Kenalan

  • Femmy Syahrani
    Message 1 of 7 , May 4, 2003
      Aku udah bikin nih milis Fantasi Indonesia-nya. Anggotanya baru
      empat, kukenalin dulu yach. Kalo aku sih udah pada kenal yach. Ada
      Ganjar, Dyo, n Yuly.

      Yul, Ganjar ini salah satu penulis di FLP Jogja. Kita kemaren sempet
      ketemu n ngobrol waktu aku ada workshop penerjemahan di Jogja.
      Ganjar ama aku nih sama-sama penggemar fantasi, dan sama-sama udah
      dari dulu cari orang (Indonesia) yang bisa diajak ngobrol soal
      fantasi, eeeh ... akhirnya ketemunya di FLP. :-) :-)

      Kalo Dyo sih, udah pada kenal by reputation yach :-) Udah pada liat
      gambar Olin-nya yang bagus khan? Baru akhir-akhir ini aja berhasil
      kuracuni biar seneng fantasi juga. Hehehe ...

      Nah, kalo Yuly ini sobatku sejak SMP, tapi sekarang di Singapura.
      Baru akhir-akhir ini juga kuracuni. Udah sempet baca buku apa lagi,
      Yul? Oh iya, Yuly ini juga seneng nulis lho. Dulu waktu SMP/SMA kita
      sering tukeran cerita. Kebetulan dulu kita sama-sama seneng nulis
      cerita silat.

      Ayoo, diskusi, diskusi.
    • Dyo
      Message 2 of 7 , May 4, 2003
        Lam kenal, heheh... so, buat awal2 mau ngebahas apa nih?

        Femmy Syahrani <femmy@...> wrote:Aku udah bikin nih milis Fantasi Indonesia-nya. Anggotanya baru

        Wassalam,

        Dyotami

      • Femmy Syahrani
        Message 3 of 7 , May 4, 2003
          Dyo wrote:
          >Lam kenal, heheh... so, buat awal2 mau ngebahas apa nih?

          Hmmm ... apa yach? Aku baru selesai baca Magic Knight Rayearth nih. Mau dibahas?
        • Dyo
          Message 4 of 7 , May 4, 2003
            <garukgaruk kpala> ehehehe... kamu duluan deh, soale udah lama banget ga baca jadi agak2 lupa ^^;; payah neh gw

            Femmy Syahrani <femmy@...> wrote:Dyo wrote:
            >Lam kenal, heheh... so, buat awal2 mau ngebahas apa nih?

            Hmmm ... apa yach? Aku baru selesai baca Magic Knight Rayearth nih. Mau dibahas?

            Yahoo! Groups Sponsor

            Wassalam,

            Dyotami

          • Julie Lau
            Message 5 of 7 , May 5, 2003
              Halo halo,
              Salam kenal buat Dyo and Ganjar
              Nama Dyo udah sering denger and Olinnnya juga udah baca, hasil pinjeman dari
              si Femmy tuh.
              Ganjar juga denger kemaren, tapi belum tau hasil karyanya (femmy belon
              nyebut sih).

              Aduh, Fem, jadi malu, urusan cerita fantasy pan ul belon expert atuh.
              Apanya yang dibahas??? Kemaren berburu di perpus malah dapetnya Stephen
              King...hheheheh.... sama lanjutan novel klasik Emma.

              Coba, buat permulaan mau nanya dulu, yang dikategorikan Fantasy tuh yang
              kayak apa? udah gitu yang namanya middle age tuh istilah dari history atau
              cuman ada di fantasy doank?
              Terakhir baca Legacy of Darksword dari Margaret Weiss n Tracy Hickman.
              Yang mau dibahas duluan yang sama sama udah dibaca atau ngulas sendiri
              sendiri??
              Kalo starting dari LOTR pegimana? khan kayaknya udah pada familiar semua
              donk sama LOTR.

              *ul*

              > Hmmm ... apa yach? Aku baru selesai baca Magic Knight Rayearth nih. Mau
              dibahas?

