Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

Expand Messages
  • muhammad baiquni
    Wah sangat menarik, tetapi ilmu saya belum sampai di sana. Den Bagus, itu bagaimana model perhitungannya? Apakah perbedaan model mesin membuat perbedaan
    Message 1 of 17 , Jan 18, 2010
    • 0 Attachment
      Wah sangat menarik, tetapi ilmu saya belum sampai di sana.

      Den Bagus, itu bagaimana model perhitungannya?

      Apakah perbedaan model mesin membuat perbedaan perhitungan untuk menghitung berapa joule setiap liter bensinnya?

      Atau 1 liter bensin telah memiliki ketetapan energi sekian joule cuma efisiensinya terhadap mesin saja yang berkurang?



      From: Den Bagusnya <milis75@...>
      To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
      Sent: Mon, January 18, 2010 7:35:29 PM
      Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

       

      begitu di komersialkan pasti gak laku :D
      mungkin mahal
      mungkin ga da tarikan
      mungkin ga nyaman
      mungkin perawatannya sulit
      mungkin dan lain sebagainya

      tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
      menurutku kayak gini:
      hitung aja 1 liter bensin itu bisa
      menghasilkan energi berapa joule
      saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
      belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule

      dari energi kimia bensin itu brp persen
      yang menajdi energi rotasi mesin

      trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
      energi kinetik mobil efisiensinya brp
      itu menghitung energi yg terbuang oleh
      gesekan poros2 & gesekan dengan aspal

      dan itung2an lainnya

      selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
      apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D

      tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
      banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
      bubar sudah deh.

      CMIiW

      D Bey

      --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@ ...> wrote:
      >
      > keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
      > ------------ --------- --------- ---------
      ____________ _________ _________ __
      > From: Zaenal Arief <zaenal@...>
      > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
      > Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
      > Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
      >
      >
      > Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
      > deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang sampai
      > saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
      >
      > Kita naik mobil kan mau duduk enak bukan tiduran telungkup
      > atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
      >
      > Mudah2an dapat bermangpaat
      >
      >
      > ____________ _________ _________ __
      >
      > From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@ yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
      > Sent: Saturday, January 16, 2010
      > 5:05 PM
      > To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika indonesia
      > Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
      >
      >
      > Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya dengan bensin 1 liter?
      >
      > http://tekno. liputan6. com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin. Mobil.Hemat. BBM
      >

    • tri siswandi syahputra
      sangat memungkinkan jika mobil dapat bergerak 1000 km hana menghabiskan 1 liter.. di Eropa sudah lebih dari itu.. yang menarik dan dapat diaplikasikan
      Message 2 of 17 , Jan 18, 2010
      • 0 Attachment
        sangat memungkinkan jika mobil dapat bergerak 1000 km hana menghabiskan 1 liter.. di Eropa sudah lebih dari itu..
        yang menarik dan dapat diaplikasikan kemasyarakat adalah sapu angin 2 yang katanya akan didesai seperti kendaraan pribadi berpenumpang yang mampu bergrak 300 km untuk setiap 1 liter bensin..

        --- Pada Sel, 19/1/10, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@...> menulis:
         
        Dari: muhammad baiquni <muhammad.baiquni@...>
        Judul: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
        Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
        Tanggal: Selasa, 19 Januari, 2010, 12:41 AM

         
        Wah sangat menarik, tetapi ilmu saya belum sampai di sana.

        Den Bagus, itu bagaimana model perhitungannya?

        Apakah perbedaan model mesin membuat perbedaan perhitungan untuk menghitung berapa joule setiap liter bensinnya?

        Atau 1 liter bensin telah memiliki ketetapan energi sekian joule cuma efisiensinya terhadap mesin saja yang berkurang?



