Tradisi Lempar Kipas & Air

  • yacinta adelina
    Message 1 of 2 , Mar 29, 2009
      Dear friends,

      Beberapa kali saya melihat di film2 Taiwan pada adegan pernikahan saat pengantin meninggalkan rumah mempelai wanita, selalu ada adegan dimana pengantin perempuan berjalan ke mobil pengantin dinaungi(berjalan dibawah) tampah/nampah (pernah juga berupa payung); lalu melemparkan kipas keluar dari jendela mobil; kemudian dilanjutkan ibu si mempelai wanita menyiramkan air dari baskom di belakang mobil pengantin.

      Apakah ada yg mengetahui arti dari ke-3 tradisi itu? Apakah tradisi itu masih dilakukan hingga saat ini?

      Terima kasih.

      Yacinta A.
    • Moelja
      Message 2 of 2 , Apr 1, 2009
        yacinta.

        1. dibawah payung = tidak boleh kena langit / untuk melindungi dari sesuatu yang jahat (yang bersifat gaib)
        2. lempar kipas = ???????
        3. siram air = menanggap anak gadis kita sama seperti air yang sudah disiram, tidak dapat diambil kembali.

        --
        Be Blessed

        Mulya