            • Ganjar WY
              Message 6 of 7 , May 10, 2003
                Assalamu'alaikum wr. wb.

                Maaf... Ganjar baru balas sekarang, habisnya kemarin kena koronakonjungtivitis (atau begitulah yang sempat Ganjar dengar dari sederet istilah yang Dokter ucapkan! ). Itu virus yang menyerang mata, jadinya iritasi tapi parah banget! Kata Dokter harus istirahat selama tiga hari, setelah itu tidak boleh terlalu capek. Karena mata, istirahat artinya tidur, tidak boleh terlalu capek artinya no books, no computer and game, no TV! 3 hari yang panjang.... (alhamdulillah dah sembuh sekarang... )

                Salam kenal untuk Mbak Dyo dan Mbak Yuli. Berawal dari empat orang, kita pengaruhi Indonesia dengan fantasi! (apa coba!? ) PS buat Mbak Dyo dan Mbak Yuli, Ganjar emang sering hiperbolik dan histeris, jadi… harap maklum ya!!!

                Boleh, boleh, kita boleh bahas Magic Knight Rayearth, itu manga karya Clamp. Ceritanya tentang tiga orang gadis bumi yang dipanggil ke suatu dunia bernama Zephyr untuk menyelamatkan sang putri yang menjadi tiang dunia tersebut. Mirip RPG deh, mulai dari mereka harus belajar spell, cari armor yang berkualitas dan mengalahkan berbagai musuh untuk “naik level”. Gambarnya bagus (iyalah, gambar Clamp mana ada yang gak bagus?) tapi yang membuat saya benar-benar jatuh cinta dengan manga ini adalah alur ceritanya yang benar-benar di luar dugaan!

                <Sebelum berlanjut ke pembahasan lebih lanjut tentang Magic Knight warning dulu ya, ini SPOILER! Kalau rekan-rekan belum baca MKR dan ingin membaca tanpa kehilangan surprisenya, JANGAN DIBACA! Silahkan langsung ke bagian LOTR! He..he.. >

                Bagusnya MKR adalah adanya twist di plot yang sama sekali tidak saya kira. Seperti RPG-RPG pada umumnya, saya kira kehadiran tiga gadis itu ke Zephyr memang untuk menghabisi para penjahat dan menyelamatkan sang putri tapi pada kenyataannya, tidak begitu. Pertama, para penjahatnya ternyata punya alasan tersendiri kenapa mereka memilih berdiri di ‘pihak jahat’, mulai dari karena mencintai Zagard (Alcyone), dikucilkan orang lain (Ascott) sampai pada mata duitan (Cardina) dan kena sihir (Rafargh). Kedua, saat final battle, saya kira everything is over saat MKR berhasil mengalahkan Zagard. Tapi ternyata ada seorang musuh lagi, yang jauh lebih kuat daripada Zagard, yang ternyata adalah sang putri yang harus mereka selamatkan! Kenapa sang putri jadi jahat? Ternyata dia tidak jahat, hanya saja dia ‘buta’ karena cintanya pada Zagard. Ketiga, karena alasan sang putri memanggil MKR ternyata bukan menyelamatkannya dari tangan pendeta jahat dan terkutuk (he..he.. hiperbolik) tapi karena dia ingin mereka membunuhnya. Emerald-hime merasa dia sudah tidak pantas menjadi tiang karena membagi perasaannya, yang seharusnya 100% memikirkan Zephyr jadi 50-50 (atau bahkan kurang dari itu, heheh!) dengan cintanya pada Zagard!