        From: Den Bagusnya <milis75@yahoo. com.sg>
        To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
        Sent: Mon, January 18, 2010 7:35:29 PM
        Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

         
        begitu di komersialkan pasti gak laku :D
        mungkin mahal
        mungkin ga da tarikan
        mungkin ga nyaman
        mungkin perawatannya sulit
        mungkin dan lain sebagainya

        tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
        menurutku kayak gini:
        hitung aja 1 liter bensin itu bisa
        menghasilkan energi berapa joule
        saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
        belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule

        dari energi kimia bensin itu brp persen
        yang menajdi energi rotasi mesin

        trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
        energi kinetik mobil efisiensinya brp
        itu menghitung energi yg terbuang oleh
        gesekan poros2 & gesekan dengan aspal

        dan itung2an lainnya

        selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
        apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D

        tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
        banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
        bubar sudah deh.

        CMIiW

        D Bey

        --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@ ...> wrote:
        >
        > keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
        > ------------ --------- --------- ---------
        ____________ _________ _________ __
        > From: Zaenal Arief <zaenal@...>
        > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
        > Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
        > Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
        >
        >
        > Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
        > deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang sampai
        > saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
        >
        > Kita naik mobil kan mau duduk enak bukan tiduran telungkup
        > atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
        >
        > Mudah2an dapat bermangpaat
        >
        >
        > ____________ _________ _________ __
        >
        > From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@ yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
        > Sent: Saturday, January 16, 2010
        > 5:05 PM
        > To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika indonesia
        > Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
        >
        >
        > Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya dengan bensin 1 liter?
        >
        > http://tekno. liputan6. com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin. Mobil.Hemat. BBM
        >



        Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang Lebih Cepat hari ini!
      • Zaenal Arief
        Wah posting nya den bagus menggelitik sekali nih, hayo pakar2 fisika apa ada yg tertarik membahas?? Saya mau nimbrung ilmunya kalo ada yg mbahas?? Tentukan
        Message 3 of 17 , Jan 18, 2010
        • 0 Attachment

          Wah posting nya den bagus menggelitik sekali nih, hayo  pakar2 fisika apa ada yg tertarik membahas??

           

          Saya mau nimbrung ilmunya kalo ada yg mbahas??

           

          Tentukan aja bensinnya pertamax?? Yg octannya 97?? Bener gak tuh?? Jadi ada referensi kali??

           

          Zaenal

           

           


          From: fisika_indonesia@yahoogroups.com [mailto: fisika_indonesia@yahoogroups.com ] On Behalf Of Den Bagusnya
          Sent: Monday, January 18, 2010 7:35 PM
          To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
          Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

           

           

          begitu di komersialkan pasti gak laku :D
          mungkin mahal
          mungkin ga da tarikan
          mungkin ga nyaman
          mungkin perawatannya sulit
          mungkin dan lain sebagainya

          tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
          menurutku kayak gini:
          hitung aja 1 liter bensin itu bisa
          menghasilkan energi berapa joule
          saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
          belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule

          dari energi kimia bensin itu brp persen
          yang menajdi energi rotasi mesin

          trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
          energi kinetik mobil efisiensinya brp
          itu menghitung energi yg terbuang oleh
          gesekan poros2 & gesekan dengan aspal

          dan itung2an lainnya

          selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
          apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D

          tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
          banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
          bubar sudah deh.

          CMIiW

          D Bey

          --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@ ...> wrote:

          >
          > keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
          > ------------ --------- --------- ---------
          ____________ _________ _________ __
          > From: Zaenal Arief <zaenal@...>
          > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
          > Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
          > Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
          >
          >
          > Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
          > deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang
          sampai
          > saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
          >
          > Kita naik mobil kan
          mau duduk enak bukan tiduran telungkup
          > atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
          >
          > Mudah2an dapat bermangpaat
          >
          >
          > ____________ _________ _________ __
          >
          > From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
          yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
          > Sent: Saturday, January 16, 2010
          > 5:05 PM
          > To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika
          w:st="on"> indonesia
          > Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
          >
          >
          > Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya dengan
          bensin 1 liter?
          >
          > http://tekno. liputan6. com/berita/
          201001/258532/ Sapu.Angin. Mobil.Hemat. BBM
          >

