Tanggapan atas jawaban bung Yahdi tentang gravitasi

  • J u 5 r
    Message 1 of 2 , Jan 12, 2003
      Tanggapan atas jawaban bung Yahdi tentang gravitasi

      Yahdi:
      > jawab : Dalam fisika banyak pula kalangan ilmuwan yang mengemukakan teorinya dianalogikan dengan kejadian yang lain, misalnya tentang penjelasan sederhana untuk kurva energi ikat suatu atom dianalogikan sebagai model tetesan cairan, kemampuan elektron untuk bergerak bebas dari suatu atom ke atom lain dalam suatu ikatan logam yang digambarkan sebagai gas, sehingga di katakan ikatan tersebut ikatan gas elektron, michelson dan morley yang mengasumsikan aliran eter ibarat aliran air sungai den kemudian mereka mebuat alat percobaan mereka berdasarkan dari asumsi dua buah perahu yang berjalan disungai tadi dengan arah yang saling tegak lurus dan sebaginya. Jadi pengambilan suatu analogi dari lain kejadian untuk mengemukakan suatu teori sah-sah saja dalam fisika, asalkan memiliki sifat kerja yang sama.

      Ju5r:
      Analogi memang biasa digunakan untuk mempermudah pemodelan,
      tapi itu hanya penyederhanaan sementara.
      Dan tidak pernah dilakukan analogi dalam bentuk eksperimental, seperti yang dilakukan bung yahdi.
      Analogi energi ikat thd model tetesan cairan sebatas dalam konsep awal, perumusan matematik dan eksperimental tidak pernah mengunakan tetesan cairan lagi.
      istilah, ikatan gas elektron pada logam juga tidak pernah memakai gas betulan, itu sekedar istilah saja.

      Sebaliknya bung yahdi memakai air sebagi media eksperimen langsung dan serta merta menyatakan bahwa air bisa langsung mengantikan sifat eter.
      Jadi di awal bung yahdi sudah membuat satu batasan yang belum ada buktinya yaitu Sifat Air = Sifat Eter.
      Kesimpulan DARI MANA INI?????

      Dengan logika semacam ini, maka untuk mengamati sifat ledakan nuklir, mungkin bung yahdi akan memakai media petasan saja sebagai bahan eksperimen.

      michelson dan morley, juga tidak mengunakan sungai atau air secara langsung sbg bahan eksperimen. Mereka tetap mengunakan eter secara langsung sebagi media eksperimenya. Itu lho bedanya.

      Yahdi:
      > Mengenai apakah akan didapatkan kejadian yang sama bila air tersebut diganti udara, kenyataan membuktikan iya, hal ini dapat terlihat pada peristiwa angin tornado yang terjadi di Amerika dimana angin tornado adalah angin yang membentuk pusaran yang mampu menyedot seperti pada pusaran air.

      Ju5r:
      Kalau hanya sifat 'menyedot' saja yang diamati ya memang sama-sama menyedot.

      Tapi coba jelaskan pertanyaan berikut.
      Apakah sifat 'sedotanya' sama ?
      Apakah sama-sama memenuhi persamaan euler?
      Apakah sama-sama memenuhi persamaan Navier Stokes?
      Apakah ether itu compresible atau incompresible ?
      Apakah aliran ether itu lamiar atau turbulen ?
      Apakah viskositas ether itu akan naik jika suhu berkurang ?

      Suhu mempengaruhi viskositas, viskositas mempengaruhi aliran fluida.
      Jadi kalau mengikuti logika bung yahdi maka gravitasi pada musim dingin akan lebih kecil dibandingkan gravitasi pada musim panas.
      Suatu hal yang tidak terbukti.

      Yahdi:
      > Tidak seluruh asteroid diyakini memiliki gravitasi, satu-satunya asteroid yang pasti memiliki gravitasi adalah asteroid “243 IDA”, asteroid ini memiliki satelit ia juga berputar pada porosnya (berotasi). Seandainya gugusan asteroid ini memiliki gravitasi seharusnya gugusan asteroid ini semakin lama semakin menyatu dan membesar hal ini juga didukung oleh jarak antara mereka yang sangat berdekatan (seperti sebuah bola salju yang menggelinding), akan tetapi kenyataan sebaliknya gugusan asteroid ini semakin lama semakin halus.

      Ju5r:
      OK, saya koreksi pernyataan sebelumnya, yang benar adalah semua benda langit itu berotasi. Jadi semua Asteriod itu berotasi, dan beberapa diantaranya memiliki bulan.