                Sebelum membaca MKR, saya ini orangnya sangat hitam-putih. Benar ya benar, salah ya salah. Nggak mungkin hero kok berbuat kesalahan, nggak mungkin penjahat punya hati nurani dsb, dsb. Nah, begitu baca MKR, saya jadi ‘terbuka’ dan sadar bahwa tidak ada yang 100% hitam atau 100% putih di dunia (siapa bilang komik tidak bisa membawa pencerahan? ) Karena itulah saya begitu terpesona dengan MKR dan jatuh cinta kepada CLAMP. Apalagi ternyata karya-karya CLAMP lainnya juga sekompleks MKR, X-1999 contohnya. Pokoknya, susah cari ‘the evil villain’ dalam karya CLAMP! Begitu…

                Lord of the Rings :

                Saya pertama kali kenal seri ini dari game komputernya (tahun 1993-94-an). Terus terang game-nya jelek tapi ada manualnya yang sangat bagus! Di manual itu ada sedikit kisah tentang LOTR dan setumpuk appendix tentang dunia Middle Earth, mulai dari para dewa, rasnya, demon, artifacts sampai event-event yang terjadi. Jadinya saya malah lebih suka baca manualnya daripada main gamenya, heheh!

                LOTR saya hanya baca buku II, buku I terjemahannya tidak begitu bagus sehingga saya pusing (tapi nggak tahu juga ding, siapa tahu emang dari sananya buku I bahasanya ruwet!). Film dua-duanya dah nonton dan meskipun ada beberapa adegan yang berbeda dengan bukunya, saya SANGAT menikmati keduanya! Subhanallah… efeknya! Bagus sekali!!!

                Dari segi cerita, LOTR lebih rumit daripada MKR. Karakternya juga lebih banyak, world-buildingnya juga lebih kompleks (apalagi di filmnya! Terlihat sekali beda Lothlorien dan Rivendell meski keduanya merupakan negeri Elf.) Alurnya mengalir lancar dan tidak membosankan. Battle-nya seru! Terutama di buku II, saat pengepungan Helm’s Deep (eh betul nggak sih? Saya udah agak lama bacanya, jadi agak lupa nama-nama tempat di Middle Earth). Hanya saja, ada satu hal yang agak saya sesalkan (seperti juga yang saya sesalkan di Fey), spell-nya kurang diekspos! Nggak ada lempar-lemparan sihir, magic items atau apa (dan itu sangat banyak di MKR!). Bukannya cinta kekerasan tapi kadang pengen juga lihat itu! Kasihan kan Gandalf, mosok penyihir kok bertarungnya pakai pedang terus?

                Terus ada juga beberapa event yang er… agak ‘aneh’. Aneh di sini maksudnya terlalu mudah diselesaikan. Contohnya waktu Gandalf dkk membebaskan Theodred (?) dari ‘cengkeraman’ Grimma. Kok kesannya gampang banget ya? Terus pas Gandalf tiba-tiba muncul… didn’t he suppose to be dead? Wajar sih, dia bisa selamat dengan satu atau lain cara, tapi kok tiba-tiba muncul di sana? Ataukah mungkinkah ‘takdir’ yang telah mengatur segalanya? (iiihh… sinetron banget!)

                Begitu komentar Ganjar tentang Magic Knight dan Lord of the Rings. Mohon maaf kalau terlalu banyak, nggak bisa menahan diri nih!

                Ini Ganjar attach file fantasi yang sudah Ganjar tulis. Seluruh novel Ganjar berada di sebuah dunia bernama ‘Ledgard’. Buku I mengisahkan tentang sekelompok pejuang menghadapi Perang Akbar, sebuah perang terbesar yang pernah ada di sepanjang sejarah Ledgard. Buku II mengisahkan tentang masa 25 th setelah Perang Akbar berakhir. Jadinya mungkin agak spoiler untuk cerita buku I.

                Sebenarnya buku I sudah jadi tapi karena kualitasnya jelek banget (sampai kalau Ganjar baca lagi jadi malu sendiri! ) Ganjar menulis ulang, baru jadi sampai bab 4. Buku II sudah jadi ¾ tapi juga Ganjar tulis ulang, baru jadi sampai bab 6. Jadi… walaupun agak aneh karena buku I belum selesai dah baca buku II, silahkan dinikmati dan dikritisi! Mulai dari setting, alur, perwatakan, world-building, konflik, etc, etc, etc, silahkan deh! Jangan tanggung-tanggung! Ganjar pasrah (hiiiiiiii!) Tapi coba deh, bacanya buku I dulu. Baru bab-bab awal buku II.