        • Zaenal Arief
          Setau saya setiap motor bakar mempunyai efisiensi yg berbeda beda, maka 1 liter jadi berapa joule pastinya berbeda, motor bakar 2 langkah efisiensinya rata2
          Message 4 of 17 , Jan 18, 2010
          • 0 Attachment

            Setau saya setiap motor bakar mempunyai efisiensi yg berbeda beda, maka 1 liter jadi berapa joule pastinya berbeda, motor bakar 2 langkah efisiensinya rata2 lebih kecil dari 4 langkah tapi karena jenis ini responsive maka bisa saja melaju lebih jauh dari pada lawannya yg 4 langkah…. Variabelnya banyak sekali keliatannya maka ini tatangan berat untuk didiskusikan

             

             

             


            From: fisika_indonesia@yahoogroups.com [mailto: fisika_indonesia@yahoogroups.com ] On Behalf Of muhammad baiquni
            Sent: Tuesday, January 19, 2010 12:42 AM
            To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
            Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

             

             

            Wah sangat menarik, tetapi ilmu saya belum sampai di sana .

             

            Den Bagus, itu bagaimana model perhitungannya?

             

            Apakah perbedaan model mesin membuat perbedaan perhitungan untuk menghitung berapa joule setiap liter bensinnya?

             

            Atau 1 liter bensin telah memiliki ketetapan energi sekian joule cuma efisiensinya terhadap mesin saja yang berkurang?

             

             


            From: Den Bagusnya <milis75@yahoo. com.sg>
            To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
            Sent: Mon, January 18, 2010 7:35:29 PM
            Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

             

            begitu di komersialkan pasti gak laku :D
            mungkin mahal
            mungkin ga da tarikan
            mungkin ga nyaman
            mungkin perawatannya sulit
            mungkin dan lain sebagainya

            tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
            menurutku kayak gini:
            hitung aja 1 liter bensin itu bisa
            menghasilkan energi berapa joule
            saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
            belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule

            dari energi kimia bensin itu brp persen
            yang menajdi energi rotasi mesin

            trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
            energi kinetik mobil efisiensinya brp
            itu menghitung energi yg terbuang oleh
            gesekan poros2 & gesekan dengan aspal

            dan itung2an lainnya

            selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
            apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D

            tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
            banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
            bubar sudah deh.

            CMIiW

            D Bey

            --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@ ...> wrote:

            >
            > keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
            > ------------ --------- --------- ---------
            ____________ _________ _________ __
            > From: Zaenal Arief <zaenal@...>
            > To:
            ymailto="mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com">fisika_indonesia@ yahoogroups. com
            > Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
            > Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
            >
            >
            > Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
            > deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang
            sampai
            > saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
            >
            > Kita naik mobil kan
            mau duduk enak bukan tiduran telungkup
            > atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
            >
            > Mudah2an dapat bermangpaat
            >
            >
            > ____________ _________ _________ __
            >
            > From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
            yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
            > Sent: Saturday, January 16, 2010
            > 5:05 PM
            > To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika
            w:st="on"> indonesia
            > Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
            >
            >
            > Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya dengan
            bensin 1 liter?
            >
            > http://tekno. liputan6.
            com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin. Mobil.Hemat. BBM
            >

          • yudha hadibowo
            sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil lebih awet saja ... Dari: Zaenal
            Message 5 of 17 , Jan 18, 2010
            • 0 Attachment
              sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil lebih awet saja

              --- Pada Sel, 19/1/10, Zaenal Arief <zaenal@...> menulis:

              Dari: Zaenal Arief <zaenal@...>
              Judul: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
              Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
              Tanggal: Selasa, 19 Januari, 2010, 12:13 PM

               

              Wah posting nya den bagus menggelitik sekali nih, hayo  pakar2 fisika apa ada yg tertarik membahas??

               

              Saya mau nimbrung ilmunya kalo ada yg mbahas??

               

              Tentukan aja bensinnya pertamax?? Yg octannya 97?? Bener gak tuh?? Jadi ada referensi kali??

