Re: [FISIKA] Al-Qur`an and Science

  • J u 5 r
    Message 1 of 5 , Sep 2, 2001
      Mencoba untuk mengikuti pola pikir penyatuan
      Al-Qur`an and Science....

      Setelah dipikir-pikir mungkin harus dimulai dari Rukun Dasar....yaitu dua kalimat syahadat...

      Setelah dibolak-balik, kok nggak ketemu......
      Apakah Al-Qur'an tidak mencantumkan-nya?
      Tapi rasanya tidak mungkin, Rukun paling utama mestinya tercantum dalam kitab dasar yang dijadikan acuan.....
      Ilmu fisika, geologi, astronomi dan biologi konon sudah terakomodasi secara lengkap....mana mungkin rukun paling utama sampai terlewatkan, bukan ?

      Jadi saya mohon bantuan para ahli 'Science Al-Quran' kira-kira di mana ayat dalam Al-Quran yang menyebut persis dua kalimat ini, dan bagaimana kaitanya sebagai pondasi science........

      Mudah-mudahan hal tersebut bisa membuka hati nurani kita dalam memahami kaitan antara keimanan dan science......

      Salam

      Ju5r
      @...

      FREE Personalized E-mail at Mail.com
      http://www.mail.com/?sr=signup

      Talk More, Pay Less with Net2Phone Direct(R), up to 1500 minutes free!
      http://www.net2phone.com/cgi-bin/link.cgi?143
    • Adi Keren
      Message 2 of 5 , Sep 3, 2001
        J u 5 r wrote:

> [...]
        > FREE Personalized E-mail at Mail.com
        > http://www.mail.com/?sr=signup
        >
        > Talk More, Pay Less with Net2Phone Direct(R), up to 1500 minutes free!

        Sebelumnya saya minta maaf kepada saudara/i yang merasa embarrassed karena tempat ini digunakan juga untuk diskusi yang sifatnya lebih religious than scientific. Tapi saya merasa suatu
        kewajiban untuk menjawab pertanyaan saudara ju5r.

        Pertama yang perlu kita ketahui adalah bahwa Al-Quran merupakan kitab hidayah (petunjuk, guidance) yang terdiri dari 6 kategori , 3 kategori pertama adalah : bagian yang menjelaskan
        sifat2 Tuhan serta perbuatan2-Nya (tauhid), pengetahuan mengenai jalan yang lurus , dan pengetahuan tentang keadaan akhir. Adapun 3 bagian lainnya (yaitu 3 bagian pelengkap, kalau boleh
        disebut demikian) adalah : penjelasan keadaan orang2 yang memenuhi panggilan-Nya dan orang2 yang ingkar serta akibat2nya, argumentasi2 yang mengarah ke tauhid, bersangkutan dengan alam
        semesta misalnya, dan courage agar manusia berfikir dan menelaah alam semesta dan mempelajari dirinya demi mengambil manfaat darinya dan kisah2 umat2 yang lalu serta kejadian2 yang
        telah lewat dan yang akan datang seperti kekalahan romawi dari persia kemudian kemenangannya (surat Rum), dan bagian terakhir adalah penjelasan bagaimana caranya mempersiapkan dan
        membekali diri, dan membersihkan jiwa dan hati dalam menempuh kehidupan ini.

        Kalau kita perhatikan dan membaca Al-Quran itu dengan perhatian yang mendalam, maka kita dapatkan ayat2nya tidak keluar dari salah satu di atas, dan dengan cara yang lebih mendalam lagi,
        maka kita dapatkan bahwa porosnya adalah tauhid ( yaitu penjelasan Keesaan Tuhan).

        Adapun kalimat tauhid (atau kalimat syahadat) yang disampaikan Nabi saw tak lain merupakan conclusion akhir dari apa yang terdapat di dalam Al-Quran. Dan seorang muslim tahu sekali,
        bahwa banyak dari hadits2 Nabi merupakan konklusi atau penjelasan gamblang untuk Al-Quran. Misalnya ya tadi itu, Al-Quran menjelaskan secara detail sifat2 dan perbuatan2 Allah, dimana
        sang akal yang telah memikirkan penjelasan2 itu secara fair dan sehat pada akhirnya akan memberikan penyaksian, dan penyaksian itulah yang dikenal dengan syahadat (testimony) yang
        berbunyi asyhadu allaa ilaaha illallah, dan penyaksian ini sendiri banyak terdapat didalam ayat2 al-Quran (2-163/164,2-255,3-18/19,5-17, 47-19,dan banyak lagi). Adapun testimony yang
        kedua yaitu saya bersaksi bahwa Muhammad Utusan Allah, adalah penyaksian seseorang atas kenabian Rasulullah Muhammad saw. Dan didalam Al-Quran terdapat penyaksian bahwa Muhammad
        Rasulullah misalnya surat 2-284/286,9-128/129, 48-28/29.

        Bagi yang ingin mengetahui secara mendalam argumen2 intelek2 muslim mengenai keesaan Allah dan kenabian Muhammad secara falsafat silakan merujuk buku2 Ar-Razi (Fakhruddin Ar-Razi)
        misalnya, atau yang sejenisnya.

        Salam
      • irfachsy@che.udel.edu
        Message 3 of 5 , Sep 3, 2001
          kepada rekan-rekan sekalian,

          sekedar mengingatkan bahwa milis ini tujuannya untuk berdiskusi ttg fisika =
          dan terapannya. Mengutip deskripsi ttg milis ini
          "Berbagai aspek fisika dapat dibahas di sini:
          - fisika murni, baik teori maupun eksperimen
          - fisika terapan, baik teori maupun eksperimen, termasuk elektronika, instr=
          umentasi mau pun   ilmu-ilmu teknik dan teknologi terpadu.
          - manajemen fisika (pendidikan, organisasi   dan kontak), termasuk info dan=
          diskusi seputar alat-alat bantu fisika seperti ilmu komputer (software/hard=
          ware), statistika dan matematika."

          Untuk kenyamanan anggota lain, mohon tidak mengirim email yang tidak berhub=
          ungan dengan tujuan milis ini. Mungkin ada milis lain yang lebih cocok.

          moderator.

          Message 4 of 5 , Sep 3, 2001
> [...]

            ayat dalam Al-Quran yang menyebut persis dua kalimat ini, dan bagaimana kait=

          • ali muhammad
            Message 5 of 5 , Sep 3, 2001
              Apa benar sudah dibolak-balik itu Al Quran, anak kecil
              juga bisa kalau cuma begitu...
              teliti dulu baru bicara, anda khan scientist :)

              Ash-shafaat 37 : 35
              "Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada
              mereka "LA ILAAHA ILLALLAH" (Tiada Tuhan selain Allah)
              mereka menyombongkan diri."

              Muhammad 47 : 19
              "Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya TIDAK ADA TUHAN
              SELAIN ALLAH dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi
              (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan.
              Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat
              tinggalmu."

              Al Fath (Kemenangan) 48 : 29
              "MUHAMMAD ITU ADALAH UTUSAN ALLAH dan orang-orang yang
              bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang
              kafir tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat
              mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan
              keridhaanNya...."

              Maha Benar Allah dengan segala firmanNya

              Salam,
              a L i

> [...]
              > intelek2 muslim mengenai keesaan Allah dan kenabian
              > Muhammad secara falsafat silakan merujuk buku2

              Get email alerts & NEW webcam video instant messaging with Yahoo! Messenger
              http://im.yahoo.com