                Itu aja ya! Sampai jumpa minggu depan!

              • Femmy Syahrani
                Message 7 of 7 , May 11, 2003
                  --- In fantasi-indo@yahoogroups.com, "Julie Lau" <ulysee@s...> wrote:
> [...]
                  pinjeman dari
                  > si Femmy tuh.
                  > Ganjar juga denger kemaren, tapi belum tau hasil karyanya (femmy

                  File tulisan Ganjar udah ku-upload ke bagian files. Silakan di-
                  download n dibaca. Sori, Ganjar, milis-nya aku set supaya ga terima
                  attachment. Atau, apakah malah merepotkan kalau harus meng-upload
                  dan men-download ke bagian files?

                  > Aduh, Fem, jadi malu, urusan cerita fantasy pan ul belon expert
                  atuh.
                  > Apanya yang dibahas???

                  Apa pun lah. Pokoknya tentang fantasi. Ato tentang nulis fantasi
                  juga boleh. Kebetulan anggota yang baru empat ini semuanya juga suka
                  nulis fantasi (meskipun Dyo nulis ceritanya dalam bentuk komik :-)

                  > Coba, buat permulaan mau nanya dulu, yang dikategorikan Fantasy
                  tuh yang
                  > kayak apa?

                  Genre fantasi ya yang ada unsur fantasi-nya. Hehehe ... Tapi memang
                  fantasi sendiri terbagi jadi beberapa jenis. Aku ngga apal
                  kategorinya semua, tapi yang aku inget itu ini:

                  high fantasy: ini terjadi di dunia antah-berantah yang berbeda sama
                  bumi. Contoh: Lord of the Rings, Fey, Darksword, Valdemar (buku-
                  bukunya Mercedes Lackey), Wheel of Time, Death Gate Cycle. Trigan,
                  Storm :-)

                  sword & sorcery: ini ya yang mengandung pedang dan sihir. apa ya
                  bedanya ama high fantasy? aku juga ga tau. hihihihiks.

                  urban fantasy: ini terjadi di bumi. buku-buku vampir atau werewolves
                  seperti "An Interview with the Vampire" dan buku karya Anne Rice
                  lainnya, atau film seri Charmed, Buffy the Vamipre Slayer, Angel
                  bisa masuk golongan ini. Mungkin Harry Potter juga? tauk deh.

                  space opera: ini contohnya Star Wars. Beda dengan Star Trek yang
                  khayalannya berdasarkan sains sehingga masuk genre science-fiction,
                  star wars sebenernya fantasi yang mengambil setting outer-space.
                  Coba lihat saja magic yang dimiliki para pendekar Jedi. Itu khan
                  magic banget, bukan scifi.

                  hmm ... apa lagi yach? ntar kalo keinget lagi kutambahin dah.

                  > udah gitu yang namanya middle age tuh istilah dari history atau
                  > cuman ada di fantasy doank?

                  Middle Ages itu istilah sejarah. The period in European history
                  between antiquity and the Renaissance, often dated from A.D. 476 to
                  1453. Memang, kebanyakan fantasi barat itu ngambil budaya yang
                  setara dengan Middle Ages itu. Mungkin karena pada zaman itu
                  teknologi belon ada (pistol n such), jadi magic bisa lebih berperan.

                  Tapi ada juga beberapa buku fantasi yang membahas topik magic vs.
                  teknology, seperti Darksword itu, atau ada novel satuan yang
                  judulnya "The Arm of the Stone" (Victoria Strauss).

> [...]
                  Hickman.
                  > Yang mau dibahas duluan yang sama sama udah dibaca atau ngulas

                  Ngulas ndiri-ndiri juga boleh. Abisnya, kalo nunggu ada buku yang
                  udah dibaca ama semua, bisa lama donk. Abis, Dyo n Ganjar sumbernya
                  dari aku juga, jadi mesti digilir bacanya. Hehehehe ...

                  > Kalo starting dari LOTR pegimana? khan kayaknya udah pada familiar
                  semua
                  > donk sama LOTR.

                  Okeh. Ganjar udah mulai tuh.