      Kecepatan rotasi asteroid itu rata-rata 5 jam.
      Asteroid 243 IDA kecepatan rotasinya adalah 4,6 jam.
      bandingkan dengan bumi yang 24 jam .
      maka aliran eter di sekitar asteroid 243 IDA hampir enam kali lipat kecepatan ether di permukaan bumi.
      Jadi jika mengacu pada logika bung yahdi maka gravitasi IDA adalah 6 kali lebih besar dari gravitasi bumi.

      Kalau logika bung yahdi benar, maka pesawat shoemaker dan pesawat galileo sudah hancur kesedot asteroid saat pesawat-pesawat tsb lewat kesana. Kenyataanya pesawat shoemaker dan galileo yang didesain mengunakan teori newton utuh dan selamat bahkan bisa bikin foto dari jarak 35 km dekat permukaan asteroid.

      Kenapa asteroid tidak berubah jadi planet ?
      Jika mengacu pada hukum newton, karena gravitasi asteroid itu kecil sekali, sesuai dengan massa asteroid, maka tidak mampu untuk membentuk planet.

      Sebaliknya hasil logika bung yahdi yang akan mengharuskan terbentuknya planet baru karena garvitasi astoroid versi bung yahdi adalah enam kali gravitasi bumi.

      Yahdi:
      > Perhitungan gravitasi berdasarkan teori ini tidaklah dapat dilakukan sesederhana itu masih beberapa hal lagi yang harus diperhitungkan, misalnya diameter benda langit tsb, komposisi penyusunnya, kerapatan perkubiknya dan sebaginya, menurut saya hal ini masih harus di teliti lebih lanjut.

      Ju5r:
      Bagus, bung yahdi masih akan memperhitungkan volume, dan komposisi, kerapatan, jangan lupa MASSA-nya juga diperhitungkan yach, kenapa tidak boleh?!? Dan pengaruhnya thd kecepatan aliran eter.

      Nanti bisa ketahuan yang paling pengaruh thd gravitasi itu yang mana? kecepatan rotasinya? volumenya ? atau malah massa-nya?

      Dan tolong dirumuskan dalam bentuk persamaan matematik,
      kalau persamaan matematiknya terwujud, secara lengkap dan valid serta lulus di uji, bakalan banyak deh yang mau jadi murid bung yahdi,

      Itu lho bung yahdi ... international society selalu menuntut persamaan matematik, cuap-cuap doank kagak bakalan diterima.

      Yahdi:
      > Berdasarkan teori gravitasi Newton penghitungan gravitasi bulan pun akan menjadi salah kalau dipakai cara bung ju5r, dimana massa bulan adalah 0,0123 massa bumi dengan demikian gravitasi bulan = 0,0123/1 X gravitasi bumi (9,8) = 0,12054 m/det^2, padahal gravitasi bulan adalah 1/6 gravitasi bumi atau = 9,8/6 = 1,63 m/det^2

      Ju5r:
      Bung yahdi melakukan kesalahan dalam menghitung gravitasi bumi dan gravitasi bulan, berdasarkan teori newton.
      Sekarang mari kita hitung sama-sama.

      rumus gravitasi newton :
      g = G M / (r*r)

      Gravitasi bumi:
      G = 6.67 E-11
      Mbumi = 5.97 E+24 kg
      rbumi = 6.38 E+6 meter
      Dengan persamaan newton, Gravitasi bumi = 9.792 m/det2

      Gravitasi bumi:
      G = 6.67 E-11
      Mbulan = 7.35 E+22 kg
      rbulan = 1.74 E+6 meter
      Dengan persamaan newton, Gravitasi bumi = 1.624 m/det2

      Jadi memang benar massa bulan adalah 0,0123 kali massa bumi, tetapi dengan memperhitungkan jari-jari bulan maka gravitasi bulan adalah benar 1/6 kali gravitasi bumi.

      Kesalahan bung yahdi adalah karena tidak menggunakan rumusan newton secara langsung, sehingga jari-jari bulan lupa tidak diperhitungkan, jadi yang dihitung bung yahdi adalah besarnya gravitasi jika volume bulan sama dengan volume bumi.!!
      Bung Yahdi, disitu lho salah hitung nya......

      Ju5r

      Sign-up for your own FREE Personalized E-mail at Mail.com
      http://www.mail.com/?sr=signup

      Meet Singles
      http://corp.mail.com/lavalife
    • Buck David
      Message 2 of 2 , Jan 16, 2003
        Note : Saya tergabung dalam kelompok diskusi yang dibentuk oleh bung Yahdi (juga dengan media internet), saya memforward email dari bung Yahdi ke MFI agar dialog-dialog yang terjadi akan dapat menjadi masukan bagi kita semua. (forward ini pun juga sepengetahuan bung Yahdi).