               

              Zaenal

               

               


              From: fisika_indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@ yahoogroups. com ] On Behalf Of Den Bagusnya
              Sent: Monday, January 18, 2010 7:35 PM
              To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
              Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

               

               

              begitu di komersialkan pasti gak laku :D
              mungkin mahal
              mungkin ga da tarikan
              mungkin ga nyaman
              mungkin perawatannya sulit
              mungkin dan lain sebagainya

              tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
              menurutku kayak gini:
              hitung aja 1 liter bensin itu bisa
              menghasilkan energi berapa joule
              saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
              belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule

              dari energi kimia bensin itu brp persen
              yang menajdi energi rotasi mesin

              trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
              energi kinetik mobil efisiensinya brp
              itu menghitung energi yg terbuang oleh
              gesekan poros2 & gesekan dengan aspal

              dan itung2an lainnya

              selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
              apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D

              tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
              banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
              bubar sudah deh.

              CMIiW

              D Bey

              --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@ ...> wrote:
              >
              > keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
              > ------------ --------- --------- ---------
              ____________ _________ _________ __
              > From: Zaenal Arief <zaenal@...>
              > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
              > Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
              > Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
              >
              >
              > Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
              > deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang sampai
              > saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
              >
              > Kita naik mobil kan mau duduk enak bukan tiduran telungkup
              > atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
              >
              > Mudah2an dapat bermangpaat
              >
              >
              > ____________ _________ _________ __
              >
              > From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@ yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
              > Sent: Saturday, January 16, 2010
              > 5:05 PM
              > To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika indonesia
              > Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
              >
              >
              > Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya dengan bensin 1 liter?
              >
              > http://tekno. liputan6. com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin. Mobil.Hemat. BBM
              >


              Dapatkan nama yang Anda sukai!
              Sekarang Anda dapat memiliki email di @... dan @....
            • zaenal@pudak.com
              wah tambah menarik, itu 1 liter bisa 300 km pake mesin apa yah?, apa masih motor bakar apa sudah hybrid sama listrik ? atau sama panel surya?
              Message 6 of 17 , Jan 18, 2010
              • 0 Attachment
                wah tambah menarik, itu 1 liter bisa 300 km pake mesin apa yah?, apa
                masih motor bakar apa sudah hybrid sama listrik ? atau sama panel surya?


                Quoting tri siswandi syahputra <tansyah_3@...>:

                > sangat memungkinkan jika mobil dapat bergerak 1000 km hana
                > menghabiskan 1 liter.. di Eropa sudah lebih dari itu..
                > yang menarik dan dapat diaplikasikan kemasyarakat adalah sapu angin
                > 2 yang katanya akan didesai seperti kendaraan pribadi berpenumpang
                > yang mampu bergrak 300 km untuk setiap 1 liter bensin..
                >
                > --- Pada Sel, 19/1/10, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@...> menulis:
                >
                >  
                >
              • Den Bagusnya
                Sebetulnya saya juga bukan pakar ya cuma ingin berbagi aja, kalo salah jgn sungkan2 ngebenerin kita liat perproses pertama proses reaksi kimia dari O2 & C-H ga
                Message 7 of 17 , Jan 19, 2010
                • 0 Attachment
                  Sebetulnya saya juga bukan pakar ya
                  cuma ingin berbagi aja, kalo salah jgn sungkan2 ngebenerin

                  kita liat perproses

                  pertama
                  proses reaksi kimia dari O2 & C-H
                  ga tau bensin itu rumus kimia-nya apa CberapaHberapa
                  hehehheh misal saja

                  3 x O2 + C2H4 => 2 x CO2 + 2 x H2O + Panas


                  kedua
                  hukum thermodinamika, panas menjadikan gerak Brawn pd partikel
                  maka tekanan akan meningkat & digunakan mendorong piston
                  liat grafik termodinamika akan kliatan efisiensi perpindahan
                  energi pada step ini.

