Re: [FISIKA] novel tentang fisika

  • Neko The Cruiser
    Message 1 of 6 , Jul 31, 2000
      Quoting Agus Salam at 14:29 31/07/00 +0200 :
      >Anda yakin anak-anak kecil dapat bobok dengan nyenyak setelah dibacakan
      >buku-buku tersebut ?

      Ada sih yang kayak gitu.

      Waktu masih kecil, sepupu saya doyan didongengi kenapa
      langit warnanya biru, dan cerita semacam itu. Tapi dengan
      bahasa anak-anak. Maksudnya, kita nggak bisa bilang
      "atmosfer merupakan filter yang menyerap frekuensi tertentu"
      dsb.

      Enakan cerita gitu ke anak kecil lho. Soalnya mereka nggak
      minta kita membuktikan cerita kita dengan notasi-notasi
      berhuruf Yunani. Entah kalau nanti udah gede dan udah jadi
      dosen.

      | Neko The Cruiser | neko@... | http://neko.fr.fm |
    • Rizky Luckyta Pratama
      Message 2 of 6 , Aug 1, 2000
        On Mon, 31 Jul 2000, Agus Salam wrote:

        > Anda yakin anak-anak kecil dapat bobok dengan nyenyak setelah dibacakan
        > buku-buku tersebut ?
        >
        > --Agus Salam--

        Ass.Wr.Wb. pak Agus.
        Mungkin saja (probabilitas 50%), kalau anaknya sudah capek sekali. :-)
        Saya juga sering mendongengi adik saya yg masih SD tentang seluk beluk
        penciptaan alam semesta, mungkin saking pusingnya dia tertidur. =)

        Di dalam buku2 tersebut memang disajikan dalam bentuk komik, sehingga
        memang lebih tepat jika dikatakan "komik fisika". Lakonnya ya tokoh2
        fisika, tentang bagaimana perjuangannya dalam mempelajari sesuatu, mereka
        dahulu jauh lebih susah dibandingkan skrg, karena alat-alat experimen
        belum lengkap dan harus di buat sendiri. Sifat ingin tahu kadang2 memang
        harus ditanamkan dr sejak kecil jika ingin anak-anak kita besok menjadi
        manusia yg lain daripada yang lain (saya sendiri termasuk terlambat :-).
        Dan buku2 tsb sedikit banyak bisa menstimulasi sang anak untuk
        mencontoh si tokoh (temasuk experimen yang dilakukannya mungkin). Isinya
        memang lebih di titik berat kan pada perjalanan hidup, konsep fisikanya
        ringan dan disajikan populer (tanpa rumusan2). Mudah2an dengan adanya
        "komik fisika" ini bisa menghasilkan Newton dan Galileo dari Indonesia
        di masa depan. ;-)
        Wassalam.

        Salam Hangat,
        Rizky Luckyta