas you can use to troubleshoot your own plans, or
        those of your friends and neighbors. They're not guaranteed, but
        if you follow them you're less likely to lose your way.

        Before stepping up to those principles, however, I want you to
        look in the mirror and ask yourself a hard question. What is it
        you really want to do? Me, I want to write. You may prefer
        teaching, or engineering, or selling. But if the thing you most
        want to do is not run a business, stop before you start one.
        Because no matter what illusions you may carry into this trip,
        doing business is a full-time job. You can't be a journalist and a
        businessman (or woman) -- you're one or the other. It's the first
        mistake most businesspeople make. They want to do X, but can't
        find someone willing to let them do X the way they want to do it,
        so they launch a business that does X, and very soon they're no
        longer doing X at all. They're doing business -- or "bidness" as I
        call it -- and that's all they're doing.

        That's not to say the Internet can't help you if you're just
        interested in a freelance career, or if you're looking for a job
        that really fits your personality. The Web is an incredible tool,
        no matter what your parachute may look like. It just helps to know
        where you're going before you jump out of the airplane.

        So, you really want to do some bidness? OK, get out that three-
        piece and let's go over the basics. No matter what you're selling,
        whether it's a product, a service, or just yourself, the basic
        principles of Web Commerce will remain constant. A website is your
        store, the heart of where you do business, so let's build one. The
        links that accompany the text will help illustrate each point.
        (Just open a new browser window on 'em, or print this out and
        follow along...I'll wait.)

        1. EVERY SUCCESSFUL WEB STORE IS DESIGNED FROM THE USER OUT.
        (http://www.qvc.com) Don't ask, what should I do? Ask instead,
        what do people want? Then, make sure what you give them is first-
        class. If your aim is true, you'll quickly draw competitors
        anyway. If your aim isn't true, you have no chance if what you
        offer isn't top-notch.

        2. MAKE SURE YOU HAVE PASSION FOR YOUR SUBJECT.
        (http://www.wilsonweb.com) I can't emphasize this enough. Web
        sites, magazines, and TV shows all require someone at the top who
        lives and breathes the subject. They also require someone who
        lives and breathes the subject of business, someone who lives and
        breathes the subject of sales, and someone who lives and breathes
        the technology. These are the key personnel ingredients in any
        successful Web business.

        3. IT'S NOT CLICKS, PAGE VIEWS, ADVERTISING, OR MARKETING THAT
        MAKES THE WEB GO. IT'S TRANSACTIONS, STUPID (http://www.dell.com).
        If your Web process isn't leading to sales of real products or
        services, you're fighting for a tiny portion of the Web's
        potential. You'd better have a huge market share to stand a
        chance.

        4. YOU DON'T NEED A LOT OF MONEY (http://www.stupidpc.com).
        Instead you need enough money to fund a coherent strategy, and a
        specific (preferably unfilled) niche with a clear transaction
        flow. Then you need just enough money to implement the strategy.

        5. GET YOUR TERMS STRAIGHT. A database (http://www.oracle.com)
        carries your stock. An "e-commerce" program (http://www.icoms.com)
        is your cash register. "Personalization software"
        (http://www.netperceptions.com) is your sales clerk. HTML
        (http://www.w3c.org) is just the glue that binds all this
        together. Don't let this industry's double-talk force your eye off
        the ball.

        6. THE USUAL RULES APPLY HERE AS ELSEWHERE.
        (http://www.bsa.scouting.org/) Have fun. Don't spam. Don't fear
        failure -- it happens. Don't sell anything you wouldn't buy
        yourself. Remember that a good name is more important than money,
        and if you have the former, enough of the latter will eventually
        come to you. If it sounds like everything I know about the
        Internet I learned in kindergarten, it's true....

        7. THE PUBLIC INTERNET IS JUST THE TIP OF THE WEB ICEBERG
        (http://www.officedepot.com/). The biggest money these days is
        being made on private networks, connecting corporate supply chains
        and sales channels.

        Beyond these basic principles, I figure, the world's open to you.
        There's a lot I don't know, a lot of online stories yet to be
        told. I hope yours will be one of them.