                  ketiga
                  gerak piston berubah menjadi gerak melingkar roda gila
                  dimana sampai tahap ini udah byk rugi2 gesekan piston
                  dengan dinding silinder, gesekan 2 engsel piston
                  gesekan as roda gila dengan bantalan peluru /klaqer,
                  belom lagi hambatan angin & oli dari bawah pston.


                  keempat
                  untuk membuat kontinyu mesin diperlukan juga energi
                  misal untuk membuat tekanan balik piston ke atas
                  trus untuk membuat listrik
                  trus untuk muterin kipas pendingin

                  kelima
                  transmisi dari putaran roda gila sampai putaran roda
                  disini juga banyak rugi2 / gaya gesek

                  keenam
                  energi kinetik dari ban ke aspal
                  dikurangi gaya gesek ban dengan aspal kali 4 (kalo ada 4 roda)
                  ini akan tambah besar jika permukaan aspal tidak rata

                  ketujuh
                  masalah aerodinamik kalo mobil itu kecepatan aga tinggi
                  mungkin bisa diakali dengan bentuk body.


                  denger2 dari 1 liter bahan bakar
                  kita bisa menikmati sepertiga dari energi yg terkandung
                  ga tau valid gak info ini.


                  Saya punya motor matic normalnya 1 liter bisa 40an Km
                  trus saya otak-atik biar bisa 60km (on the road real road)
                  performanya sgt ngedrop, tanjakan batuk-batuk :D


                  kalo ada yang 1 liter bisa 300km, ya itu bagus
                  tapi ingat kita hidup bukan di laborat :D

                  jika memang ada teknologi yg bisa mencapai itu
                  dengan menumpas keterbatasan2 misal
                  keterbatasan jalan harus licin sempurna dlsb, maka
                  pasti sudah diterapkan oleh pabrikan2, karena hal itu
                  adalah yg dicari masyarakat dan mobilnya akan laku.

                  sementara anaslisa saya bgt dulu
                  ya kita tunggu saja mudah2an manusia bisa melonjak
                  dari yg sekarang
                  manusia sekarang teori dulu baru praktek
                  manusia jadul parktek dulu baru teori jd jarang mleset :D

                  D Bey


                  --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Zaenal Arief" <zaenal@...> wrote:
                  >
                  > Wah posting nya den bagus menggelitik sekali nih, hayo pakar2 fisika apa
                  > ada yg tertarik membahas??
                  >
                  >
                  >
                  > Saya mau nimbrung ilmunya kalo ada yg mbahas??
                  >
                  >
                  >
                  > Tentukan aja bensinnya pertamax?? Yg octannya 97?? Bener gak tuh?? Jadi ada
                  > referensi kali??
                  >
                  >
                  >
                  > Zaenal
                  >
                  >
                  >
                  >
                  >
                  > _____
                  >
                  > From: fisika_indonesia@yahoogroups.com
                  > [mailto:fisika_indonesia@yahoogroups.com] On Behalf Of Den Bagusnya
                  > Sent: Monday, January 18, 2010 7:35 PM
                  > To: fisika_indonesia@yahoogroups.com
                  > Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                  >
                  >
                  >
                  >
                  >
                  > begitu di komersialkan pasti gak laku :D
                  > mungkin mahal
                  > mungkin ga da tarikan
                  > mungkin ga nyaman
                  > mungkin perawatannya sulit
                  > mungkin dan lain sebagainya
                  >
                  > tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
                  > menurutku kayak gini:
                  > hitung aja 1 liter bensin itu bisa
                  > menghasilkan energi berapa joule
                  > saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
                  > belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule
                  >
                  > dari energi kimia bensin itu brp persen
                  > yang menajdi energi rotasi mesin
                  >
                  > trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
                  > energi kinetik mobil efisiensinya brp
                  > itu menghitung energi yg terbuang oleh
                  > gesekan poros2 & gesekan dengan aspal
                  >
                  > dan itung2an lainnya
                  >
                  > selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
                  > apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D
                  >
                  > tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
                  > banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
                  > bubar sudah deh.
                  >
                  > CMIiW
                  >
                  > D Bey
                  >
                  > --- In fisika_indonesia@ <mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com>
                  > yahoogroups.com, muhammad baiquni <muhammad.baiquni@> wrote:
                  > >
                  > > keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
                  > > ---------------------------------------
                  > ________________________________
                  > > From: Zaenal Arief <zaenal@>
                  > > To: fisika_indonesia@ <mailto:fisika_indonesia%40yahoogroups.com>
                  > yahoogroups.com
                  > > Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
                  > > Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                  > >
                  > >
                  > > Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
                  > > deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang
                  > sampai
                  > > saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
                  > >
                  > > Kita naik mobil kan mau duduk enak bukan tiduran telungkup
                  > > atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
                  > >
                  > > Mudah2an dapat bermangpaat
                  > >
                  > >
                  > > ________________________________
                  > >
                  > > From:fisika_indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
                  > yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
                  > > Sent: Saturday, January 16, 2010
                  > > 5:05 PM
                  > > To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika indonesia
                  > > Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                  > >
                  > >
                  > > Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya dengan
                  > bensin 1 liter?
                  > >
                  > > http://tekno. liputan6. com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin.
                  > Mobil.Hemat. BBM
                  > >
                  >
                • Haryo Sumowidagdo
                  Dalam wikipedia article http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline ada tabel tentang berbagai jenis bensin dan nilai energi per satuan volume. Jadi tidak perlu lagi
                  Message 8 of 17 , Jan 19, 2010
                  • 0 Attachment
                    Dalam wikipedia article

