Re: [FISIKA] Cannine critters solve man-made problem?

  • Romie O. Bura
    Message 1 of 2 , Oct 1, 2000
      CFD - Computational Fluid Dynamics

      Untuk referensi lengkap, silakan membuka: www.cfd-online.com

      SAMI wrote:

      > ^^^^^^^
      > Maaf,
      > CFD itu singkatan dari apa ya...?
      >
      > ~kuper nih :-)
      >
      > Terima kasih,
      > Sami

      Romie O. Bura
      Aerodynamics and Flight Mechanics Research Group
      Aeronautics and Astronautics
      Research Office, Room 5089, Tizard (Building 13)
      School of Engineering Sciences, University of Southampton
      Southampton SO17 1BJ, United Kingdom
      Office : 44 (0)23 80594897 (internal:24897)
      Residence: 44 023 80584701
    • YSM
      Message 2 of 2 , Oct 2, 2000
        Suharyo Sumowidagdo wrote:

        > Computational Fluid Dynamics, perhitungan dinamika dan gerak fluida dengan
        > menggunakan komputer. Fluida artinya benda/materi yang bisa mengalir,
        > dalam hal ini bisa gas atau cairan.

        Kalau bisa sedikit menambahkan, fluida lebih tepatnya didefinisikan sebagai
        "a substance that deforms continuously when a shear stress is applied" beda
        dengan benda padat yang deforms (not continuously) kalau kita apply shear
        stress.
        Kalau fluida diartikan sebagai yang bisa mengalir, takutnya crystals (spt gula
        atau garam)
        dan powders yang dapat "mengalir" dikategorikan fluida. Tapi suspension of
        sand (benda padat) masuk kategori fluida.

        Fluida inipun dibagi lagi jadi dua: ada yang disebut newtonian fluids
        (persamaan
        shear stressnya proporsional dengan deformation rate), ada juga yang disebut
        non-newtonian fluids (persamaan shear stressnya "not directly" proporsional
        dengan deformation rate).

        Contoh yang pertama itu spt air dan udara disekeliling kita. Kalau utk
        non-newtonian
        contohnya spt madu, cat, dan odol. Nah, mengambil contoh odol. Odol ini
        behaves
        spt "benda padat" under a certain yield stress dan behaves spt "fluida"
        setelah kita
        pencet tempat odolnya (applying a certain amount of shear stress).

        Jadi karena dapat membingungkan spt ini, mungkin definisi fluida dicarikan
        yang lebih
        tepat spt yang disebut di atas.

        > bahkan
        > pada salah satu yang menarik menurut saya adalah perhitungan dinamika dan
        > struktur bintang yang merupakan bola gas panas (gas adalah fluida) yang
        > mengalami reaksi nuklir, disini ada sebuah research center di U
        > of Chicago yang khusus menangani masalah ini (Flash Center).

        Di John Hopkins University ada salah satu ahlinya. Minggu lalu kebetulan
        di kampus saya ada yang diundang dari Dept of Physics and Astronomy-nya
        John Hopkins utk berbicara mengenai hal yang di atas kurang lebih. Saya
        tidak sempat hadir mendengarkan, tapi applikasi CFD memang cukup luas.

        wassalam,

        Anto Mohsin