        -------------------------

        DANA BLANKENHORN writes A-Clue.Com (http://www.a-clue.com), a free
        weekly e-mail covering Internet Commerce. You can subscribe with a
        note to a-clue@....

        REFRESHING/JOKE

        Dinner in the morning
        ---------------------
        Th 1993, ketika masih bekerja di PT. Compact Microwave Indonesia (CMI),
        Bandung, saya ditugaskan Mas Rahardjo P. (Direktur) untuk berkunjung
        ke salah satu perusahaan mitra di Sunnyvale, CA, USA., untuk persiapan
        tender di PT. Telkom dan mengikuti seminar tentang Radio Frequency
        selama seminggu.

        Karena masih jetlag, biasanya saya dan rombongan (5 orang) berangkat
        jam 11, kemudian cari sarapan, biasanya nasi goreng di San Fransisco.
        Tapi yang saya rasakan, setiap jam 14 perut saya mulai mulai bunyi
        keroncongan.

        Akhirnya pada hari ketiga, setiap jam 5 pagi saya pergi ke resto Denny's
        dekat motel kami menginap, berteman supir-supir truk trailer yang lagi
        mangkal. Pelayan dan supir-supir itu selalu melihat keheranan saat saya
        melahap makanan. Tapi saya cuek saja, daripada siangnya kelaparan
        dan perut bunyi keroncongan. Pada hari kelima, ketika melayani saya,
        seorang pelayan tidak tahan dan bertanya :"Excuse me, sir. You always
        have your big dinner in the morning"

        Ketika saya ceritakan hal itu ke Mas Rizal, teman Mas Rahardjo yang
        sedang ambil S3 di Canada, dia cuma tertawa dan tanya :"Emangnya pesan
        apa kamu ?".
        "2 porsi New York steak", jawab saya. Dan dia menyahut: "Supir truk
        di situ aja cuma pesan 1 porsi dan biasanya siang atau malam hari"

        Mrs. Buttinski by Hendy
        --------------
        Mrs. Buttinski had been having some female problems, so she went
        to the doctor for an examination. After he was done, the doctor
        said to Mrs Buttinski: "I have to tell you that you have a fissure
        in your uterus, and if you ever have a baby it would be a miracle."

        She went home and told her husband: "You vouldn't believe it. I
        vent to the doctah and he told me - 'You have a fish in your uterus
        and if you have a baby it vill be a mackerel'"

        Taxes by Hendy
        -----
        A visitor from Holland was chatting with his American friend and was
        jokingly explaining about the red, white and blue in the Netherlands
        flag.

        "Our flag symbolizes our taxes," he said. "We get red when we talk
        about them, white when we get our tax bill, and blue after we pay them."

        "That's the same with us," the American said, "only we see stars, too."

        ADVERTISING IN EL-ITB TODAY

        If you have a product or service needed by companies seeking to
        promote their business on the Web, there's no better place to
        advertise than El-ITB TODAY e-mail newsletter. We offer two
        sponsorships per issue, one before and one after the first
        article. You can find full information and demographic information
        on our readers online. We have a few spots still open in the next
        few months, though spaces are filling up fast. Of course, we're
        glad to cooperate with agency media buyers.
        Contact : el-itb-owner@egroups.com

        Copyright 1999, B. Antariksa. All rights reserved. Please do
        not reprint, or host on your Web site, without explicit
        permission. However, if you found this newsletter helpful, we
        grant you permission, and strongly encourage you, to e-mail it to
        a business associate or a friend. Thank you.

        Reprint information may be found at
        http://www.egroups.com/list/el-itb

        El-ITB@... http://www.egroups.com/list/el-itb/
        List untuk alumni Elektro-ITB
        Periodicals (1 month): El-ITB TODAY a free e-mail newsletter

        Track your stocks and funds in a StockMaster portfolio. With easy
        setup, you get quotes, charts, and news for them all on just one page.
        No limits, fast loading, and FREE! http://www.stockmaster.com/?a=f8

        eGroup home: http://www.eGroups.com/list/el-itb