                    http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline

                    ada tabel tentang berbagai jenis bensin dan nilai energi per satuan volume.

                    Jadi tidak perlu lagi menghitung dengan rumus stoikiometri kimia. Lagipula perlu diingat bahwa bensin bukan merupakan senyawa murni, melainkan campuran dari berbagai macam senyawa hidrokarbon.


                    Haryo
                  • Den Bagusnya
                    Manteb banget nich datanya baru tau sekarang kandungan 1 liter bensin & yg lain :D makasih Pak Haryo
                    Message 9 of 17 , Jan 19, 2010
                    • 0 Attachment
                      Manteb banget nich datanya
                      baru tau sekarang kandungan 1 liter bensin & yg lain :D

                      makasih Pak Haryo

                      --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "Haryo Sumowidagdo" <sumowidagdo@...> wrote:
                      >
                      >
                      >
                      > Dalam wikipedia article
                      >
                      > http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline
                      >
                      > ada tabel tentang berbagai jenis bensin dan nilai energi per satuan volume.
                      >
                      > Jadi tidak perlu lagi menghitung dengan rumus stoikiometri kimia. Lagipula perlu diingat bahwa bensin bukan merupakan senyawa murni, melainkan campuran dari berbagai macam senyawa hidrokarbon.
                      >
                      >
                      > Haryo
                      >
                    • zaenal@pudak.com
                      kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???
                      Message 10 of 17 , Jan 19, 2010
                      • 0 Attachment
                        kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi
                        lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???


                        Quoting yudha hadibowo <yhadibowo@...>:

