Re: [FISIKA] tanya Aluminium 2024

  • Anugrah Andi
    Message 1 of 6 , Jul 27, 2010
      Maksudnya, dari mana kode "x024"-nya berasal? Setahu saya, kode ini hanyalah dari persetujuan dari berbagai pihak terkait saja. Tidak ada artinya secara khusus yang menyatakan proporsi campuran unsur-unsur di dalamnya. Yang jelas, memang angka "2" di depan kode menunjukkan bahwa seri aluminum ini memiliki yield strenght yang relatif tinggi dibanding seri lainnya.

      Yang saya tahu, aluminum adalah jenis logam yang umum dan semua pabrik (yang mampu tentunya, Krakatu Steel nampaknya masih panjang perjalanannya :) dapat memproduksinya. Pengkodean diatur oleh standar ISO atau standar negara tertentu, seperti AISI, JIS, DIN, dll. Untuk logam dengan merk khusus, utamanya logam nickel, penamaan kode mengikuti standar dari pabriknya, seperti Inconel atau Hastalloy.

      2010/7/27 romi hermawan <romipwr86@...>

      kepada seluruh fisikawan indonesia... mau tanya...
      Penamaan aluminium alloy 2024 artinya apa ya...? terutama 024 nya...?

      trimakasih atas jawabannya..

    • Harry Septanto
      Message 2 of 6 , Aug 1, 2010

        Rekan-rekan,
        mohon info akreditasi Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia. Apakah A, B atau C?
        Terimakasih.

        Salam,
        Harry Septanto
        Space Electronics Technology Center
        National Institute of Aeronautics and Space (Lapan)
        Indonesia
        Office    : +62 251 8621667 (Ext: 119)
        Fax       : +62 251 8623010
        Mobile   : +62 856 1135926

      • eva sakti
        Message 3 of 6 , Aug 2, 2010
          Hi,
          Setahu saya akreditasi jurnal Fisika HFI masih dalam proses.
          CMIIW

          Parada