Re: [FISIKA] Akreditasi vs KUM=>jurnal

  • luke78id
    Message 1 of 1 , Apr 1 3:18 AM
      Sahabat milis yth.,

      (1) Apakah ada yang bisa memberikan daftar komprehensif tentang
      jurnal-jurnal ilmiah tingkat nasional yang sudah "established", terutama
      untuk bidang fisika dan teknik (juga yang lainnya: pertanian, kedokteran,
      ekonomi, ilmu sosial, dll.), yang dikelola oleh HFI, juga LIPI, BPPT, dan
      lembaga riset lainnya.

      (2) Saya juga ingin tahu sebetulnya kriteria "established" itu kira-kira
      untuk standar Indonesia saat ini seperti apa (terbitan yang berkala, board
      of editor yang berkompeten, punya ISSN, atau yang lainnya).

      (3) Sekalian saja, saya juga ingin mengetahui pandangan sahabat milis
      tentang kondisi riset di Indonesia dalam kaitannya dengan publikasi
      ilmiahnya. Dalam keterbatasan pengamatan saya, saya melihat beberapa jurnal
      akademik standar di Indonesia (misalnya seperti yang dikeluarkan oleh
      institusi perguruan tinggi) tidak terlalu dikelola dengan cukup serius.
      Kualitas makalah tidak jadi soal. Tapi bagaimana dengan risetnya itu
      sendiri, saya kuatir publikasi ilmiah tidak selalu mencerminkan dinamika
      riset yang ada (maksud saya tidak sedikit makalah yang ditulis untuk
      formalitas dll., bukan dalam kerangka penelitian yang lebih besar,
      misalnya). Bagaimana caranya agar keberadaan jurnal bisa menggairahkan
      riset, dan juga bagaimana agar dinamika riset yang ada bisa tercermin dari
      publikasi ilmiahnya.

      Demikian, salam.
      -lucky-