                        > sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan
                        > 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil
                        > lebih awet saja
                        >
                        > --- Pada Sel, 19/1/10, Zaenal Arief <zaenal@...> menulis:
                        >
                        >
                        > Dari: Zaenal Arief <zaenal@...>
                        > Judul: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                        > Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
                        > Tanggal: Selasa, 19 Januari, 2010, 12:13 PM
                        >
                        >
                        >  
                        >
                        >
                        >
                        >
                        >
                        > Wah posting nya den bagus menggelitik sekali nih, hayo  pakar2
                        > fisika apa ada yg tertarik membahas??
                        >  
                        > Saya mau nimbrung ilmunya kalo ada yg mbahas??
                        >  
                        > Tentukan aja bensinnya pertamax?? Yg octannya 97?? Bener gak tuh??
                        > Jadi ada referensi kali??
                        >  
                        > Zaenal
                        >  
                        >  
                        >
                        >
                        >
                        >
                        > From: fisika_indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
                        > yahoogroups. com ] On Behalf Of Den Bagusnya
                        > Sent: Monday, January 18, 2010 7:35 PM
                        > To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
                        > Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                        >  
                        >  
                        >
                        >
                        >
                        > begitu di komersialkan pasti gak laku :D
                        > mungkin mahal
                        > mungkin ga da tarikan
                        > mungkin ga nyaman
                        > mungkin perawatannya sulit
                        > mungkin dan lain sebagainya
                        >
                        > tapi yang diinginkan Mas Ardi bukan jwaban/komentar spt itu,
                        > menurutku kayak gini:
                        > hitung aja 1 liter bensin itu bisa
                        > menghasilkan energi berapa joule
                        > saya tanya di milis ini & milis kimia indonesia
                        > belom ada yg jawab 1 liter bensin itu berapa joule
                        >
                        > dari energi kimia bensin itu brp persen
                        > yang menajdi energi rotasi mesin
                        >
                        > trus hitung aja energi rotasi mesin menjadi
                        > energi kinetik mobil efisiensinya brp
                        > itu menghitung energi yg terbuang oleh
                        > gesekan poros2 & gesekan dengan aspal
                        >
                        > dan itung2an lainnya
                        >
                        > selama dalam percobaan menurutku masih memungkinkan
                        > apalagi kalo sekedar simulasi di komputer :D
                        >
                        > tapi begitu dialam nyata, jalan ga rata
                        > banyak polisi tidur di jalan se-enaknya
                        > bubar sudah deh.
                        >
                        > CMIiW
                        >
                        > D Bey
                        >
                        > --- In fisika_indonesia@ yahoogroups. com, muhammad baiquni
                        > <muhammad.baiquni@ ...> wrote:
                        >>
                        >> keren juga berarti mobil dengan aerodinamis gitu ya...
                        >> ------------ --------- --------- ---------
                        > ____________ _________ _________ __
                        >> From: Zaenal Arief <zaenal@...>
                        >> To: fisika_indonesia@ yahoogroups. com
                        >> Sent: Mon, January 18, 2010 12:02:55 PM
                        >> Subject: RE: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                        >>
                        >>
                        >> Bisa aja, kayaknya di Eropa udah sering
                        >> deh pertandingan begini, dari universitas2 teknik pada bikin, memang sampai
                        >> saat ini masih kebanyakan untuk taraf experimen belum ke komersil
                        >>
                        >> Kita naik mobil kan mau duduk enak bukan tiduran telungkup
                        >> atau terlentang kayak di mobil2 experimen ini
                        >>
                        >> Mudah2an dapat bermangpaat
                        >>
                        >>
                        >> ____________ _________ _________ __
                        >>
                        >> From:fisika_ indonesia@ yahoogroups. com [mailto: fisika_indonesia@
                        >> yahoogroups. com ] On Behalf Of moh ardi cahyono
                        >> Sent: Saturday, January 16, 2010
                        >> 5:05 PM
                        >> To: AerospaceIndonesia@ yahoogroups. com; fisika indonesia
                        >> Subject: [FISIKA] Mobil Sapu Angin
                        >>
                        >>
                        >> Mungkinkan ini terjadi, mobil mampu menempuh jarak 1000 km hanya
                        >> dengan bensin 1 liter?
                        >>
                        >> http://tekno. liputan6. com/berita/ 201001/258532/ Sapu.Angin.
                        >> Mobil.Hemat. BBM
                        >>
                        >
                        >
                        >
                        >
                        >
                        >
                        >
                        >
                        > Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya
                        > sekarang! http://id.mail.yahoo.com
                      • Den Bagusnya
                        yang saya tau oktan tinggi untuk mengejar kompresi tinggi siklus / rpm jadi lebih cepat, efisiensi bertambah kalo oktan rendah untuk kompresi tinggi biasanya
                        Message 11 of 17 , Jan 20, 2010
                        • 0 Attachment
                          yang saya tau oktan tinggi untuk mengejar kompresi tinggi
                          siklus / rpm jadi lebih cepat, efisiensi bertambah

                          kalo oktan rendah untuk kompresi tinggi
                          biasanya trus mbrebet, karena kadang2 tidak meledak
                          gara2 tekanan tinggi.