        Demikian sedikit pemberitahuan dari saya, untuk menghindari kesalah pahaman.

        Salam

        David

        J u 5 r <ju5r@...> wrote:
> [...]

        michelson dan morley, juga tidak mengunakan sungai atau air secara langsung sbg bahan eksperimen. Mereka tetap mengunakan eter secara langsung sebagi media eksperimenya. Itu lho bedanya.

        Bung Jul, Michelson dan morley membuat hipotesisnya berdasarkan asumsi dua buah kapal yang bergerak di sebuah sungai, dan dari analogi tersebut maka mereka membuat alat untuk mendeteksi eter, demikian pulalah halnya dengan saya, saya mencoba membuat hipotesis perilaku eter terhadap rotasi bumi berdasarkan percobaan simulasi juga dengan menggunakan air seperti yang dilakukan oleh kedua peneliti tadi, sementara untuk deteksi langsungnya didalam buku saya tersebut telah saya katakan bahwa untuk benar-benar meyakinkan keberadaan eter ini, maka harus diadakan percobaan deteksi langsung, yang disana telah saya uraikan langkah-langkah percobaannya. (Bung jul, kalo baca sampai habis dong, jangan separo-separo)

> [...]

        Jadi kalau mengikuti logika bung yahdi maka gravitasi pada musim dingin akan lebih kecil dibandingkan gravitasi pada musim panas.

        Untuk jawaban yang ini berhubungan dengan yang pertama, sekarang kalau kita kembalikan pertanyaan bung kepada michelson dan morley yang membuat hipotesis berdasarkan aliran eter sama dengan aliran sungai, apakah bung jul juga menolak hipoteis mereka.

> [...]

        Kalau logika bung yahdi benar, maka pesawat shoemaker dan pesawat galileo sudah hancur kesedot asteroid saat pesawat-pesawat tsb lewat kesana. Kenyataanya pesawat shoemaker dan galileo yang didesain mengunakan teori newton utuh dan selamat bahkan bisa bikin foto dari jarak 35 km dekat permukaan asteroid.

        Bung Jul ini payah banget, saya sudah bilang bahwa perhitungan gravitasi dengan teori saya tidak sesederhana itu karena masih harus memperhitung kuantitas-kuantitas yang lain, eh anda masih saja menghitungnya dengan cara itu, sekali lagi payah sekali anda.

        Kenapa asteroid tidak berubah jadi planet ?
        Jika mengacu pada hukum newton, karena gravitasi asteroid itu kecil sekali, sesuai dengan massa asteroid, maka tidak mampu untuk membentuk planet.

        Oke seandainya gravitasi asteroid itu kecil sekali, akan tetapi berdasarkan teori gravitasi Newton setidak-tidaknya mereka bertahan dalam ukuran mereka, akan tetapi kenyataan membuktikan bahwa ternyata gugusan asteroid ini semakin lama semakin kecil-kecil.

        Sebaliknya hasil logika bung yahdi yang akan mengharuskan terbentuknya planet baru karena garvitasi astoroid versi bung yahdi adalah enam kali gravitasi bumi.

        Sorry ya lay, itu bukan logika saya, tapi itu adalah akal-akalan anda sendiri, yang menciptakan rumus gravitasi dari teori saya, sementara saya sendiri belum pernah mengeluarkan rumus itu. (karena seperti yang sudah saya katakan bahwa penghitungan gravitasi berdasarkan teori saya tidaklah sesederhana itu..)

> [...]

        Itu lho bung yahdi ... international society selalu menuntut persamaan matematik, cuap-cuap doank kagak bakalan diterima.

        Untuk yang ini do�ain aja moga-moga cepat rampungnya, paling tidak kalau ini rampung bung jul bolehlah jadi murid saya he he he �..

> [...]

        Bung Yahdi, disitu lho salah hitung nya......

        Bung Jul, saya sudah tahu itung-itungan cari nilai gravitasi dengan rumus Newton, jadi nggak usah diterangin lagi, saya hanya menyikapi cara anda mendapatkan rumus mencari nilai gravitasi berdasarkan teori saya yang dengan seenaknya anda hanya membandingkan kecepatan rotasi yang kemudian dikalikan dengan nilai gravitasi yang diketahui, dapat wangsit dari mana tuh, makanya diatas saya sebutkan �berdasarkan teori gravitasi Newton perhitungan gravitasi bulan pun akan menjadi salah kalau dipakai cara bung Ju5r�..dst�,.

        Bung Joel, begitu loh tulisannya, baca dong yang teliti, jangan tulalit.

        YK