                          kalo oktan tinggi untuk kompresi rendah
                          kadang2 meledak duluan sebelum waktunya
                          sehingga terdengan 'nggelitik' ketika digas

                          ayo yg pakar otomotip silahkan share
                          disini :D




                          --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, zaenal@... wrote:
                          >
                          > kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi
                          > lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???
                          >
                          >
                          > Quoting yudha hadibowo <yhadibowo@...>:
                          >
                          > > sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan
                          > > 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil
                          > > lebih awet saja
                          > >
                        • Budy Wuysang
                          Oktan tinggi untuk kompresi tinggi, lebih tahan tekanan. Sedangkan oktan rendah justru meledak duluan sebelum TMA tercapai, ini namanya menggelitik. Kalau
                          Message 12 of 17 , Jan 20, 2010
                          • 0 Attachment
                            Oktan tinggi untuk kompresi tinggi, lebih tahan tekanan. Sedangkan oktan rendah justru meledak duluan sebelum TMA tercapai, ini namanya menggelitik. Kalau memberebet menandakan campuran bensin+udara yang tidak terbakar/meledak.

                            Semakin tinggi kompresi semakin tinggi efisiensi. Makanya mesin2 normally aspirated ditambahkan turbo atau supercharger untuk meningkatkan performa sekaligus efisiensi.

                            Untuk mesin diesel terdapat angka cetane yang berlawanan dengan oktan, semakin tinggi angka cetane semakin mudah terbakar. Tapi karena langkah kompresi diesel hanya menekan udara maka tidak ada istilah menggelitik yang disebabkan angka oktan/cetane.

                            Penambahan turbo pada mesin diesel lebih tinggi peningkatannya dibanding bensin karena tidak perlu dibarengi dengan penambahan bahan bakar seperti pada siklus otto/bensin yang perlu mempertahankan stokiometri 14,7:1 udara:bensin dalam langkah kompresi.

                            --
                            Berrylink™ - Makassar
                            one stop BlackBerry® solution
                            @Karebosi Link Blok J-66

                            -----Original Message-----
                            From: "Den Bagusnya" <milis75@...>
                            Date: Wed, 20 Jan 2010 13:04:05
                            To: <fisika_indonesia@yahoogroups.com>
                            Subject: Re: [FISIKA] Mobil Sapu Angin

                            yang saya tau oktan tinggi untuk mengejar kompresi tinggi
                            siklus / rpm jadi lebih cepat, efisiensi bertambah

                            kalo oktan rendah untuk kompresi tinggi
                            biasanya trus mbrebet, karena kadang2 tidak meledak
                            gara2 tekanan tinggi.

                            kalo oktan tinggi untuk kompresi rendah
                            kadang2 meledak duluan sebelum waktunya
                            sehingga terdengan 'nggelitik' ketika digas

                            ayo yg pakar otomotip silahkan share
                            disini :D




                            --- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, zaenal@... wrote:
                            >
                            > kalo oktan tinggi bukannya kombustion rate jadi tinggi juga??jadi
                            > lebih tinggi efisiensinya untuk mesin yg sesuai???
                            >
                            >
                            > Quoting yudha hadibowo <yhadibowo@...>:
                            >
                            > > sebenarnya ngak ada hubungannnya bensin dengan kandungan oktan
                            > > 97....itu sih menurut aku hanya untuk emisi gas buang adn mobil
                            > > lebih awet saja
                            > >




                            ------------------------------------

                            ===============================================================
                            ** Arsip : http://members.tripod.com/~fisika/
                            ** Ingin Berhenti : silahkan mengirim email kosong ke :
                            <fisika_indonesia-unsubscribe@yahoogroups.com>
                            ===============================================================
                            Yahoo! Groups Links
                          Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.